Pengertian Power Supply, Bagian Penting Komponen Komputer

Pengertian Power Supply, Bagian Penting Komponen Komputer

KOMPTIK - Salah satu perangkat dalam kinerja sebuah komputer yaitu power supply, dimana perangkat ini merupakan bagian penyimpanan daya yang dibutuhkan untuk proses berjalannya aliran listrik masuk kedalam komputer sehingga komputer dapat menyala dan mampu mengoperasikan sistem selanjutnya. Pengertian power supply secara khusus pada perangkat komputer adalah hardware yang letaknya berada didalam komponen komputer dan berperan kerja untuk memberikan supply daya/ pemasok listrik.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pengertian Power Supply

Pengertian power supply secara khusus pada perangkat komputer adalah hardware yang letaknya berada didalam komponen komputer berbetuk persegi dan berperan kerja untuk memberikan supply daya/ pemasok listrik. Power supply membutuhkan aliran sumber daya listrik untuk diubah menjadi energi yang dapat bergerak menjalankan suatu perangkat elektronik.

Cara kerja dari power supply terbilang sangat sederhana yaitu dengan mengubah daya, misal 120 Volt kedalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen, atau mengubah arus AC menjadi DC yang kemudian dubah menjadi daya/ energi yang dibutuhkan komponen komputer lainnya seperti motherboatd, CD Room, harddisk.
 
Berdasarkan rancangannya, power supply dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Power Supply/ Catu Daya Internal: yaitu antara power supply dengan moterboard komponen elektronik lain atau papan rangkaian induk dibuat terintegrasi. Contohnya adalah TV, DVD player, aplifier dan sebagainya. Power supply pada perangkat tersebut menyatu dengan motherboard chasinngnya.
  2. Power Supply/ Catu Daya Eksternal: yaitu antara power supply dengan motherboard komponen elektronik lain atau papan rangkaian induk dibuat terpisah. Contoh dari power supply ini adalah laptop dan charger Handphone.

Fungsi Power Supply pada Komputer

Pengertian power supply dalam bahasa Indonesia berarti sumber daya. Jadi, fungsi dari power supply adalah menampung arus listrik luar dan memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware komputer dengan menyeluruh untuk menghasilkan proses kerja komputer.

Sumber energi listrik yang diterima dari luar masih berbentuk alternating current (AC). Selanjutnya arus listrik yang masuk tersebut diubah secara cepat menjadi arus listrik atau di konversikan terlebih dahulu menjadi bentuk direct current (DC). Nah, daya DC inilah yang kemudian disalurkan kesemua komponen yang ada didalam chasing melalui sambungan kabel komputer agar dapat bekerja.

Umumnya power supply berbentuk persegi dan memiliki kipas di salah satu sisinya, kipas ini digunakan untuk membuang udara panas dari dalam chasing komputer serta memiliki sebuah port male yaitu port IEC 60320 dan berfungsi sebagai konektor arus antara sumber energi listrik luar menuju power supply.

Baca juga: PuTTY Adalah?

Jenis-Jenis Power Supply pada Komputer

Power supply dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya, yaitu Power Supply AT dan Power Supply ATX. Adapun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan sebagai berikut:

1. Power Supply AT
Power Supply AT digunakan pada komputer jenis lama atau komputer yang digunakan pada jaman dulu, misalnya pada tipe Pentium II dan Pentium III pada tahun 1997. Sehingga saat ini penggunaan Power Supply AT sudah tidak banyak ditemukan lagi didalam perangkat komputer terbaru. 
Pengertian Power Supply, Bagian Penting Komponen Komputer


Ciri-ciri power supply AT adalah:
  • Memiliki 8 - 12 terminal output yang terhubung pada bagian motherboard komputer
  • Memiliki kapasitas umum daya dibawah 250 watt
  • Mimiliki Tombol On dan Off yang terhubung langsung dengan chasing komputer, maka untuk mematikannya diperlukan cara manual shutdown komputer

2. Power Supply ATX
Power Supply ATX merupakan pembaruan dari jenis sebelumnya. Power supply ini memiliki desain yang lebih kompleks dengan sumber pasokan energi listrik lebih efisien dan power full dari segi optimalisasi.

Power Supply ATX sudah banyak ditemukan pada jenis komputer generasi terbaru dimana pengoperasiannya memakai software terinstall pada komputer tanpa perlu melakukan langkah cara manual. Untuk memudahkan penggunaannya Power Supply ATX juga dapat diatur kedalam beberapa mode seperti mode tidur, mode siaga dan mode saat komputer dimatikan. 
Pengertian Power Supply, Bagian Penting Komponen Komputer


Ciri-ciri power supply ATX adalah:
  • Memiliki 20 - 24 terminal output yank terhubung dengan motherboard
  • Menggunakan daya yang lebih besar
  • Power supply akan mati sepenuhnya ketika Komputer ter-shutdown

Komponen Power Supply

Dilihat dari pengertian power supply yang secara umum berfungsi sebagai komponen pengubah arus AC menjadi arus DC dan menyalurkan daya ke berbagai komponen komputer didalam chasing. Maka dibutuhkan beberapa komponen untuk membentuk tegangan listrik, diantaranya:

1. Transformator
Transformator merupakan bagian komponen power supply, berfungsi untuk memindai tenaga listrik antar dua rangkaian listrik atau lebih melalui induksi elektromagnetik kedalam suatu perangkat hardware

2. Dioda
Dioda adalah singkatan gabungan kata elektroda yaitu anoda dan katoda, yang bersifat menghantarkan arus pada tegangan maju dan menghambat arus pada aliran tegangan balik 

3. Kapasitor
Kapasitor berfungsi sebagai penghantar arus yang sempurna dari arus AC ke arus DC

4. Resistor
Resistor atau kontrol perangkat keras komponen motherboard dan berfungsi untuk membantu menurunkan, membagi dan membatasi tegangan arus listrik yang masuk kedalam power supply

5. IC regulator
IC regulator berfungsi sebagai kontrol tegangan pada rangkaian elektronika agar selalu tetap stabil

6. LED
LED atau sejenis diode semi konduktor yang istimewa terdapat pada power supply

Cara Kerja Power Supply

Ketika tombol On/ power komputer dinyalakan, maka power supply langsung melakukan pemeriksaan dan tes sebelum menjalankan sistem komputer. Proses tes dijalankan dengan baik, diteruskan dengan melakukan proses mengirim sinyal (power good) ke motherboard sebagai tanda sistem komputer siap untuk bekerja. 

Power supply juga mampu menjaga ke stabilitasi arus listrik pada berbagai komponen dan akan membagi daya sesuai dengan kapasitas yang diperlukan masing-masing komponen tersebut.

Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian power supply, bagian penting komponen komputer. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca Juga: