Belajar SEO Wordpress Dasar & Mudah Dipahami untuk Pemula

Belajar SEO Wordpress Dasar & Mudah Dipahami untuk Pemula

KOMPTIK - Jika ingin website Wordpress kamu mendapatkan banyak trafik, SEO adalah salah satu hal penting yang harus dipelajari dan juga sejumlah teknik serta strateginya. Cara Belajar SEO Wordpress pun bermacam-macam, dari yang mudah hingga pada level yang membutuhkan keahlian khusus.

{tocify} $title={Table of Contents}

Untungnya, sebagai CMS yang SEO-friendly Wordpress sudah “mempersenjatai dirinya” dengan berbagai teknik SEO yang mudah untuk mengoptimasi website.

Nah. Diartikel ini, kami mengajak kamu untuk belajar bareng mengenal wordpress dan teknik SEO didalamnya.

Belajar SEO Wordpress

Sebelum belajar SEO Wordpress yang lain, ada baiknya kamu lihat dulu sejauh mana langkah optimasi yang sudah dilakukan pada web hosting dan juga website yang kamu punya. Ini merupakan proses yang paling mendasar untuk pemula guna memastikan langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan maksimal. Berikut hal-hal dasar dan mudah dipahami untuk menjadi perhatian.

1. Instal Plugin SEO WordPress (SEO by Yoast, Rankmath, All in One SEO Pack)

Hal yang paling utama untuk meningkatkan SEO wordpress kamu adalah instal terlebih dahulu plugin SEO, seperti SEO by Yoast. Walaupun ada juga dengan menggunakan Rankmath atau pun All in One SEO Pack, tetapi untuk seorang pemula sebaiknya gunakan terlebih dahulu SEO by Yoast karena lebih mudah dan lengkap penjelasan didalam membuat laman dan artikel.

2. Setting Title dan Tagline Kamu

Di WordPress ada 3 yang dapat kamu optimasi SEO, yaitu di homepage, kategori, dan juga di artikelnya. Untuk hompagenya kamu harus terlebih dahulu atur site title dan juga taglinenya.

Untuk title silahkan masukkan “Kata Kunci” tertarget, misal target kata kuncinya adalah Istilah Anak IT, maka di site title harus dimasukin kata kunci istilah anak it.

Sementara untuk taglinenya adalah masukin turunan dari kata kunci tertarget tersebut yaitu misal istilah turunannya bisa ungkapan, pengertian, perbedaan, dan lain sebagainya.

3. Optimalkan Permalink

Secara umum, permalink Wordpress cukup panjang dengan menampilkan berupa tanggal, bulan, dan tahun di url nya. Contohnya seperti dibawah ini.
https://hennweb.com/2022/09/05/judul-postingan/
Sedangkan permalink yang mudah dirayapi google adalah mengandung keyword atau kata kunci tertarget, nah maka dari itu disarankan untuk menggunkan langsung permalink dengan tanpa tanggal, bulan, dan tahun seperti contoh di bawah ini:
https://hennweb.com/judul-postingan/
Caranya adalah kamu bisa klik di Settingan Wordpress, setting –> Permalink, kemudian pilih bagian post name atau bisa juga custome structure.

4. Optimalkan Riset Kata Kunci

Ingat, kata kunci adalah bagian sukses dalam bermain SEO. Jika kamu mendapati kata kunci yang sangat berat persaingannya maka disarankan untuk menghindarinya, dan carilah kata kunci dengan persaingan belum terlalu berat, serta jangan juga mencari kata kunci yang tidak ada mencari.

Kamu bisa menggunakan kwfinder.com, whatsmyserp tools, disitu kamu akan melihat tingkat persaingan dari kata kunci yang dibuat, dan kamu pun bisa melihat seberapa banyak pencarian dalam rentan sebulan.

5. Letakkan Kata Kunci di Postingan 

Dengan plugin SEO by Yoast maka kamu akan diarahkan untuk menganalisis dan dikomendasikan kata atau kalimat mana saja yang kurang di setiap artikel.

6. Masukan Site Title ke SEO By Yoast

Dengan fasilitas dari site title untuk postingan, kamu dapat memasukkan kata kunci tertarget di site title tersebut dan dan tentunya disesuaikan sama isi postingannya serta tidak lewat dari 75 karakter.

7. Masukkan Meta Description

Selanjutnya masukkan meta deskripsi dibawahnya. Ada banyak metode dalam menulis di meta deskripsi, diantaranya adalah dengan koma spasi 10 kata kunci target, atau sebuah kalimat, dan sebagainya.

8. Gunakan Heading (H1, H2 dan H3)

Biasanya google akan merayapi artikel dengan heading terstruktur seperti H1, H2 dan H3, dan seterusnya untuk meningkatkan relevan dari sebuah konten.

Untuk judul sendiri secara default sudah terdapat H1, kamu tinggal menambahkan H2 dan H3 untuk kontennya.

9. Masukan Kata Kunci di Gambar

Agar gambar juga muncul di pencarian google maka sebaiknya gambar yang kamu upload disesuaikan juga dengan kata kunci tertarget, tambahkan alt text title dan link postingan.

10. Tambahkan Keyword di Paragraf Pertama

Jika memungkinkan, silahkan untuk menambahkan keyword di paragraf pertama. Hal ini karena Google akan melakukan perayapan dimulai pada paragraf pertama.

11. Masukan Inbound Link atau Internal Link

Salah satu pondasi lalu lintas dalam SEO adalah adanya internal link yang terjadi di web kamu. Agar bounce ratenya menjadi kecil dan orang yang berkunjung di web akan senang berlama-lama karena banyaknya artikel link yang menuju ke link web kamu. Selain itu gunakan juga outbound link atau eksternal link, hal ini bisa menjadi sumber backlink.

12. Lakukan SITEMAP XML

Untuk dapat melakukan sitemap XML adalah dengan mengunjungi google webmaster tools masing masing sesuai dengan web, kemudian klik Crawl dan masukkan kode sitemap untuk wordpress, yaitu sitemap.xml. Jangan lupakan sitemap bing dan yandex.

Teknik lanjutan SEO untuk Optimasi Konten

Sekarang, setelah Belajar SEO Wordpress website kamu, berikut adalah beberapa teknik lanjutan yang direkomendasikan pakar SEO, beberapa diantaranya adalah:
  1. Optimasi hosting kamu. Google memprioritaskan halaman sebuah web experience-nya baik. Ini sangat mungkin dicapai kalau hosting Wordpress kamu memiliki uptime, performa, fitur keamanan, dan resource maksimal.
  2. Maksimalkan kinerja dan performa situs. Mulai dengan aktifkan caching untuk mempercepat loading dan instal sertifikat SSL untuk melindungi informasi dari pengguna.
  3. Submit website ke tool webmaster mesin pencari. Ini memastikan website kamu ter-crawl secara teratur. Kamu juga bisa melihat performa peringkatnya dengan fitur analitik google.
  4. Konfigurasikan URL website. Lakukan langkah ini sebelum mempublikasikan website agar tidak terjadi URL redirect dan broken link ataupun plagiat. Pilih struktur permalink yang sesuai, pilih antara domain non-www dan www.
  5. Instal plugin SEO WordPress. Ekstensi ini membantu mengoptimalkan faktor peringkat SEO halaman website, seperti distribusi keyword dan meta tag.
  6. Instal tema yang SEO-friendly. Pilih tema yang responsif, ringan, dan diupdate rutin, serta sesuai standar coding Wordpress.
  7. Riseti keyword target potensial. Dengan begitu, kamu akan tahu hasil seperti apa yang disajikan untuk keyword tertentu. Kamu pun bisa menulis konten yang lebih sesuai dengan search intent. Targetkan long-tail keyword untuk website baru.
  8. Publikasikan konten berkualitas. Tulis artikel yang user-friendly dan informatif. Sertakan keyword target, internal dan external link, judul yang tepat, alt text gambar, serta mengaudit konten secara teratur.
  9. Optimalkan meta description dan title. Elemen-elemen ini menentukan tampilan halaman di SERP pencarian. Teks harus menarik calon pengunjung dan membantu mesin pencari menentukan relevansi halaman dengan keyword tertarget.
  10. Terapkan teknik SEO tingkat lanjut. Tambahkan data terstruktur untuk memperoleh rich result, gunakan tag canonical untuk menghindari duplikat konten, serta gunakan noindex untuk halaman non-prioritas. Praktikkan belajar SEO Wordpress On Page SEO dan Off Page SEO dan maksimalkan juga media sosial kamu untuk meningkatkan kredibilitas brand.

Kesimpulan

Belajar SEO Wordpress dapat kamu tingkatkan melalui beragam cara. Nah, semoga tips dasar dan mudah ini dapat bermanfaat serta bisa di aplikasikan dengan baik dan benar.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post


BANNER ADS POSTS >

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS