Download Software Topologi Jaringan

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Download Software Topologi Jaringan

KOMPTIK - Didalam belajar jaringan komputer, akan lebih mudah jika kalian mengetahui yang namanya topologi jaringan. Topologi jaringan digunakan oleh perancang sistem internet pada skala satuan besar yang didistribusikan ke semua lokasi yang diinginkan baik itu gedung, kantor, atau bahkan perumahan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Topologi jaringan berguna untuk melihat internet mana yang mati dan internet mana yang sedang berjalan, atau hidup yang disebut dengan sistem monitoring jaringan komputer. Monitoring jaringan komputer tidak ubahnya seperti lokasi perumahan dengan jalan mulai dari gerbang sampai ke rumah-rumah melewati jalan yang terpasang lampu-lampu, disana kita bisa melihat lampu mana yang mati dan lampu mana yang nyala lewat aliran listrik.

Download software topologi jaringan merupakan dasar dalam membuat rangkaian simulasi alur cara kerja internet yang disusun berdasarkan peniruan sebuah proses nyata. Gambaran yang terdapat didalamnya yaitu proses dimana topologi jaringan dibuat dan simulasi terhadap internet yang dipakai di gedung, kantor dan perumahan. Lalu apa saja topologi jaringan itu?


Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah alur proses sebuah internet terhubung dari komputer satu ke komputer lainnya. Struktur jaringan untuk menghubungkan dari komputer satu ke komputer lainnya menggunakan media kabel ataupun nirkabel (tanpa kabel). Ada 5 jenis topologi jaringan yang bisa kamu pelajari, diantaranya:


1. Topologi Star

Star adalah topologi yang menggunakan setiap komputer internet melalui hub/ switch yang berbentuk star atau bintang.


2. Topologi Bus

Bus adalah topologi yang menghubungkan suatu jaringan satu (server) dengan jaringan lainnya (client) dalam satu kabel. Bus lebih digunakan ke skala kecil seperti perumahan atau sewa ruangan kantor.


3. Topologi Ring

Ring adalah topologi yang berbentuk rangkaian lingkaran, dimana setiap rangkaian tersambung dengan 2 titik yang lain sehingga dilihat seperti memutar berulang.


4. Topologi Tree

Tree adalah topologi dari gabungan topologi star dengan topologi bus, dimana dari kedua gabungan topologi tersebut setiap klien dikelompokkan untuk dijadikan pusat komunikasi. 


5. Topologi Mesh

Mesh adalah topologi jala, artinya topologi dengan rangkaian sekolompok perangkat komputer yang saling terhubung secara langsung dalam sebuah jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi.


Agar lebih mengetahui seperti apa topologi jaringan berjalan pada rangkaian komputer kamu bisa mencoba software berikut. Kamu juga bisa sekaligus mempraktekkan dengan membuat topologi jaringan diatas.


Cisco Packet Trace

Cisco Packet Trace atau packet tracer adalah software simulasi jaringan cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, packet tracer juga disebutkan sebagai praktek penelitian simulasi pada jaringan komputer. Kamu yang mau belajar bisa langsung kunjungi packet tracer.


GNS3

Graphical Network Simulator-3 (GNS3) adalah software simulasi perangkat lunak asli memungkinkan kombinasi perangkat virtual dan nyata dalam membangun sebuah topologi jaringan komputer. Buat dan hasilkan kreasi pilihan topologi jaringan kamu di GNS3 software.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Baca juga: