Pengertian Industri Manufaktur Beserta Contoh dan Jenisnya

Pengertian Industri Manufaktur Beserta Contoh dan Jenisnya

Sahabat komptik, mungkin kalian sering mendengar kata industri manufaktur entah dari televisi, internet, ataupun dari media lainnya. Sebenarnya apa sih manufaktur? Dan seperti apa contoh atau apakah ada jenis-jenis bisnis yang masuk ke dalam kategori satu ini? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai berbagai informasi terkait pengertian industri manufaktur beserta contoh dan jenisnya.

{tocify} $title={Table of Contents}


Pengertian Industri Manufaktur

Industri manufaktur adalah sebuah industri yang memproduksi barang menggunakan tenaga dan resources, berupa tenaga manusia, mesin, dan sebagainya. Selain itu pengertian tersebut juga berlaku mengenai mengubah raw material atau bahan mentah menjadi sebuah barang jadi yang diproses dan dibuat secara massal.

Bahan bahan mentah ini diproses menjadi barang jadi menggunakan berbagai proses itulah yang disebut dengan manufacturing industry. Industri satu ini erat hubungannya dengan engineering karena bahan mentah dibuat menggunakan berbagai proses engineering yang bervariasi.


Sejarah Singkat Manufaktur

Industri manufaktur sudah ada lebih dari 1000 tahun dimana di jaman dahulu industri ini erat hubungannya dengan para seniman yang diwariskan secara turun menurun. Di jaman masa pra sejarah, setiap suku tertentu memiliki keahlian tertentu yang berguna sebagai salah satu nilai tukar dengan suku lainnya untuk tetap bertahan hidup, inilah cikal bakal dari manufaktur.

Kemudian pada awal abad 18 mulai terjadi sebuah perubahan besar di tanah britania raya atau inggris dimana terjadi sebuah revolusi industri yang membuat industri manufaktur berkembang dengan sangat pesat. Penggunaan mesin terjadi mulai memudahkan bisnis manufaktur sehingga produksi besar-besaran terjadi di masa ini.

Beberapa sistem produksi seperti menggunakan tenaga air, uap, dan kemudian listrik memberikan efektifitas dan efisiensi yang lebih baik. Perkembangan industri yang tadinya menggunakan proses produksi perorangan menjadi produksi massal yang sangat besar.


Berbagai Jenis Industri Manufaktur

Dasarnya manufaktur memiliki proses yang sangat sederhana, dari bahan material dasar diproses menjadi sebuah barang jadi yang memiliki nilai untuk penggunaan tertentu. Namun, di jaman modern agar menjadi sukses, sebuah industri manufaktur harus mampu menutup proses produksi dan menghasilkan keuntungan untuk mereka. Sehingga semua produk-produk ini dibuat berdasarkan dengan minat, permintaan masyarakat.

Ada beberapa tipe dan jenis industri manufaktur yang mampu menghasilkan produk yang cukup dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa tipe dan jenisnya.


Make to Stock

Dikenal sebagai MTS (Make to Stock), merupakan jenis industri manufaktur yang memproduksi barang secara massal kemudian disimpan di dalam gudang. Jenis manufaktur seperti ini harus benar-benar imbang antara produksi dan penjualan. Beberapa contoh adalah seperti peralatan industri misalnya genset, peralatan bengkel, furniture, dan sebagainya.


Make to Order

Industri manufaktur make to order ini merupakan jenis industri yang membuat atau memproduksi barang setelah ada order atau pemesanan dari pasar, customer, dan sebagainya. Jenis MTO lebih mudah untuk di manage dan diatur karena kita memproduksi berdasarkan pesanan yang ada. Walaupun begitu kekurangan dari jenis satu ini adalah customer yang harus menunggu cukup lama, yang berarti produsen bisa kehilangan calon customer potensial mereka.

Beberapa contoh Make to Order atau MTO, adalah seperti produsen sepeda tipe tertentu, kemudian juga berbagai industri manufaktur custom.


Make to Assemble (MTA)

Untuk jenis industri manufaktur make to assemble ini sama seperti jenis Make to Stock, dimana perbedaannya adalah barang-barang yang dihasilkan atau diproduksi ini masih harus digunakan untuk tujuan lainnya. Hal ini membuat beberapa kekurangan dimana ada beberapa bagian yang tidak digunakan.

Sebagai contoh manufaktur make to assemble adalah seperti pipa kabel listrik, atau bahan-bahan semikonduktor yang dibuat untuk bahan dan material pembuatan smartphone. Barang-barang ini harus disusun dengan bahan material lain untuk menjadikan sebuah produk yang bisa digunakan.


Manufaktur di Masa Depan

Manufaktur akan terus berkembang dan berubah sesuai dengan tujuan dari evolusi perkembangan zaman. Tergantung dari penerapan teknologi saat ini dimana berbagai jenis teknologi mulai dibuat untuk membantu proses produksi. Beberapa trend yang berkembang atau automasi, yang sampai saat ini memang menjadi pembahasan paling utama. Berbagai isu berkembang bahwa tenaga manusia akan digantikan dengan robot, namun sepertinya jalan masih sangat panjang.

Beberapa industri juga mengembangkan proses produksi mereka dengan membuat lebih efektif dan juga lebih berguna untuk masyarakat. Industri sepeda yang tadinya hanya menggunakan bahan besi, alumunium, kemudian saat ini adalah bahan titanium dan juga karbon.

Kemudian beberapa industri juga menggunakan 3D printing, bahkan beberapa waktu yang lalu ada beberapa 3D printing untuk konsep rumah yang bisa ditinggali di Mars. Yang paling penting, manufaktur akan terus berkembang sesuai dengan teknologi yang diterapkan di banyak industri.


Kesimpulan

Industri manufacturing memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Mereka bukan hanya menghasilkan produk tetapi memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Selain itu industri satu ini juga memegang peran sebagai pusat perputaran ekonomi dalam kehidupan.

Industri manufaktur membutuhkan perputaran yang seimbang antara demand, permintaan dan juga proses produksi. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat. Terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post