2 Contoh Aplikasi ERP yang Digunakan oleh Banyak Perusahaan

2 Contoh Aplikasi ERP yang Digunakan oleh Banyak Perusahaan

KOMPTIK - Aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang digunakan untuk mengintegrasikan berbagai informasi di dalam suatu perusahaan dimana terdapat hubungan dengan membuat proses konsep keuangan sistem dan kelola perusahaan. Contoh aplikasi ERP ini tidak bisa di kesampingkan bagi perusahaan dengan kategori maju, karena sistem ERP baik untuk mempermudah kinerja bisnis dan keuangan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Beberapa contoh aplikasi ERP dalam penerapan di perusahaan antara lain adalah untuk manajemen akuntansi, manajemen inventaris, manufacturing manajement, departemen sumber daya manusia, sales manajemen, customer relationship manajement, supply chain manajement, manajemen gudang. Lalu bagaimana penerapannya? 

Penerapan Contoh Aplikasi ERP pada Perusahaan 

ERP digunakan pada hampir semua lini departemen perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan serta mempermudah karyawan dalam akses data perusahaan, tentunya mengoptimalkan sistem keamanan perusahaan. Namun, didalam penerapan ERP pada dasarnya hanya terdapat tiga modul utama yaitu modul keuangan, modul akuntansi, dan modul sumber daya manusia. Oleh karena itu fungsi dari ERP tidak jauh dari ketiga modul dasar tersebut, diantaranya:

1. Accounting atau Akuntansi

Aplikasi ERP pada akuntansi atau dalam perusahaan masuk kedalam departemen akuntansi dan finance ini berfungsi untuk mengelola arus kas yang masuk dan keluar di dalam sebuah perusahaan. Aplikasi ini juga dapat membantu perusahaan menangani berbagai macam transaksi keuangan perusahaan seperti neraca, rekonsialisasi bank, buku besar, manajemen pajak, penganggaran dan lain sebagainya.

2. Customer Relationship Management (CRM)

Contoh aplikasi ERP yang berikutnya adalah CRM, aplikasi yang digunakan oleh departemen pelayanan customer untuk membantu kinerja penjualan dengan layanan customer atau pelanggan yang lebih baik. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membangun hubungan yang baik dan sehat antara perusahaan dan pelanggan sehingga kerja sama menjadi lebih optimal.

3. Human Resource Management (HRM)

aplikasi selanjutnya yakni HRM atau aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi departemen SDM dalam perusahaan. Modul ini dapat membantu departemen HRD mengelola informasi karyawan, misalnya seperti penilaian kinerja karyawan, keterampilan, deskripsi pekerjaan, cuti, kehadiran dan lain sebagainya, bahkan pelatihan untuk kemajuan karyawan.

Salah satu yang paling penting di penggunaan aplikasi HRM ini adalah pada manajemen penggajian, dimana berfungsi sebagai penilaian kerajinan, kedisiplinan karyawan selama satu bulan dan gaji yang diperoleh. Gaji karyawan meliputi beberapa hal didalamnya, yakni pengembalian biaya, biaya perjalanan, dan lain sebagainya.

4. Sales

Aplikasi ini dapat membantu menangani kerja perusahaan terhadap pelanggan/ customer yang sudah menjalin kerja sama maupun yang belum, contoh aplikasi ERP sales antara lain berkas penawaran, penjualan, faktur dan sales order. Untuk mempercepat siklus penjualan dan mempermudah memperoleh keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan baiknya integrasikan aplikasi sales dengan CRM.

5. Inventory

Inventory atau inventaris aplikasi bermanfaat untuk membantu melacak dan mengelola barang inventaris perusahaan. Dimana barang perusahaan terintegrasi dengan modul pembelian pada satu software yang dapat memantau tingkat persediaan, melakukan forecasting, menjadwalkan pengisian ulang, dan membuat laporan inventaris.

6. Purchasing

Aplikasi proses pengelolaan pengadaan barang yang meliputi daftar pemasok, analisis permintaan dan penawaran , goods receipts notes, purchase order, dan pembaruan stok. Untuk fungsi yang lebih optimal baiknya aplikasi ini di integrasikan dengan aplikasi inventaris pada manajemen pengadaan stok.

7. Manufacturing

Aplikasi manufacturing berfungsi untuk meningkatkan efisiensi proses manufaktur atau produksi dalam perusahaan agar penerapan pada sistem tata kelola menjadi lebih baik. Sistem kelola aplikasi ini meliputi perencanaan produk, pemantauan produksi harian, material routing, dan bills of materials. Sistem yang juga terintegrasi dengan Radio Frequency Identification (RFID) scanner barcode.

Rekomendasi Aplikasi ERP

Rekomendasi aplikasi ERP yang digunakan oleh banyak perusahaan pada umumnya antara lain:
  1. ZahirERP
  2. SoltiusERP

ZahirERP
ZahirERP adalah salah satu aplikasi berbasis web atau cloud computing yang memberkan kemudahan dalam hal akses dan fleksibilitas software, menggunakan sistem Software as a Service (SaaS) atau peranti lunak yang dapat melakukan fungsi dan peran sebagaimana sistem ERP berjalan pada perusahaan.

Software ZahirERP terintegrasi dengan jaringan internet, sehingga untuk mengaksesnya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, baik dengan menggunakan laptop PC/ dekstop, maupun smartphone serta memiliki fitur unggulan seperti persediaan stok, pencetakan faktur, hutang piutang, laporan keuangan, gudang terintegrasi, multi departemen, manajamen aset, CRM yang dapat memberikan manfaat lebih terhadap perusahaan.

SoltiusERP
Soltius merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan solusi IT berbasis bisnis. Bidang layanan soltius meliputi aplikasi ERP yang mampu mendukung penerapan ERP pada perusahaan lokal dan dalam rangka mengembangkan bisnis semakin besar. Salah satu contoh aplikasi ERP dari soltius berhubungan dengan analityc yaitu SAP Predictive Analytics, SAP Analytic Cloud, SAP Digital Boardroom, SAP Business Planning and Consolidation, SAP EWM

Baca juga:

Dengan solusi contoh aplikasi ERP menjadikan perusahaan akan menjadi lebih kompetitif, mampu membantu memenajemen mengelola proses bisnis mulai dari operasional, produksi, dan distribusi secara lebih mudah dan mengatur perusahaan lebih baik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca Juga: