3 Perbedaan Jurusan Istilah Anak IT

3 Perbedaan Jurusan Istilah Anak IT

Komptik.id - Haii, sahabat komptik dan para pembaca sekalian perkenalkan saya Sonny Alamsyah. Saya merupakan Mahasiswa tengah semester di Perguruan Tinggi yang berada di lokasi Pamulang-Banten.

Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Informatika banyak dari teman-teman sekelas ataupun adik kelas yang mempertanyakan dari perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informatika maupun Teknik Komputer di sebuah jurusan jenjang perkuliahan, sehingga kedepannya sulit untuk menentukan tema/ judul Tugas Akhir (Skripsi), hehe walaupun saya juga masih bingung untuk menentukan bahasan Tugas Akhir nanti.

Dalam mata kuliah yang saya pelajari, saya bisa menyimpulkan 3 Perbedaan Jurusan Istilah Anak IT yang terpopuler dari pembelajaran yang saya dapatkan. Ya, walaupun 3 perbedaan ini nantinya mungkin iya mungkin tidak sebagai acuan terjun ke dunia pekerjaan, karena memang IT sendiri kalau dibahas secara terperinci sangat banyak dan luas. Artinya istilah "anak IT" itu tidak bisa semuanya dikerjakan di satu orang anak IT. Sebagai contoh, seorang IT Hardware tidak bisa mengerjakan program komputer ataupun sebaliknya dan biasanya untuk pekerjaan pun ruangan seorang IT hardware di bedakan dengan seorang IT program (programmer), meskipun demikian dasar IT disemua 3 jurusan ini umumnya sama yaitu anak IT.

Lalu apa sih yang membedakan istilah anak IT? Berikut 3 Perbedaan Jurusan Istilah Anak IT yang umumnya :

Materi

  1. Teknik Informatika; Pelajaran dari semester awal pengenalan materi programmer misalnya pascal, C++, dan banyak dari materi lainnya mengenai teknik dasar seperti kalkulus, aritmatika dan lainnya. Tengah semester pengenalan dalam programmer lanjutan java, jaringan internet dan materi rekayasa perangkat lunak lainnya. Akhir semester pengenalan lanjutan Java dan PHP dan framework lainnya serta Tugas Akhir membuat aplikasi.
  2. Sistem Informatika; Pelajaran dari semester awal pengenalan materi programmer misalnya pascal, C++, dan banyak dari materi lainnya mengenai teknik dasar seperti kalkulus, aritmatika dan lainnya. Tengah semester pengenalan alur database, materi rekayasa perangkat lunak lainnya. Akhir semester pengenalan lanjutan database, akuntansi database, analisis sistem serta Tugas Akhir membuat aplikasi.
  3. Teknik Komputer; karena ini saya tidak tau pasti pembelajaran tiap semesternya seperti apa. Saya hanya tau sedikit umumnya yakni mempelajari dari Teknik Informatika dan Sistem Informatika, sebagai contoh pelajaran deep soal mekanisme cara kerja komputer dibalik layar baik itu jaringan, software/ hardware, maupun sistem tertanam.

Output dunia pekerjaan

  1. Teknik Informatika; mayoritas sebagai programmer, tetapi ada banyak perusahaan yang menginginkan kebutuhan sebagai IT Support, IT security, ataupun yang lainnya.
  2. Sistem Informatika; mayoritas sebagai analisis program, database program.
  3. Teknik Komputer; mayoritas sebagai insinyur jaringan, ada 3 permintaan dari Teknik Komputer yakni Network Telecommunication Engineer, Network Programming, Embedeed System

Nah dari pembahasan diatas merupakan minat yang umum dipertanyakan dalam memilih jurusan IT, karena secara luas jurusan anak IT mungkin tidak sama dengan jurusan lainnya yang memfokuskan pembelajaran dan outputnya dunia pekerjaan.

Oke, demikian penjelasan singkat saya mengenai 3 Perbedaan Jurusan Istilah Anak IT, semoga mudah dipahami dan dimengerti untuk sahabat Komptik.
Salam.
IG : @sonny_alamsyah

Disclaimer:
Artikel ini dibuat oleh Sonny Alamsyah (penulis tamu). Segala materi yang ada di dalamnya bukan tanggung jawab dari komptik.id. Ingin menjadi penulis tamu di blog ini? Silakan kirim artikel melalui email komptikid@gmail.com
loading...
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "3 Perbedaan Jurusan Istilah Anak IT"

Post a Comment

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.


Tambahkan aplikasi Komptik. di smartphone tanpa install, buka Komptik. dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Komptik. dari layar utama smartphone Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel