Blog menggunakan terjemahan otomatis Google

People Watcher, Masih Perlukah di Era Digital Seperti Sekarang?

views
People Watcher, Masih Perlukah di Era Digital Seperti Sekarang?

Dalam segala bidang seperti selera musik, gaya berpakaian ataupun hobi setiap orang memiliki prefensinya masing-masing. Hal inilah yang menjadikan seseorang dianggap people watcher.

{tocify} $title={Table of Contents}

Diambil dari istilahnya People Watcher adalah pengamat, atau seseorang yang cenderung mengamati gerak-gerik orang lain yang dipandang tidak secara umum.

Seorang people watcher pada dasarnya tidak hanya mengamati orang yang dilihat tetapi juga cenderung mengamati sekelililngnya, atau pandangan luas yang dilihat. Sehingga bagi beberapa orang ini merupakan bagian dari hobi.

People Watcher

People watcher merupakan orang yang melakukan aktivitas watching atau melihat atau mengamati seseorang dari gerak-gerik biasa yang dilakukan. Sedangkan people watching yaitu aktifivas mengamati secara detailnya. Seperti tidak ada perbedaannya ya? Ya, sebenarnya hanya pelaku dan aktivitasnya saja.

Lantas, apa saja yang menggambarkan seseorang sebagai people watcher? Berikut 2 diantaranya:
  1. Lebih jarang berbicara dan lebih sering mengamati. Sebagai contoh, mungkin dia jarang mengobrol dengan kamu, tetatpi dia tahu apa kebiasaan, sifat dan lainnya berdasarkan interaksi kamu dengan orang lain yang diamatinya.
  2. Memiliki keahlian khusus, yakni mengamati tanpa disadari. Orang - orang ini memiliki satu trik yang biasa dilakukan adalah mengalihkan pandangan dari target pengamatannya, tetapi jangkauan pandangnya masih meliputi dan bahkan bisa saja menatap kamu dengan tajam.

Masih mengenai people watching, mungkin kamu akan cukup asing mendengarnya, menurut Wikipedia people watching atau crowd watching adalah sebuah kegiatan observasi terhadap seseorang serta interaksinya sebagai kegiatan bawah sadar.

Kamu mungkin juga telah sering melakukan people watching tanpa disadari seperti saat mengenal teman baru baik di pekerjaan maupun lingkungan, membaca bahasa tubuh lawan bicara, ataupun memahami kebiasaan orang terdekat. Secara tidak langsung mungkin kamu menerima manfaat dari kegiatan ini.

Memahami perasaan teman, lugas dalam berkomunikasi, dan meningkatnya kemampuan belajar serta adaptasi merupakan sebagian manfaat yang didapat.

Untuk sebagian yang lain, people watching dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan dan juga pembelajaran untuk masa yang akan datang. Perasaan tersebut akan berdampak pada perkembangan teknologi.

People Watcher terhadap Perkembangan Teknologi

Aktivitas people watcher bisa saja berbanding lurus dengan perkembangan teknologi, sebab dengan mengenal orang lain seseorang dapat megetahui apa saja hal yang dilakukan orang lain tersebut, tanpa terkecuali jika itu terkait teknologi.

Dasar antisipasi kemungkinan lah yang akan mengedepankan lebih jauh berhubungan dengan orang sekitar untuk memprediksi beragam yang terjadi di kesempatan yang akan datang, era digital ini.

Pengetahuan atau data yang baik digunakan untuk menentukan kebijakan, menentukan trobosan baru maupun memprediksi yang akan terjadi secara makro dalam kelompok internal atau eksternal.

Sukses Dengan Cara Belajar Mengamati Orang

Apa benar hanya dengan belajar mengamati orang lain bisa menjadikan seseorang sukses? Jawabannya, kembali ke pengamat atau people watcher itu sendiri. Sebab kemampuan apapun bila tidak di asah tentu akan berkurang bahkan menjadi hilang.

Terdapat benyak contoh tokoh Indonesia yang sukses dengan pola asah kemampuan dan pengembangan diri yang dimilikinya. Sebagai salah satu contoh yakni Arsjad Rasjid, beliau seorang people watching yang sukses menekuni usaha dan kegiatan dalam bidangnya.

Sukses tidak hanya sebatas mengamati orang tetapi banyak hal, namun jika kamu ingin sukses bisa bermula dari belajar mangamati seseorang, berikut beberapa cara belajar mengamati orang lain yakni:
  1. Tentukan parameter untuk kegiatan pengamatan orang ini sebelum memulainya
  2. Berlatihlah melakukan pengamatan naturalistik yang tidak mengganggu
  3. Pilih lokasi untuk melakukan pengamatan
  4. Jangan mengganggu
  5. Pilih seseorang di jalan atau di sekitarnya
  6. Lakukan pengamatan dengan teman
  7. Catatlah hasil pengamatan kamu
  8. Lakukan pengamatan dengan niat baik
  9. Pelajari bagaimana reaksi yang tepat saat orang yang menjadi objek pengamatan berbalik mengamati kamu

ingat, kembali ke people watcher. Bahwasannya sukses tidak hanya sebatas mengamati orang tetapi banyak hal, namun jika kamu ingin sukses bisa bermula dari belajar mangamati seseorang. Bagaimana, masih perlu kah seorang people watching di Era Digital seperti sekarang?
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS