4+ Karakteristik Cloud Computing dan Manfaat dalam Teknologi

4+ Karakteristik Cloud Computing dan Manfaat dalam Teknologi

KOMPTIK - Sebelumnya saya sudah mangulas mengenai Pengenalan Cloud Computing, nah untuk kali ini saya akan membahas mengenai 5 Karakteristik Cloud Computing dan manfaatnya dalam kebutuhan teknologi. Lalu, apa saja karakteristik dari Cloud Computing yang kamu ketahui? Menurut NIST, terdapat 5 Karakteristik Cloud Computing agar sebuah sistem dapat disebut sebagai perjalanan proses Cloud Computing, yaitu:

{tocify} $title={Table of Contents}


1. Broad Network Access

Broad Network Access: Akses jaringan yang luas serta dapat diakses oleh bermacam jenis fitur, misalnya saja smartphone, tablet, laptop, dan sebagainya. Contohnya facebook mobile, membolehkan kita buat mengakses layanan facebook melalui handphone, smartphone maupun tablet dimanapun kita berada.


2. Resource Pooling

Resource Pooling: Sumber energi komputasi dari penyedia cloud wajib memenuhi banyak pelanggan serta bersifat dinamis bergantung kebutuhan pelanggannya. Contohnya google, menyediakan ratusan ribu server yang tersebar di penjuru dunia sehingga bisa melayani jutaan penggunanya.


3. On-demand Self Service

On-demand Self Service: Pengguna cloud bisa mengendalikan sendiri layanan yang dipakai dan cocok dengan kebutuhannya tanpa interaksi dari pihak penyedia layanan. Contohnya memakai gmail, kita dapat memakai, memindahkan, menghapus email, dan sebagainya tanpa campur tangan dari penyedia cloud.


4. Measured Service

Measured Service: Sistem cloud menyediakan layanan yang bisa memonitor serta memaksimalkan pemakaian sumber energi terhadap layanan yang dipakai (misalnya tempat penyimpanan, pemrosesan, bandwidth, serta akun pengguna yang aktif). Sehingga pelanggan bisa memonitor sumber energi komputasi yang dipakai secara transparan antara penyedia layanan serta pelanggan. Misalnya dropbox, kita dapat melihat kapasitas ruang yang terpakai maupun ruang yang masih kosong, mengetahui masa aktif akun, serta lain sebagainya.


5. Rapid Elasticity

Rapid Elasticity: Kapasitas layanan dari karakteristik cloud computing bersifat fleksibel bergantung kebutuhan pengguna. Sehingga pengguna cloud bisa dengan mudah meminta menaikkan ataupun merendahkan kapasitas layanan sesuai kebutuhannya. Jadi, kapasitas layanan ini seakan tidak terbatas serta pengguna cloud bisa memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhannya setiap saat. Misalnya office 365, kita dapat dengan mudah mengganti layanan yang diinginkan dari small ke bussiness ataupun kebalikannya sesuai dengan kebutuhan.


Manfaat Cloud Computing

1. Data tersimpan di dalam server secara lebih terpusat

Data pengguna yang menggunakan cloud computing akan tersimpan secara terpusat. Mereka jadi tidak harus menyediakan data center sendiri ataupun juga media penyimpanan apapun buat menyimpan file ataupun data-datanya tersebut.


2. Keamanan data

Jangan khawatir terjadi pencurian, karena data yang kamu simpan dengan memakai cloud computing dipastikan aman. Sistem cloud computing sendiri juga mempunyai jaminan standarisasi ISO, jaminan teknologi, serta lain sebagainya. Jadi, informasi yang kamu simpan tidak akan dapat ditembus oleh para peretas ataupun terkena virus yang bisa datang kapan saja.


3. Skalbilitas serta fleksibilitas yang tinggi

Dengan memakai cloud computing, maka kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses data informasi. Kamu dapat mengakses data kamu kapan pun dan dimana pun kamu berada dengan cepat dan aman. Tidak hanya itu, kamu juga dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas dari penyimpanan kamu bila dirasa kalau kapasitas tersebut telah mulai habis.

Itulah uraian singkat yang dapat kami sampaikan mengenai Karakteristik Cloud Computing dan manfaatnya dalam kebutuhan teknologi. Semoga bermanfaat.

Source: https://www.nesabamedia.com/



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post




Konten unggulan:


You may like these posts