MASUK DAN KELUAR DARI SEO ON-PAGE

views
MASUK DAN KELUAR DARI SEO ON-PAGE

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik yang diterapkan untuk memeringkat situs web di bagian atas halaman hasil mesin pencari terhadap kata kunci. Ada beberapa jenis optimasi mesin pencari; On-Page, Off-Page, dan Teknis. Ini adalah topik yang luas dan setiap orang membahasnya secara berbeda.

{tocify} $title={Table of Contents}

Jika kita secara khusus berbicara tentang SEO On-Page, itu sebagian besar berkaitan dengan konten dan pengoptimalannya. Tidak ada titik di mana seorang pakar SEO dapat mundur dan beristirahat karena algoritme Google yang selalu berubah. SEO adalah praktik yang terus berlanjut. Anda tidak pernah tahu kapan konten pesaing dapat mengalahkan Anda dan merebut posisi Anda.

Untuk posting ini, kita akan membahas beberapa teknik yang selalu digunakan dalam SEO On-Page untuk menjaga peringkat situs web Anda tetap konsisten. Namun sebelum menyelami teknik-teknik tersebut kita perlu memahami, bagaimana sebuah mesin pencari bekerja.

Kerja Dasar Mesin Pencari

Mesin pencari bukanlah manusia tetapi mereka tidak diprogram atau dilatih untuk menganalisis konten sesuai dengan jiwa manusia. Mereka menggunakan spider atau perayap untuk menelusuri konten Anda dan menganalisisnya sesuai dengan algoritme. Setelah menganalisis, mereka menentukan peringkat konten di halaman hasil. 
MASUK DAN KELUAR DARI SEO ON-PAGE


Mesin pencari mempertimbangkan banyak faktor seperti; keterbacaan konten, relevansi, kedokteran gigi kata kunci, panjang konten, visual yang ditambahkan atau tidak, struktur kalimat, tingkat plagiarisme, tautan balik, tautan internal/eksternal, dan banyak lagi. Namun untuk postingan kali ini, kami hanya akan menyebutkan seluk beluk SEO On Page saja.

Beberapa Hal Penting SEO On-Page

Berikut adalah beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi SEO On-Page situs web Anda. Pertimbangkan mereka untuk peringkat SERP yang lebih baik.

Konten Berkualitas Tinggi

Konten adalah raja! SEO On-Page terutama berkaitan dengan konten dan pengoptimalannya. SEO On-Page berperan besar dalam peringkat situs web. Mesin pencari ingin penggunanya hanya melihat konten berkualitas. Konten yang tidak relevan dan berkualitas rendah tidak akan pernah mendapat peringkat di halaman hasil mesin pencari. 
MASUK DAN KELUAR DARI SEO ON-PAGE


Menurut pembaruan terbaru dari algoritma peringkat Google, pengalaman pengguna adalah hal yang paling berharga . Di bawah ini adalah beberapa poin yang disebutkan yang perlu diperiksa sebelum memposting konten apa pun untuk SEO On-Page yang lebih baik.

Pastikan Keterbacaan Konten Tinggi
Keterbacaan konten mengacu pada waktu dan usaha yang dilakukan dalam membaca sebuah konten. Skor keterbacaan konten berkisar antara 0 hingga 100. Anda harus selalu berusaha mencapai skor maksimal, sedangkan skor keterbacaan 60 hingga 70 dianggap baik. Hal itu bisa dilakukan dengan memperpendek kalimat, mengganti kata yang sulit dengan yang mudah, dan mengoptimalkan panjang paragraf. Anda dapat menggunakan Google atau kamus untuk menemukan kata-kata yang mudah. Namun, itu juga bisa dilakukan dengan bantuan parafrase tools.

Banyak penulis konten menggunakan generator parafrase untuk menemukan sinonim mudah yang dapat menggantikan kata-kata sulit dalam konten karena meningkatkan keterbacaan secara manual dengan mencari kata secara manual dapat memakan waktu dan tenaga.

Gunakan Judul dan Subjudul yang Tepat
Menggunakan judul dan sub-judul yang tepat adalah teknik lain untuk meningkatkan kualitas konten yang secara positif memengaruhi SEO On-Page. Memberikan tajuk yang tepat dan relevan ke konten membantu perayap Google serta pembaca untuk memahami konten dengan mudah.

Pastikan untuk menggunakan judul secara kategoris. Jangan pernah menggunakan H2 sebagai subpos dari H3 atau H4. Apalagi, gunakan H1 hanya sekali pada artikel Anda yang kebanyakan judulnya.

Jangan terlalu sering menggunakan judul. Cobalah untuk menjaga keseimbangan di antara mereka. Selalu tulis konten yang relevan dengan judulnya. Menyortir posting blog dari H1 ke H5 akan membantu perayap dan pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

Tulis Konten Gratis Plagiarisme
Plagiarisme bisa menjadi rintangan terbesar dalam menentukan peringkat konten Anda. Ini dapat merusak reputasi Anda serta SEO On-Page situs web Anda.

Google selalu menyukai konten unik atau bebas plagiarisme. Kami biasanya fokus pada kata kunci, struktur, panjang, judul, dll. Tapi cek plagiarisme juga sangat penting.

Pemeriksaan plagiarisme selalu diperlukan setelah menulis atau memperbarui konten Anda. Karena jumlah konten yang berlebihan tersedia secara online. Oleh karena itu, selalu ada kemungkinan plagiarisme yang tidak disengaja.

Jika beberapa teks dalam konten Anda ditemukan disalin, Anda harus menulis ulang atau menghilangkan teks tersebut karena plagiarisme tidak dapat diterima dengan harga berapa pun di SEO.

Sertakan Kata Kunci dalam Konten Anda

Memastikan kualitas konten itu penting tetapi membuat konten SEO dioptimalkan juga diperlukan. Tapi, bagaimana cara mengoptimalkan konten? Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan kata kunci dalam konten Anda yang telah diteliti dengan baik, sangat mudah dibaca, dan terstruktur dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk menyesuaikan kata kunci dalam konten Anda untuk peringkat yang lebih baik dan skor SEO On-Page.

Riset Kata Kunci
Kata kunci adalah kombinasi kata yang sering dicari oleh pengguna di Google. Jumlah kata kunci yang dicari dalam sebulan di google dikenal sebagai volume kata kunci. Selain itu, ketika banyak orang mulai menulis konten dengan kata kunci yang sama, kesulitannya meningkat. Karenanya, Anda perlu menemukan kata kunci dengan volume tinggi dan kesulitan rendah untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi, lebih cepat, dan mudah di halaman pertama SERP. Alat SEO seperti Semrush dan Ahref dapat digunakan untuk menemukan kata kunci yang bagus.

Kata Kunci LSI
Kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) adalah sinonim dari kata kunci utama. Mereka digunakan untuk mendukung kata kunci utama. Kata kunci LSI biasanya memiliki volume dan kesulitan yang rendah. Misalnya, jika "iPhone 14 pro max" adalah kata kunci, maka kata kunci LSI tersebut dapat berupa "harga iPhone 14 pro max", "penyimpanan iPhone 14 pro max", "beli iPhone 14 pro max di AS", dll.

Menyesuaikan Kata Kunci
Untuk SEO On-Page, Anda perlu menyesuaikan kata kunci utama dan LSI-nya di dalam konten. Coba tambahkan kata kunci utama di judul Anda, di beberapa judul, dan badan konten. Anda juga dapat menggunakan kata kunci LSI di badan. Saat menyesuaikan kata kunci, jangan coba-coba membebani. Sesuaikan kata kunci secara alami dalam konten Anda. Isi kata kunci dianggap sebagai praktik buruk dalam SEO On-Page.

Optimalkan Meta Data, Gambar, dan Video

Menulis konten yang sangat mudah dibaca dan berfokus pada kata kunci sangat penting. Padahal, menulis metadata yang dioptimalkan dan tag alt untuk gambar juga diperlukan. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengoptimalkan judul dan deskripsi meta untuk halaman web mana pun. Selain itu, kami juga akan belajar mengoptimalkan gambar dan video Anda.

Judul Meta dan Deskripsi Meta
Judul meta juga dikenal sebagai tag judul. Itu mengacu pada topik atau judul dari setiap posting blog yang ditampilkan dalam hasil pencarian. Ini menunjukkan pengguna tentang konten di halaman web tanpa membukanya. Harus ada kata kunci utama yang disertakan dalam judul meta. Sedangkan panjang tag judul yang ideal adalah 50 hingga 60 karakter.

Di sisi lain, deskripsi meta adalah ringkasan singkat dari konten yang ada di halaman web. Itu ditempatkan di bawah judul meta dalam hasil pencarian. Harus ada kata kunci utama dan kata kunci LSI dalam deskripsi meta. Sedangkan panjang deskripsi meta yang ideal adalah 160 karakter.

Optimalkan Gambar dan Video
Mengoptimalkan gambar dan video juga masuk dalam On-Page SEO. Tag alt digunakan untuk gambar; ini adalah tag yang memberi tahu mesin telusur tentang konten dalam suatu gambar. Meskipun, mesin pencari dapat mendeteksi dan mengenali gambar sekarang tetapi tetap memberikan tag alt ke setiap gambar dianggap sebagai praktik yang baik dalam SEO On-Page. 
MASUK DAN KELUAR DARI SEO ON-PAGE


Kedua, gambar dan video harus sangat relevan dengan konten. Jangan pernah menggunakan gambar atau video yang disalin. Selalu kompres gambar sebelum memposting. Pastikan untuk menyematkan video alih-alih mengunggah, ini akan mengurangi waktu buka halaman web Anda.

Kesimpulan

Perdebatan tentang On-Page SEO dan faktor-faktornya tidak akan pernah ada habisnya. Untuk selanjutnya, kami telah membahas faktor utama dalam posting ini. Semoga Anda merasa terbantu dan menarik. Terima kasih sudah membaca! Nantikan postingan yang lebih menakjubkan.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts

Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS