Perlengkapan Keamanan dan Keselamatan Untuk Ketinggian

Perlengkapan Keamanan dan Keselamatan Untuk Ketinggian

Industri konstruksi merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki resiko tinggi. Ada salah satu bidang yang mana berhubungan dengan ketinggian dimana seharusnya saat mengerjakan proyek haruslah menggunakan perlengkapan keamanan dan keselamatan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Para pekerja wajib untuk menggunakan safety equipment untuk mencegah kecelakaan kerja. Pada kesempatan ini kita akan membahas perlengkapan K3 yang sering digunakan untuk ketinggian.

Untungnya praktek penggunaan alat keselamatan ketinggian ini mulai digunakan di Indonesia. Misalnya saat pemasangan jendela gedung bertingkat atau para pekerja konstruksi lainnya, seperti penyedia jasa Kaca Tempered Tangerang sudah sering menggunakannya. Langsung saja kita bahas langsung beberapa tipe dan jenisnya.
 

Ragam Alat Keamanan Untuk Ketinggian

Mari kita bahas beberapa alat K3 wajib yang harus digunakan untuk ketinggian. Biasanya beberapa peralatan ini digunakan untuk para pekerja proyek terutama yang bekerja untuk gedung-gedung yang tinggi.

Sarung Tangan Clips

Sarung tangan clips ini biasanya sepaket dengan peralatan yang berfungsi sebagai sistem pengereman untuk mengatur ketinggian. Sarung tangan ini digunakan untuk mencegah cidera tangan saat mengoperasikan tali.

Sarung tangan ini dibuat dengan bahan anti gesekan sehingga bisa tahan lama dan awet tidak seperti sarung tangan pada umumnya yang bisa dibilang bisa robek ketika bergesekan dengan permukaan tali. 

Klip sarung tangan ini mampu bekerja dengan baik di ketinggian mengurangi investasi pada peralatan sarung tangan. 

Safety Helmets Atau Helm Keamanan

Tidak hanya untuk ketinggian saja, helm safety proyek juga merupakan alat keselamatan wajib ketika bekerja di berbagai proyek pembangunan. Tentu, fungsi utama dari helm adalah sebagai perlindungan kepala, dimana di kebanyakan proyek akan banyak objek yang bisa melukai kepala, sehingga helm akan mengurangi dampak tersebut.

Kebanyakan luka kepala bisa dicegah dan juga dihindari menggunakan helm proyek yang berkualitas. Dalam hal ini, kita juga harus memperhatikan kualitas material dan bahan karena kita harus memastikan produk keamanan ini sesuai dengan standar industri.

Helm keamanan ini memiliki jenis dan kelas tersendiri. Beberapa produk menggunakan standar yang melindungi bagian atas, kemudian ada juga helm safety yang digunakan untuk melindungi semua bagian kepala seperti di industri otomotif balap. 

Penutup Telinga

Pelindung telinga merupakan salah satu perangkat wajib, bukan hanya untuk proyek yang berhubungan dengan ketinggian. Fungsi dari alat safety satu ini adalah melindungi telinga dari suara yang terlalu bising menghindarkan para pekerja dari kehilangan fungsi pendengaran setelah bekerja sangat lama di sebuah konstruksi bangunan.

Selain itu ada tambahan kegunaan lainnya mengingat ada sedikit perbedaan tekanan saat berada di tinggi yang berbeda sehingga dengan pelindung telinga akan mengurangi dampaknya.

Kacamata Pelindung

Organ mata juga merupakan salah satu organ yang paling berdampak jika berbicara mengenai kecelakaan kerja. Saat berada di ketinggian kita akan sangat sulit untuk menghindar jika ada percikan api dari las, atau debu, sehingga salah satu pelindung yang harus kita gunakan adalah kacamata pelindung.

Body Harness

Dan inilah sebuah alat safety yang dibuat khusus untuk para pekerja dengan tujuan proyek di ketinggian. Body Harness adalah sebuah alat safety yang dibuat untuk mencegah para pekerja jatuh bebas ke bawah saat mengerjakan pekerjaan mereka. Body harness dibuat dengan kombinasi antara sistem bergerak dan tetap. Mudahnya, sistem ini akan berfungsi jika ada beberapa faktor seperti tali, pengunci, webbing dan juga bodywear.

Dengan sistem ini kemudian para pekerja membutuhkan sebuah tempat sebagai pengait yang berguna untuk mencegah mereka terjatuh. Beberapa penelitian sendiri, kecelakaan kerja akibat jatuh dari ketinggian adalah sebuah kejadian yang sering terjadi sebelum adanya perlengkapan kemanan dan keselamatan satu ini. 

Safety Lanyards

Safety lanyards adalah alat safety yang memiliki prinsip seperti body harness. Safety lanyards adalah sebuah tali yang dikaitkan ke badan menggunakan sebuah pengait yang sangat kuat, biasanya dikaitkan di bagian punggung. Biasanya safety lanyards ini digunakan untuk pengait tambahan setelah menggunakan body harness. Para pekerja yang bekerja di ketinggian ekstrim biasanya menggunakannya seperti di tower, dan proyek yang tidak memiliki permukaan luas.

Standpipes

Merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua proyek pembangunan. Seperti namanya standpipes adalah sebuah pipa vertikal dengan tekanan tinggi, berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk pemadaman api. Standpipes ini bisa mengeluarkan air dengan tekanan sangat tinggi jika suatu saat terjadi kebakaran atau kecelakaan yang tidak diinginkan. 

Horizontal Lifelines

Horizontal lifelines adalah sebuah kabel baja yang digunakan untuk memasang safety lanyards atau body harness. Biasanya di setiap proyek pembayaran, horizontal lifelines ini dibuat sementara untuk memenuhi kebutuhan keselamatan. Dari sisi posisinya, biasanya diletakkan di atas kepala namun ada beberapa kasus yang diletakan sejajar dengan kepala.

Platform 

Disebut juga dengan suspended platforms adalah sebuah platform pekerja, biasanya digunakan untuk 2 sampai 3 orang. Biasanya para pembersih kaca gedung tinggi sangat sering menggunakan peralatan satu ini.

Kesimpulan

Masih banyak sebenarnya perlengkapan keamanan dan keselamatan yang digunakan untuk proyek di ketinggian. Seperti set descender, ascender, kemudian rope grabs, namun paling tidak beberapa jenis yang kita bahas di atas adalah barang wajib. Bagaimana? Informasi ini cukup membantu kan? Semoga bermanfaat ya!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post




Konten unggulan:


You may like these posts