5 Tips Memilih Aplikasi Kuis Online untuk Pembelajaran Interaktif

views
5 Tips Memilih Aplikasi Kuis Online untuk Pembelajaran Interaktif

KOMPTIK - Berbicara mengenai kuis, kuis tidak hanya dipergunakan dalam dunia belajar mengajar saja tetapi juga dipergunakan untuk umum. Salah satu penggunaan kuis dalam umum yakni pada perusahaan, dimana kuis digunakan untuk perlombaan antar bidang/ departemen terkait maupun tidak terkait baik itu acara tahunan, sharing knowladge, dan ulang tahun perusahaan. Kuis yang digunakan pun dapat berupa aplikasi daring.

{tocify} $title={Table of Contents}

Namun, memilih aplikasi kuis online pun tidak semudah yang diungkapkan secara lisan. Perlu halnya percobaan, pengecekan, dan tips lainnya sebelum dipergunakan secara bersamaan.

Aplikasi Kuis Online

Untuk dapat memilih aplikasi kuis online hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah test disemua perangkat. Artinya kamu sudah memastikan jika aplikasinya berjalan tidak hanya pada media website saja, bisa di download pada play store maupun app store.

Lebih lanjut lagi, kamu bisa cek tips yang khusus dilakukan oleh pembuat kuis offline lainnya, diantaranya:

Tidak Terbatas di Satu Media
Usahakan aplikasi yang akan kamu gunakan bersama bisa diakses lebih dari satu media, misalnya dapat dioperasikan melalui handphone, tablet, bisa di download di play store atau app store.

Mudah di Akses
Usahakan aplikasi yang kamu pilih bisa diakses kapan saja dan dimana saja serta dapat diterapkan baik oleh moderator maupun peserta kuis.

Orientasi Pada Materi
Menciptakan pengetahuan sekaligus menjaga kerahasiaan dalam materi kuis yang dirangkum pada aplikasi untuk semua peserta.

Pastikan Aplikasi Tersebut Selalu Update
Hal ini penting dilakukan sebelum menggunakan aplikasi kuis online manapun. Mengapa? Tujuan kamu memilih aplikasi adalah salah satunya sebagai sarana pengetahuan untuk peserta atau media belajar jika itu untuk anak. Tentunya agar mudah dipahami.

Dapat Diakses dengan Mudah Oleh pembuat Materi dan Peserta
Dengan begitu kamu bisa memantau dan menciptakan kuis berdasarkan materi yang diberikan, serta saling berkomunikasi dengan pemateri.

Setelah kamu mengetahui tips memilih aplikasi kuis online, adapun beberapa contoh aplikasi berikut yang bisa diterapkan secara umum untuk menciptakan proses berkesinambungan perusahaan.

Rekomendasi Aplikasi Kuis Online untuk Perusahaan 

1. Kahoot!
Kahoot! adalah salah satu aplikasi pembuat kuis online yang terpopuler. Dengan antarmuka sederhana serta ramah pengguna, Kahoot! memungkinkan pengguna untuk membuat jenis kuis yang dapat di submit dengan pertanyaan pilihan ganda, jadwal waktu, dan fitur penilaian yang terintegrasi.

2. Quizizz
Quizizz adalah aplikasi pembuat kuis online super cepat. Salah satu fitur menarik dari Quizizz adalah mampu memberikan umpan balik langsung kepada peserta kuis/ siswa setelah setiap pertanyaan, sehingga memungkinkan segera melihat pemahaman peserta kuis/ siswa secara real-time. Aplikasi ini sudah tersedia pilihan format pertanyaan yang berbeda, seperti pilihan ganda, menjodohkan, dan jawaban singkat.

3. Mentimeter
Mentimeter adalah alat presentasi interaktif yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi kuis online. Dengan Mentimeter, pengguna dapat membuat seputar pertanyaan pilihan ganda, kotak isian, atau bahkan jajak pendapat. Keunggulan Mentimeter yakni pada desain grafisnya yang menarik serta fitur-fitur interaktif seperti word clouds dan peta pemikiran.

Itu tadi tips memilih aplikasi kuis online yang diharapkan bisa membantu meningkatkan pemahaman dan wawasan peserta, serta kemampuan untuk anak terkait materi yang diajarkan.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS