Cerita Dibalik Blog Post Komptik, Berbagi dan Belajar

Cerita Dibalik Blog Post Komptik, Berbagi dan Belajar

Hai sahabat sedikit mengingat nih, saya akan mengulas cerita dibalik blog post perjalanan dalam membangun blog ini, lalu diterima Adsense dan sampai konsisten minimal satu postingan setiap minggunya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Suka duka dalam membangun blog akhirnya saya merasakan juga, ya ulasan banyak blogger ternama dalam membangun blog itu pait benar adanya. Meski tidak semua paitnya pait banget ya! Jujur membangun blog yang saya rasakan susah karena harus rajin nulis artikel, belajar SEO biar tulisan bermanfaat dan banyak lagi.

Awal Membangun Blog

Dilihat dari postingan pertama blog ini dibangun tahun 2017, sudah cukup lama ya? Lantas pertanyaan yang muncul dari beberapa teman, sudah banyak dong penghasilan Adsensenya? Saya hanya terdiam dan mengucap "emmp", saya sendiri awalnya heran dengan pertanyaan teman soal penghasilan blog dari Adsense, karena saya beranggapan post di blog hanya untuk mengingat pelajaran yang saya dapati saja.

Saya mengenal blog memang sudah cukup lama, yakni di saat masih SMA. Saat itu saya hanya memindahkan hal yang saya sukai diantaranya gambar, gambar komik dan games ke post blog. Sampai akhirnya memasuki bangku kuliah ada teman yang berkata "ndar lu suka posting di blog, tapi kog isinya gambar aja dan campuran gitu?" Lalu saya jawab sekenanya, "Iya gw cuma iseng, buat beajar juga si.". Kemudian di tahun 2017 itulah saya diberi masukkan kalau blog itu untuk nulis dan dianjurkan nulis satu bahasan (niche) untuk satu domain yang artinya jangan di campur-campur (gado-gado) dengan bahasan lain.

Disitu saya coba nulis tentang yang saya pelajari mengenai Teknologi Informasi dan umumnya. Oh iya nama domain pertama ini bukan Komptik melainkan iccelym (nama permainan games) dan berganti menjadi nama saya sprihanta.blogspot.com hingga akhirnya domain blog ini, itulah kenapa blog ini posting di 2017.

Tulisan pertama masih belum menggunakan domain TLD dan postingan pun sangat jarang, sampai ditahun 2019 akhir saya putuskan membeli domain di niagahoster lalu berfikir kenapa tidak saya nulis walau tetap sangat jarang. Walau jarang toh saya ada kepaksaan tersendiri karena sayang sudah beli domain bukan. 

Singkatnya meski tulisan masih sangat jarang dan minim pembaca saya mencoba untuk menulis hal yang saya ketahui dengan harapan banyak pembaca sehingga dapat bermanfaat dan tidak hanya menjadi tulisan iseng saja. Lambat laun mencoba belajar, ikut group blogger, telegram group Adsense, group WhatsApp kelas SEO.

Awal Diterima Menjadi Publisher Adsense

Ya, seperti yang saya jelaskan diawal, saya tidak tahu blog bisa menghasilkan kalau tidak dari perkataan teman. Di tahun 2020 tepatnya pertengahan Maret saya coba cari tahu dan mendaftarkan blog ini ke Google Adsense atas rekomendasi teman group telegram, namun di tolak dan coba ajukan lagi di awal Juni lalu diterima menjadi publisher Adsense.

Dua kali pengajuan memang terbilang cepat, karena banyak blogger yang menginginkan tetapi sangat sulit. Alhamdulillah saya tidak sepahit sahabat blogger lainnya. Namun, tetap saja perjuangan saya dimulai ulang saat telah menjadi publisher Adsense. Kenapa tidak? Perlu diperhatikan juga menjadi publisher Adsense tidak semata-mata akan mudah memperoleh penghasilan cepat, namun tetap konsisten dalam menulis artikel dan bermanfaat untuk dibaca sesuai kebutuhan banyak orang.

Konsisten Menulis Blog

Menulis di blog ini memerlukan kepedulian yang tinggi, sebagai yang gemar menuangkan ulasan dari pembelajaran dan pengalaman untuk bisa bermanfaat. Saya merasakan dalam post tidak bisa rutin karena ada pekerjaan offline saat ini dan mencari ide tulisan pun lumayan sulit. Meski demikian keinginan nulis akan terus ada walau terkadang capek, kehabisan ide maupun hal lain.

Untuk menyiasati tetap konsisten nulis saya belajar ubah tampilan blog dari mulai berganti tema sampai utak-utik penambahan widget blog. Blog berganti tema dari tema awal gratisan berlanjut ke premium viomagz, kompi flexible dan sekarang supermag. Post blog pun berkembang menjadi banyak kategori lain namun tetap mengacu ke Teknologi Informasi.

Berdasarkan pengalaman saya begitu mulai jenuh atau capek dan kehabisan ide menulis, sebaiknya ketika ada ide langsung tuangkan kedalam tulisan saat itu juga. Sembari belajar baca-baca juga blog dari sahabat blogger lainnya dan terus pada komitmen awal ngeblog itu sendiri.

Berkah Nulis Blog

Banyak hal yang sudah saya dapatkan dari ngeblog, selain bisa menuangkan apa yang saya pelajari, menjadi publisher Adsense, ilmu, juga banyak sahabat dan materi. Banyak ilmu yang saya dapatkan dan pelajaran berharga dari hasil blog salah satunya "sedikit" belajar SEO untuk konten lebih baik, mendapatkan banyak sahabat blogger dalam belajar di dunia maya ini meskipun belum pernah bertemu. 

Alhamdulillah sedikit demi sedikit blog saya mulai ramai, materi pun dapat dari promosi media pengiklan. Yakinlah bahwa apa-apa yang kamu dapat itu pasti ada usahanya, tidak akan mendapatkan sesuatu kalau kita tidak berusaha, bukan begitu?

Oke, sampai disini Cerita Dibalik Blog Post Komptik. Terima kasih dan jangan lupa tetap Belajar dan Berbagi.

2 Comments

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

  1. Semangat gan,,,perlahan tapi pasti,,,jangan sampai berhenti,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap insyaAllah mas, terima kasih.
      Semangat juga buat EPB

      Delete
Post a Comment
Previous Post Next Post
Baca Juga: