Cara Terbaik untuk Mengutip Teks Tanpa Menyalin Kata Lain

views
Cara Terbaik untuk Mengutip Teks Tanpa Menyalin Kata Lain

Jika Anda seorang penulis konten, Anda pasti pernah mengalami kejadian di mana Anda harus memparafrasekan teks Anda. Parafrase berarti membuat perubahan pada teks Anda untuk mendapatkan versi modifikasi tetapi dengan makna yang sama.

{tocify} $title={Table of Contents}

Parafrase memiliki banyak aplikasi. Namun, salah satu yang paling umum adalah menghindari menyalin kata-kata orang lain atau melakukan plagiarisme. Banyak orang menyalin kata-kata orang lain dan mencoba memparafrasekannya untuk menjadikannya milik mereka sendiri. Ini adalah praktik yang sangat dilarang dan tidak boleh dilakukan dalam bidang penulisan apa pun.

Namun, ada juga cara yang benar untuk menggunakan parafrase. Mari uraikan bagaimana Anda dapat memparafrasekan teks secara efektif tanpa menyalin kata lain.

Cara Parafrase Tanpa Menyalin

Persyaratan pertama untuk memparafrasekan dan menghindari penyalinan konten adalah teks harus asli. Seperti disebutkan sebelumnya, kebutuhan parafrase dapat muncul karena kekurangan berikut dalam tulisan Anda:
  • Penggunaan kata-kata yang terlalu disederhanakan atau terlalu rumit
  • Keterbacaan kalimat yang buruk
  • Penggunaan ulang frase dan kata yang sama 
Ada juga beberapa alasan lain untuk memparafrasekan sebuah teks. 
Jika Anda telah menulis sesuatu dan tidak puas dengan nada, pemilihan kata, dan struktur kalimat, Anda dapat memparafrasekannya dengan menggunakan teknik berikut.

1. Gunakan Sinonim yang Sesuai dan Pas

Teknik parafrase yang paling dasar didasarkan pada penggantian kata-kata dalam kalimat dengan sinonimnya. Carilah kata-kata yang bisa diganti dengan kata-kata yang lebih tepat. Ini contohnya:

Asli: "Polisi terlihat sedang mengawasi daerah itu karena tersangka terakhir diketahui di sana."

Diparafrasakan: "Petugas polisi terlihat sedang berpatroli di daerah tersebut karena seorang tersangka yang lepas terakhir diketahui di sana."

Dalam kalimat ini, kata “Polisi” dan “Patroli” lebih tepat dan pas karena kalimat tersebut bernada formal. Kalimat seperti itu biasanya digunakan di surat kabar dan laporan. Dalam kasus seperti itu, kata-kata yang umum digunakan bukanlah yang paling cocok.

Dengan cara ini, Anda dapat menilai dari nada kalimat tentang kata mana yang dapat diedit.

2. Mengubah Struktur Kalimat

Parafrase tidak selalu berarti mengubah kata-kata. Anda juga dapat mengubah susunan posisi kalimat. Strategi ini berguna ketika sebuah kalimat tidak dapat dibaca karena memiliki struktur yang aneh.
  • Contoh dari hal ini diberikan berikut ini,
Asli: “Input device yaitu keyboard serta mouse digunakan untuk berbagai keperluan.

Diparafrasakan: “Keyboard serta mouse yakni input device yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

Seperti yang Anda lihat, teks yang diparafrasekan jauh lebih mudah dibaca dibandingkan dengan yang asli. Salah satu trik yang digunakan dalam situasi seperti itu adalah mencari cara untuk menghilangkan tanda baca seperti koma dan titik koma. Ini biasanya membuat kalimat lebih mudah dibaca.

3. Sederhanakan Frasa

Parafrase juga dapat digunakan untuk menyederhanakan kalimat yang kompleks dan ekstensif. Kadang-kadang Anda dapat menulis kalimat panjang, bukan frasa pendek dan deskriptif. Dalam situasi seperti itu, Anda dapat membagi kalimat atau hanya meringkasnya untuk meningkatkan keterbacaannya.

Sebuah contoh diberikan di sini untuk menjelaskan hal ini.

Asli: “Pakaian politisi itu terlihat sangat mahal, dan sepertinya kancingnya pun terbuat dari emas juga mantelnya terbuat dari sutra termahal di dunia.

Diparafrasakan: “Pakaian politisi itu terlihat sangat mahal. Kancing serta mantelnya terlihat seperti terbuat dari emas dan sutra mahal.

Versi parafrase menjelaskan semua poin dari teks asli dan melakukannya dengan lebih efisien. Ini juga salah satu cara termudah dan sederhana untuk memparafrase teks tanpa menyalin kata lain.

4. Sesuaikan Nada atau Suara Kalimat

Modifikasi nada juga dapat dicapai dengan parafrase kalimat. Menambahkan atau menghilangkan beberapa kata saja dapat mengubah nada kalimat dari santai menjadi formal. Demikian pula, menyesuaikan suara kalimat untuk meningkatkan kejelasan juga merupakan salah satu penerapan parafrase.

Di sini kami telah menguraikan cara parafrase untuk mengubah nada kalimat dengan sebuah contoh:
  • Pekerja memberi tahu atasannya bahwa mesin tidak bekerja dengan baik.
Kalimat ini dapat diubah menjadi nada formal dengan cara berikut:
  • Karyawan memberi tahu atasannya tentang mesin yang rusak.
Kalimat kedua memiliki nada yang berbeda dari yang pertama, namun keduanya memiliki arti yang sama. Ini menunjukkan bagaimana penggantian beberapa kata dapat mengubah nada frasa.

Cara Lain untuk Parafrase Tanpa Menyalin

Kami menjelaskan bagaimana Anda dapat secara manual mencari bagian yang dapat diedit dalam sebuah kalimat dan mengubahnya menjadi lebih baik. Bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa Anda dapat mengotomatiskan proses ini dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan cara memperbaiki kalimat Anda?

Nah, beberapa alat online dapat memparafrasekan teks yang panjang dalam waktu singkat. 
Cara Terbaik untuk Mengutip Teks Tanpa Menyalin Kata Lain

Alat online ini menggunakan teknologi AI canggih untuk memahami teks Anda dan memparafrasekannya dengan cara terbaik.

Contoh cara kerja salah satu alat tersebut diberikan di bagian selanjutnya.

Dalam contoh berikut, kami menyisipkan kalimat dengan pemahaman yang buruk ke dalam alat parafrase. Hasilnya terlihat seperti ini: 
Cara Terbaik untuk Mengutip Teks Tanpa Menyalin Kata Lain

Alat tersebut telah memparafrasakan kalimat dengan mengubah kata-kata kompleks dengan kata-kata yang mudah dan memberikan versi unik dari kata aslinya. Kalimat itu diberi nada yang lebih aktif. Sekarang menjadi relatif lebih mudah untuk dipahami.

Dengan cara ini, Anda dapat memparafrasekan teks dengan mudah tanpa menyalin kata-kata orang lain dengan cepat dan akurat. Anda juga dapat menggunakan jenis alat AI ini saat Anda memiliki tenggat waktu yang ketat tetapi tidak pernah menggunakan teks tanpa mengoreksi.

Kesimpulan

Parafrase tidak boleh dilakukan dengan kata-kata orang lain. Sebaliknya, satu-satunya alasan untuk memparafrasekan sebuah teks adalah untuk memperbaikinya. Jika sebagian dari tulisan Anda cenderung ditulis dengan cara yang lebih baik, maka Anda harus memparafrasekannya.
Berbagai langkah dan metode untuk melakukannya diberikan dalam artikel di atas. Anda dapat menggunakan metode ini untuk menyusun ulang tulisan Anda secara efektif.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts

Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS