Jelaskan Perbedaan Virus Komputer! Virus, Malware, Trojan, Spyware, dan Worm

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Jelaskan Perbedaan Virus Komputer! Virus, Malware, Trojan, Spyware, dan Worm

Jelaskan Perbedaan Virus Komputer - Pernahkah kamu mengalami file komputer kamu rusak atau kehilangan data tanpa sepengetahuan kamu? Seringnya kehilangan data dikatakan virus, nyatanya kehilangan yang berdampak pada komputer kamu disebabkan adanya kode jahat (malware). Malware adalah kategori dari Virus, Trojan, Spyware, dan Worm.

{tocify} $title={Table of Contents}

Sebelum mengenal apa itu malware? Mari berkenalan terlebih dahulu dengan malware. Malware adalah singkatan malicious software yaitu kode jahat yang sudah pasti merugikan komputer kamu.

Kerugian yang mengakibatkan rusaknya file atau aplikasi yang ada di komputer, seperti error pada saat membuka file dan yang paling parah kehilangan data atau aplikasi. Perbedaan jenis malware dapat dideteksi dengan melihat seberapa parah kerusakan yang dialami komputer yang terinfeksi. Jika dapat menganali perbedaan jenis-jenis malware, maka kamu akan tahu seberapa parah komputer kamu terinfeksi dan tidak semata-mata mengkategorikan virus. Berikut perbedaan virus komputer.

1. Malware

Malicious Software atau disebut dengan malware adalah software jahat yang digunakan oleh seseorang dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Jika komputer sudah terkena malware, kemungkinan besar yang terinfeksi secara utuh lewat jaringan dan akan menimbulkan dampak tidak baik bagi jaringan internet kamu, contoh tidak baiknya bisa saja mengurangi kapasitas bandwitch kamu dan masuk ke perangkat internet kamu.

2. Virus

Virus merupakan salah satu dari jenis malware, cara kerja virus sendiri membutuhkan perantara seperti activator. Biasanya activator virus adalah si pengguna itu sendiri, misalnya pengguna berselancar di internet dengan menggunakan browser dan mengklik salah satu dari unduhan yang ingin diambil. Artinya virus tidak akan bisa mengaktifkan dirinya sendiri untuk menginfeksi komputer namun harus ada tindakan dari pengguna komputer.

Pengguna mungkin tidak tahu secara sengaja mengklik salah satunya karena virus disisipi dengan bentuk program, JPG, doc., atau ekstensi gambar porno atau bentuk yang lebih menarik perhatian si pemilik  komputer. Virus Shortcut contoh virus yang dianggap populer karena unduhan yang salah klik.

3. Trojan

Trojan merupakan sebuah program yang dibuat seperti program baik atau software yang berguna oleh pengguna komputer, contohnya crack software game, software installer, activation software yang ketika di instal kedalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, serta mengirimkan data komputer ke alamat yang ditentukan oleh si pembuat tanpa sepengetahuan pengguna komputer.

4. Spyware

Spyware (spy), malware yang diciptakan untuk memata-matai profil pribadi komputer. Spyware melakukan tindakan mengintai dengan cara menampilkan iklan-iklan yang diminati pengguna komputer sehingga tanpa sadar pengguna dengan sukarela memberikan data pribadinya. Sebab kasus besarnya data pengguna digunakan untuk tujuan tidak baik yang kembali malah merugikan pengguna atau bahkan data pengguna disebarluaskan.

5. Worm

Worm merupakan jenis malware yang paling berbahaya. Worm bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga dari pengguna komputer. Jika worm sudah masuk ke komputer pengguna, ia akan bisa berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis.

Worm hanya menginfeksi sebuah komputer jika ia menemukan celah keamanan (vulnerability) satu software yang ada pada komputer tersebut, misalnya windows office, adobe software atau yang lainnya. Worm tidak akan menyerang komputer jika sistem keamanan pada jarigan komputer telah ditutup (patch) serta mempunyai keamanan berlapis. Artinya virus akan lebih cepat menginfeksi jaringan komputer yang ter-patch dibanding dengan worm, untuk lebih melindungi komputer dari serangan jenis malware gunakan juga antivirus terbaru.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Baca juga: