Hardware Komputer dan Fungsinya, Penting untuk Diketahui

Hardware Komputer dan Fungsinya, Penting untuk Diketahui

KOMPTIK - Untuk menjalankan sistem kerja komputer, selain software tentu ada hardware komputer dan fungsinya yang tidak kalah penting penggunaannya. Mengapa demikian? Karena proses kerja komputer pertama kali harus memiliki lengkap komponen hardware yang dibutuhkan dan nantinya barulah komputer bisa berjalan dengan adanya software.

{tocify} $title={Table of Contents}

Hardware sendiri pasti sangat sering didengar dan pengertian hardware mungkin masih kerap disamakan dengan software. Namun dilihat dari namanya, hardware dan software tentu saja berbeda dan begitu juga pengertiannya. Berikut penjelasannya!


Pengertian Hardware/ Perangkat Keras Komputer

Hardware atau perangkat keras komputer adalah semua komponen komputer yang bisa kita lihat dan dirasakan wujud fisiknya. Menurut pendapat ahli, hardware komputer tersusun dari komponen-komponen elektronika dan mekanis yang dirakit membentuk modul-modul serta diberi nama sesuai dengan fungsinya sepertI CPU, monitor, RAM, keyboard, mouse, printer, scanner, dan lain-lain.

Hardware umumnya terlihat sebagai bentuk seperangkat output dari setiap proses sistem operasi komputer dan didukung oleh software agar perintah yang ada dapat dioperasikan dengan baik.


Jenis-jenis Hardware Komputer dan Fungsinya

Jenis hardware komputer umumnya dikelompokkan berdasarkan fungsinya, sebagai berikut:

1. Input Device (perangkat masukan)

Perangkat jenis ini berfungsi untuk memasukkan data atau informasi terprogram dalam komputer berupa bentuk teks, gambar, video dan audio.

Beberapa hardware yang termasuk input device komputer adalah keyboard, mouse, pen, microphone, webcam, joystick, hadset dan lain-lain.


2. Proses Device (Perangkat proses)

Perangkat jenis ini berkaitan dengan pemprosesan atau menjalankan dan mengolah data pada sistem komputer. Contoh proses pada komputer yaitu, RAM, CPU, VGA dan sebagainya.


3. Output Device (Perangkat keluaran)

Perangkat jenis ini berfungsi untuk menampilkan data proses atau mencetak informasi dari hasil input data. Untuk data hasil tersebut dilakukan oleh hardware input setelah hardware proses, contoh output speaker, monitor dan printer.


4. Storage Device (Perangkat Simpan)

Perangkat jenis ini berfungsi untuk menyimpan data pada komputer atau sebagai media penyimpanan, contoh dari storage device antara lain harddisk, floppy dick, CD/ DVD dan flashdisk.


Beberapa Contoh Hardware Komputer dan Merknya

  • Mothrboard: adalah bagian komputer yang paling utama, berisi rangkaian-rangkaian komputer didalamnya seperti sistem BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output (chipset), soket prosessor, soket memory (RAM), soket kartu grafis (VGA Card) dan soket kartu tambahan atau additional cards (PCI, ISA). Merk motherboard pada umumnya yaitu, Asus, Biostar, Gigabyte, Albatron, Abit, PCchips, ECS dan Jetway.
  • Processor: adalah pusat otak dari sebuah komputer yang bertugas untuk melakukan semua pengoperasian perintah didalam harddisk. Processor atau frekuensi lock, artinya satu detik kecepatan sebuah prosessor dalam menjalankan perintah program komputer. Satuan frekuensi clock adalah Herts (Hz). Merk processor yaitu: INTEL dan AMD.
  • Harddisk (HDD): adalah media penyimpanan data program komputer secara permanen. HDD terdiri dari dua macam yaitu, ATA dan SATA. Merk harddisk yang terkenal yaitu: Seagate, West Digital (WD), Maxtor, Samsung dan lain-lain.
  • RAM (Random Access Memory): adalah unit penyimpanan data tidak permanen, artinya data bisa ditambah ataupun kurang bahkan bisa hilang. Merk RAM yaitu: V-gen, Kingston, Visipro, Ramos dan lain-lain. Generasi RAM bisa dilihat dalam perkembangnya dari waktu ke waktu, berikut: Static RAM (SRAM), Non Nolatile RAM (NV-RAM), Dynamic RAM (DRAM), Syncronous DRAM (SDRAM), DDR RAM (Dual Data Rate RAM), DDR II RAM (generasi kedua), DDR III RAM (generasi ketiga)
  • Optical Drive (CD/ DVD): adalah disk atau kepingan cakram optik yang berfungsi sebagai alat pembaca dan media data. Optical drive terdiri dari dua jenis yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). Merk optical drive, LG, Samsung, Sony, Pioneer dan lain-lain.
  • Floppy Disk: adalah media pembaca untuk disket, disket sendiri saat ini mungkin sudah tidak ada. Namun diakui atau tidak, nyatanya keberadaan disket turut memajukan perkembangan komputer terdahulu hingga saat ini.
  • VGA (Video Graphics Array) Card: adalah media untuk mengeluarkan output berupa grafis (gambar) pada layar monitor. Merk VGA card yaitu: ATI, NVIDIA, S3, SIS dan Trident. Generasi VGA card bisa dilihat dalam perkembangnya dari waktu ke waktunya, yaitu mulai dari VGA Card PCI (Peripheral Component Interconect), VGA Card AGP (Accelerator Graphics Processor), VGA Card PCI-E (PCI Express)
  • Sound Card: adalah bagian media yang terdapat pada motherboard untuk mendekode data-data digital menjadi sinyal suara. Merk sound card yang ada yaitu: Creative, Ess, Realtek, Cmedia dan lain-lain.
  • Keyboard: adalah sebuah papan ketik berisi input model dari kode huruf, angka, karakter dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna dalam menjalankan perintah pada komputer. Merk keyboard: logitech, dan lain-lain.
  • Mouse (Pointing Device): sebuah alat keluaran yang berfungsi untuk pointer akses melalui layar monitor. Merk Mouse: logitech, dan lain-lain.
  • Monitor: adalah media tampilan gambar atau output dari VGA Cards. Merk Monitor: Samsung, dan lain-lain.
  • Printer: adalah media output untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas. Merk printer yang terkenal adalah HP, Canon, Epson dan lain-lain.


Demikianlah penjelasan singkat tentang hardware komputer dan fungsinya untuk menambah wawasan pengetahuan dan pembelajaran kamu.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post