5 Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor Supaya Tidak Goyang

views
5 Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor Supaya Tidak Goyang

KOMPTIK - Mengetahui cara pasang antena TV digital outdoor yang benar sangat penting bagi pengguna pemula untuk mendapatkan kualitas gambar, stabil dengan jumlah saluran lengkap.

Selain itu, dengan format digital saat ini mengharuskan pasang antena sesuai dengan posisi  agar kualitas sinyal tidak goyang.

{tocify} $title={Table of Contents}

Akan tetapi untuk mendapatkan tontonan jernih, sinyal kuat, dan jumlah saluran lengkap membutuhkan sedikit usaha. Dimana, kamu harus memahaminya dengan baik dan benar agar hasilnya maksimal.

Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor

Agar tidak terjadi kesalahan sedikitpun yang akan mempengaruhi hasil penangkapan sinyal UHF dan sebagai panduan untuk memudahkan pemula dalam melakukan proses instalasi antena TV Outdoor.

Berikut rangkuman tahapan Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor dengan benar:

1. Siapkan Peralatan

Pada dasarnya, semua antena UHF dapat menangkap frekuensi DVB-T2 meskipun tanpa embel-embel digital. Namun, untuk antena tipe outdoor terbaru saat ini di rancang khusus mempunyai kepekaan sinyal yang sangat tinggi dengan aluminium lebih baik.

Untuk proses pemasangan Antena TV UHF dapat berjalan lancar dan cepat, maka siapkan lengkap peralatan yang dibutuhkan.
  • Antena UHF digital tipe outdoor
  • Kabel antena coaxial atau jenis kabel parabola
  • Tiang penyangga berupa besi atau bambu dengan panjang disesuaikan
  • Booster TV digital dan hanya bersifat optional

2. Rakit Antena TV Digital

Jika kamu baru saja membeli salah satu antena dengan model tertentu baik versi biasa ataupun remote yang terbaru seperti sirip ikan memanjang mempunyai kepekaan paling tinggi.

Oleh karenanya disarankan untuk merakit antena UHF outdoor dengan mengikuti gambar yang tertera pada brosur dan pasang driver sesuai tipenya. Sambungkan kabel ke port antena bersamaan dengan memutar baut agar terkunci dengan baik, pastikan tidak longgar.

3. Pasang Tiang Antena

Cari lokasi terbaik menurut kondisi geografis rumah kamu agar memudahkan dalam memutar dan mengakses tiang. Sebagai tambahan, kamu dapat menggunakan media bambu atau batang besi yang lebih kuat dengan daya tahan terbaik.

Selanjutnya rekatkan antena UHF outdoor yang berisi kabel ke ujung atas tiang lalu berdirikan secara tegak lurus. Pada proses ini, silahkan meminta bantuan orang lain lalu pasang dan kencangkan tiang ke media yang tersedia sebelumnya.

4. Hubungkan Ke Televisi

Ketika tiang dalam posisi telah terpasang, tarik kabel antena menuju lokasi pesawat TV digital kamu. Sambungkan ke port yang tersedia di belakang bodi televisi serta pastikan listrik tidak dalam keadaan menyala.

Usahakan tidak menggunakan booster TV terlebih dahulu baik bagian atas maupun bawah, karena frekuensi digital tidak membutuhkan tambahan alat tersebut.

5. Scan dan Nonton Siaran

Apabila kabel antena telah tersambung, hidupkan TV melalui tombol power pada remote kontrol. Lanjutkan tekan menu dan temukan jendela pencarian lalu masuk ke pencarian otomatis untuk memindai saluran digital.

Setelah pencarian selesai, semua channel tersedia selanjutnya silahkan menonton siaran TV digital yang berkualitas dengan gambar super jernih.

Alasan Memilih Antena TV Outdoor

Tidak banyak alasan dalam memilih antena TV outdoor selain cepat menerima sinyal. Namun pemilihan tipe ini akan berpengaruh besar terhadap kualitas siaran TV dan jumlah channel yang diperoleh bila dibandingkan antena TV indoor.

Sebagian besar orang akan lebih memilih Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor dengan alasan berikut:
  • Sangat cocok untuk pengguna yang tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan
  • Mampu menerima sinyal dengan baik meskipun jarak lokasi pemancar cukup jauh
  • Intensitas sinyal yang diterima jauh lebih kuat dan stabil dari pada antena tipe indoor
  • Jumlah saluran yang bisa tertangkap relatif banyak dan lengkap

F.A.Q

Pemilihan dan Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor memang relatif lebih baik, namun untuk perbandingan penggunaan masih banyak pertanyaan yang sering di ulas seputar antena tv digital baik indoor maupun outdoor. Berikut beberapa diantaranya.

Apa bisa antena analog untuk menangkap siaran digital?
Bisa, antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) biasa digunakan untuk TV analog juga bisa digunakan ke TV digital.

Apa bisa antena Indoor jadi Outdoor?
Beberapa pangguna antena indoor terkadang merasa antena yang dimiliki tidak dapat mendapatkan banyak siaran dan ingin menaruhnya diluar. Hal ini tentunya bisa dilakukan, hanya saja mungkin perlu dilakukan sedikit modifikasi pada kabel antena karena antena indoor kebanyakan memiliki kabel yang pendek.

Pilih Pakai Booster atau tidak?
Booster adalah alat tambahan lain untuk menambah daya pada antena yang digunakan, alat ini diperuntukkan ke daerah pedalaman yang jauh dari lokasi penyiaran. Namun untuk TV digital tidak memerlukan tambahan booster ini.

Pilih Indoor atau Outdoor?
Dari kemampuan penangkapan sinyal, tentunya antena outdoor lebih diunggulkan. Hanya saja mungkin cara pasangnya akan sedikit ribet dan membuituhkan waktu. Tapi secara fugnsi dan performa penangkapan sinyal antena outdoor lebih direkomendasikan.

Kesimpulan

Memahami cara pasang antena TV digital outdoor secara benar akan berdampak pada hasil penangkapan sinyal. Dimana, intensitas frekuensi yang masuk relatif kuat serta jumlah saluran cenderung lengkap.
Demikian pembahasan singkat, semoga uraian dapat dipahami sehingga memperoleh hasil yang sesui harapan keluarga di rumah.

Sumber: www.sabiru.com, www.cukuptau.id
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS