Apakah Investasi Bitcoin Halal atau Bahkan Haram? Simak Yuk

views
Apakah Investasi Bitcoin Halal atau Bahkan Haram? Simak Yuk

Investasi uang digital atau cryptocurrency semakin diminati seiring perkembangan teknologi, tak ayal hal ini menjadi perdebatan dan pertanyaan apakah investasi bitcoin halal atau bahkan haram? Sebagai negara yang masuk kedalam populasi umat muslim terbesar di dunia, fatwa halal haram masih menjadi arah tujuan dalam menjalani kehidupan bagi masyarakat Indonesia, terkhusus bagi para pemeluk agama Islam.

{tocify} $title={Table of Contents}

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri menyatakan investasi di Bitcoin CS haram sedangkan Yenny Wahid melalui Islamic Law Firm (ILF) dalam pembahasan forum “Bahtsul Masail Halal Haram Transaksi Kripto” menyebutkan terdapat perbedaan dimana sebagian menganggap uang kripto halal, sebagian lainnya menganggap haram.

Investasi Bitcoin Halal

Perihal investasi bitcoin halal atau haram bagi setiap muslim, pada dasarnya kembali pada pemahaman masing-masing. Apakah mazhab yang diyakini memperbolehkan atau tidak, asalkan digunakan sebagai instrumen investasi dan dianggap komoditas sebagai alat tukar, maka investasi bitcoin sah-sah saja untuk dilakukan.

Untuk ketentuan hukum umum yang ada di Indonesia, sejatinya investasi bitcoin dan kripto sudah mendapatkan izin dari Bappebti, jadi tidak melanggar ketentuan hukum dan sah saja untuk dicoba. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati saat melakukan investasi apa pun, pastikan sudah cukup bekal ilmu sebelum terjun ke dunia investasi kripto.

Pasalnya kripto memiliki volatilitas sangat tinggi, yang artinya naik turunnya bisa berubah sangat drastis dalam waktu singkat. Karena itu, dibutuhkan perhatian lebih saat akan memutuskan ikut terjun ke dalamnya.

Sebagai orang awam, ada baiknya ikuti saja aturan-aturan yang berlaku di Indonesia, tetapi jika sudah diperbolehkan namun masih ada keraguan terkait keyakinan agama, sebaiknya ikuti saja fatwa yang berlaku. Bagaimanapun, keputusan yang dibuat sudah dipertimbangkan dan dimufakatkan oleh banyak pihak dengan berbagai ilmu yang berkaitan perkara, apalagi perihal investasi bitcoin halal atau haram.

Tren Investasi Bitcoin

Buat kamu yang memang sangat tertarik untuk investasi bitcoin halal yang tidak menyalahi aturan maka ketahui dahulu beberapa hal berikut:
  • Bitcoin merupakan alternatif dari aset digital yang dapat digunakan dalam berbagai hal. Namun saat ini jenis kripto terus berkembang dan menjadi sesuatu yang bernilai selain hanya sebagai sistem pembayaran
  • Kripto bisa dijadikan aset digital jangka panjang sehingga tergolong menjadi salah satu instrumen investasi
  • Aset crypto tidak hanya pada fungsinya saja sebagai alternatif emas. Lebih dari itu, aset crypto tidak dikendalikan oleh pihak mana pun baik seseorang, kelompok, ataupun organisasi. Hal tersebut yang membuat aset crypto ini dikatakan aset terdesentralisasi

Dimana Bisa Membeli Bitcoin?

Pertanyaan yang sering muncul di kalangan para investor crypto pemula yaitu mengenai dimana tempat beli crypto dan bagaimana cara investasi bitcoin halal? Saat ini kamu bisa membeli aset kripto tersebut dengan sangat mudah, yang kamu butuhkan hanya e-wallet yang dapat digunakan untuk menjual, membeli, menyimpan, dan mengirim aset kripto.

Kamu bisa mendapatkan e-wallet khusus jenis crypto ini di Pintu. Adapun beberapa langkah mudah diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Melakukan registrasi
  • Melakukan verifikasi akun & identitas (KYC) menggunakan foto selfie dan foto KTP
  • Mengisi e-wallet untuk penarikan di Pintu kamu
  • Kamu pun dapat membeli crypto pertama

Mengenal Pintu Lebih Jauh

Untuk para pemula yang ingin memulai investasi kripto maka dapat membelinya di Pintu. Disini terdapat beberapa instrumen investasi paling populer yang telah banyak digunakan para investor.
Selain itu, deposit serta penarikan pun bisa dilakukan dengan cepat karena telah didukung sistem pembayaran btc to idr. Dengan memilih Pintu maka artinya telah memilih partner pembayaran yang beragam sehingga mudah mendapatkan crypto secepat mungkin.

Mengapa Harga Bitcoin Naik Turun?

Sebagai salah satu jenis crypto, tentunya investasi bitcoin halal memiliki sifat fluktuatif atau volatil sehingga harga crypto ini dapat naik turun dan berubah dalam hitungan menit. Sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa cara kerja dari pergerakan harga crypto ini sama halnya dengan objek lainnya yang memiliki nilai, seperti emas.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi naik dan turunnya harga crypto, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Permintaan (demand)
  • Penawaran (supply)
  • Publikasi atau berita seputar nilai crypto

Tips Investasi Instrumen Bitcoin

Sebenarnya tidak ada strategi atau tips khusus untuk dapat sukses melakukan investasi. Namun, kamu dapat mencoba tips investasi yang banyak digunakan, yaitu dengan memilih berbagai instrumen investasi yang menguntungkan, salah satunya adalah bitcoin.

Strategi yang biasanya dilakukan yaitu Dollar Cost Averaging (DCA) artinya dapat dicicil secara berkala, strategi Lump Sum artinya dapat dibeli sekaligus, analisis secara mendalam, diversifikasi, dan juga t entukan batasanmu sendiri.

Cara Kerja Investasi Bitcoin

Tidak ada yang memegang kendali terhadap investasi bitcoin halal ini, baik pemerintah maupun bank. Demikian, aset kripto ini cenderung stabil karena dikendalikan serta diatur menggunakan jaringan komputer global untuk menerima juga mengesahkan berbagai transaksi di dalamnya.

Siapapun dapat menggunakan komputer tersebut. Segala bentuk transaksi yang terjadi kemudian direkam secara publik. Selanjutnya, daftar permanen akan disimpan pada teknologi khusus untuk aset kripto, disebut dengan blockchain.

Teknologi blockchain ini dianalogikan buku besar pada bank tradisional yang berfungsi sebagai tempat mencatat berbagai transaksi. Bahkan transaksi yang juga merupakan catatan permanen untuk setiap terjadi perpindahan kepemilikan aset crypto dari satu orang ke orang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai investasi bitcoin halal. Usahakan untuk paham apa itu dunia crypto terlebih dahulu sebelum memutuskan berinvestasi. Download Pintu untuk investasi crypto pemula.

Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS