Dasar Pemrograman Web yang Perlu Kamu Ketahui

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Dasar Pemrograman Web yang Perlu Kamu Ketahui

KOMPTIK - Apa itu web? Website adalah sekumpulan halaman yang terdiri atas berbagai laman yang berisikan informasi dalam bentuk digital, baik berupa teks gambar, video, audio dan juga animasi lainnya. Website di era sekarang ini sudah menjadi hal umum diketahui banyak orang. Website menjadi kebutuhan sektor bisnis atau usaha maupun edukasi sebagai tempat informasi, promosi, referensi belajar dan lainnya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Lalu apa bisa web dibuat? Bagaimana cara membuatnya? Oke, sebelum bahas kepertanyaan-pertanyaan tersebut ada baiknya kita mengenal istilah website, website itu sendiri adalah platform yang dapat diakses melalui banyak macam device, bisa dikembangkan dan perlu maintenence. Website juga dapat dijangkau oleh macam search engine seperti Google search, Mozilla Firefox dengan menggunakan akses internet.


Pemrograman Web

Website bisa dibuat dengan pemrograman web. Ada banyak dasar bahasa pemrograman web yang memiliki fungsi berbeda-beda, contohnya ada web informasi yang diciptakan dengan hanya menggunakan HTML dan CSS sederhana, web aplikasi desktop, game, aplikasi mobile dan lain sebagainya. Dalam membangun web seorang develop pemrograman web biasanya menggunakan salah satu bahasa pemrograman atau kombinasinya, karena bahasa pemrograman ada banyak yang bisa digunakan. Akan tetapi dasar bahasa pemrograman web yang perlu kamu ketahui dalam membuat web dibagi menjadi empat bagian sederhana sebelum kamu menjadi seorang develop profesional yang mengembangkan pemrograman PHP, Java, CI, NodeJs, Android, Phyton, Phyton aksara jawa.


1. HTML (Hypert Text Markup Language)

HTML adalah skrip dasar berupa tag-tag yang digunakan untuk membuat dan mengatur website, membuat tampilan website. Beberapa tugas HTML untuk web adalah:

  1. Menentukan tata letak (layout) website
  2. memberikan format dasar, pengaturan format seperti pengaturan paragraf dan format font
  3. Membuat list dan tabel serta bundelnya
  4. Menyisipkan warna, gambar, video, audio
  5. Membuat link dan formulir link


2. CSS (Cascanding Style Sheets)

CSS adalah skrip coding yang digunakan untuk mengatur desain website agar tampak lebih bagus. Sebenernya dari HTML juga bisa untuk desain, tetapi kemampuannya hanya terbatas pada tata letak. Fungsi utama CSS adalah memberikan pengaturan tampilan website menjadi terstruktur sehingga lebih lengkap dan terlihat jauh lebih rapih.


3. PHP (Hypertext Prepprocessor)

PHP merupakan server-side programming, yang artinya adalah bahasa pemrograman dijalankan disisi server. Dimana PHP membangun website untuk melakukan pengolahan data pada database dan data yang ada di database dapat diubah, dihapus, ditambahkan dan tampil di website diatur oleh database sever PHP. Server PHP website diakses melalui PhpMyAdmin.


4. JavaScript

JavaScript disebutkan hampir sama dengan PHP namun memiliki perbedaan dalam tempat prosesnya, jika PHP diproses di sisi server sedangkan java script diproses di sisi client. Karena java script diproses di sisi client menggunakan komputer client maka java script lebih interaktif dibanding PHP. Tugas pokoknya java script pada website adalah memberikan efek animasi yang menarik dan interaktif penanganan event yang dilakukan oleh pengguna.

Secara garis besar dapat disimpulkan HTML sebagai rumah, css untuk mengatur tampilan (style) untuk mempercantik rumah, PHP dan JavaScript untuk mengatur isi dalam rumah tersebut.


Software yang Dibutuhkan untuk Membangun Web

Untuk dapat membagun website selain mempelajari dasar pemrograman web, tentunya kita juga wajib tahu komponen software membangun website. Software yang digunakan sebagai berikut:


1. Text Editor

Text editor merupakan software yang utama, software ini digunakan untuk mengetikan skrip HTML, CSS, PHP dan JavaScript. Ada banyak software text editor yang biasa digunakan programming web diantaranya Notepad++, sublime text, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain.

Software tersebut bisa kamu dapati dengan mengunjungi website resminya dan kamu unduh.


2. Paket Aphace dan Phpmyadmin

Apache digunakan untuk web server yaitu tempat penyimpanan file-file PHP dan file-file lainnya yang diperlukan website agar bisa online. Sedangkan PhpMyAdmin adalah tempat penyimpanan untuk membuat database MySQL data-data website. Keduanya sudah disediakan dalam satu paket aplikasi seperti Appserve atau XAMPP yang bisa kamu unduh pada website resminya.


3. Web Browser

Web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer digunakan untuk menampilkan hasil dari website yang telah dibuat.


4. Domain dan Hosting

Tampilan Appserve atau XAMPP digunakan untuk menampilkan website pada mode-on running hanya pada web browser pembuat website. Sebagai seorang programmer web tentu kamu ingin menampilkan website bisa diakses oleh semua orang, oleh karenanya kamu perlu menambahkan domain dan hosting dengan membeli jasa provider yang kamu pilih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Baca juga: