6+ Investasi yang Menguntungkan dan Potensial Selain Saham

6+ Investasi yang Menguntungkan dan Potensial Selain Saham

Apa kamu sudah mengenal beberapa jenis investasi saat ini? Ya, investasi dalam perjalanannya memang sudah semakin banyak jenisnya. Dahulu kita hanya mengenal saham dan deposito, tetapi selain dua jenis investasi tersebut tentu ada banyak investasi yang menguntungkan untuk kamu pertimbangkan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Namun, investasi juga memerlukan ilmu dasar. Tidak banyak orang yang mau berinvestasi masih memiliki rasa takut karena dampak resiko. Meski ada resikonya, investasi menawarkan banyak keuntungan lebih tinggi dibanding suku bunga tabungan konvensional.

Investasi yang Menguntungkan

Sebagai referensi, berikut beberapa investasi yang menguntungkan dan berpotensial selain saham ini patut kamu coba.

1. Deposito

Deposito merupakan investasi yang paling populer di masyarakat. Investasi ini berbentuk simpanan di bank dalam jumlah tertentu serta kurun waktu yang sudah disepakati antara pihak investor atau customer dan bank.

Dari penyimpanan deposito kamu mendapatkan keuntungan dalam bentuk suku bunga dan besarnya suku bunga ditentukan pada banyak tidaknya uang yang disimpan serta kurun waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Kamu bisa pilih sesuai tujuan keuangan dan finansial di jangka waktu 1, 3, 6, atau 12 bulan berjalan.
 

2. Reksadana

Reksadana merupakan investasi alokasi dana yang di kelola oleh Manager Investasi. Dalam prosesnya dimana seorang investor menitipkan dana pada perusahaan aset untuk dikelola manager investasi, selanjutnya dana yang masuk akan ditempatkan ke pasar uang, obligasi uang, ataupun surat berharga lainnya.

Reksadana memiliki resiko minim, namun membutuhkan waktu yang panjang untuk keuntungan maksimal. Ada empat jenis reksadana, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan reksadana saham.

3. Obligasi atau SBN (Surat Berharga Negara)

Obligasi merupakan investasi yang diterbitkan dalam bentuk surat utang oleh negara maupun pihak swasta. Obligasi bisa dikatakan investasi yang menguntungkan karena mendapatkan pembayaran bunga atau kupon secara berkala.

Pembayaran bunga tergantung dari jenis obligasinya, biasanya ditentukan pada tanggal tertentu setiap bulan, per tiga bulan, per tahun, ataupun saat jatuh tempo. Resiko investasi obligasi, yakni resiko suku bunga, likuiditas, dan resiko pasar.

4. Emas Batangan

Emas batangan merupakan investasi yang kebal terhadap inflasi. Saat ini emas batangan menjadi yang disejajarkan dengan deposito atau simpanan konvensional, terutama di tengah ketidakpastian ekonomi.

Emas adalah salah satu investasi paling likuid yang dapat dijual kapan saja saat dibutuhkan, dan dalam jangka panjang memberi keuntungan sekitar 10-20% per tahun.

5. Properti

Jika kamu menginginkan investasi jangka panjang, jawabannya adalah properti. Properti menjadi investasi yang paling menguntungkan karena nilai per tahun terus meningkat, rata-rata naiknya mencapai 10-20%.

Namun, investasi properti adalah investasi padat modal yang artinya butuh modal cukup besar. Harga properti dimulai dari ratusan juta hingga miliaran, bahkan triliun rupiah. Investasi properti bisa kedalam bentuk pendapatan sewa, dividen, bunga, bahkan royalti dari hasil investasi properti itu sendiri.

6. Valuta Asing

Valuta asing merupakan investasi dengan jual beli mata uang asing. Beli saat harga atau kurs sedang turun dan membelinya saat naik, sehingga mendapat capital gain atau selisihnya. Bila kurs sedang melemah, simpan dahulu valas sampai naik kembali.

Investasi valuta asing sangat cocok untuk kamu yang senang berpergian luar negeri, tentunya akan menambah nilai mata uang berbeda di setiap negara. 

7. Aset Kripto

Aset kripto atau cryptocurrency merupakan mata uang yang dipakai untuk transaksi virtual dalam jaringan internet. Sebagian besar aset kripto seperti bitcoin, aave, linch adalah sekumpulan jaringan tidak terpusat yang berdasar pada teknologi blockchain.

Investasi aset digital diawasi oleh kriptografi, sehingga akan aman dari bentuk pemalsuan serta proses investasinya dijamin tidak terjadi berulang (double-spend).

Pilihan Investasi Potensial Terbaik

Dari investasi diatas, salah satu pilihan populer yang berpotensial memberikan return besar saat ini yaitu aset kripto. Mengapa aset kripto?

Seperti banyak diketahui aset kripto makin banyak disukai terutama oleh generasi Z dan millenial. Pionir investasi yang menguntungkan dari aset digital adalah Bitcoin (BTC).

Untuk membeli aset digital juga harus melalui bursa trading. Sebelum itu, pastikan kamu melakukan transaksi pada platform yang telah terdaftar di Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) seperti Indodax.

Apa itu Indodax?

Indodax adalah pelopor platform trading atau jual beli aset digital yang bisa kamu percaya. Indodax berkantor pusat di daerah Jakarta Selatan, tepatnya Gedung Millenium Centennial Center Jakarta.

Sebagai pelopor platform trading atau jual beli aset digital, Indodax memiliki banyak market yang familiar untuk kamu masukkan ke dalam list investasi kamu, diantaranya: Bitcoin, BNB, DASH, Dogecoin, Etherium, Orbit Chain, Polygon MATIC, TRON, dan masih banyak yang lain.

Selain itu, untuk menambah rasa nyaman kamu dalam berinvestasi aset kripto. Indodax berikan layanan-layanan berikut ini:
  • Beli aset kripto melalui deposit semua bank lokal Indonesia atau dapat jual aset kripto dengan mengkonversikan menjadi Rupiah secara instan
  • Biaya Trading serta Persentase Penarikan mulai dari 0%
  • Transaksi efisien 24 Jam
Keunggulan Indodax
Beberapa kelebihan platform indodax lainnya adalah:
  • Mudah diakses
  • Keamanan autentikasi dua faktor
  • Fitur bahasa Indonesia dan IDR

Ayo Investasi Mulai dari Sekarang!

Belum berani berinvestasi aset kripto karena belum paham? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan Indodax Academy untuk mempelajari pengetahuan dasar BTC dan langkah-langkah melakukan trading investasi yang menguntungkan. Penjelasannya dapat dilihat melalui teks serta video, bahkan bisa dipelajari berulang. Terakhir, mulai investasi aset kripto pertama kamu di Indodax dan hasilkan return yang besar.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards