3 Software Simulasi Jaringan, dan Kegunaannya

views
3 Software Simulasi Jaringan, dan Kegunaannya

Software Simulasi Jaringan - Belajar jaringan komputer pada praktik dasarnya perlu menggunakan perangkat fisik seperti mikrotik-router, LAN, serta macam-macam jenisnya. Akan tetapi jika kamu tidak mempunyai itu semua kamu bisa mencoba software simulasi jaringan dalam membuat sebuah rangkaian jaringan seperti sama dengan menggunakan perangkat jaringan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Software simulasi jaringan diperuntukkan buat kamu yang senang merangkai sebuah jaringan komputer mulai dari IP (Internet Protocol), DNS (Domain Name System), sampai ke OSI layer dan topologi jaringan.

Jaringan memang sangat menarik untuk dipelajari, apalagi sekarang semua serba menggunakan jaringan. Namun sering kali kita kesulitan dalam mempelajarinya dikarenakan keterbatasan alat jaringan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, berbagai software simulasi jaringan kini sudah banyak tersedia yang memungkinkan kamu belajar mudah tanpa alat. Berikut software simulasi jaringan yang bisa kamu gunakan.


Software Simulasi Jaringan

Cisco Packet Tracer

Cisco packet tracer merupakan software simulasi untuk PC atau laptop yang dibuat dan dikembangkan oleh suatu perusahaan terkenal didalam bidang jaringan yaitu Cisco System untuk pelatihan. Packet Tracer ini mempunyai banyak tools, software ini biasanya digunakan dikalangan Sekolah Menengah Kejuruan untuk simulasi jaringan.


GNS3 (Graphic Network Simulator)

Graphic Network Simulator-3 disingkat menjadi GNS3 adalah software sumulator perangkat lunak jaringan perama kali dirilis pada tahun 2008, software ini memungkinkan kombinasi perangkat virtual dan nyata.

GNS3 mempunyai fungsi yang lebih lengkap dan simulasi yang lebih nyata berjalan sesuai paket data dibandingkan dengan Cisco Packet Tracer, contohnya apabila kita ingin menjalankan konfigurasi simulasi yang kita buat disini maka kita tinggal menginstall sistem operasinya saja.

GNS3 bisa digunakan untuk multi vendor, menjalankan Cisco, Juniper, Mikrotik dan bisa di integrasi dengan software virtual lainnya seperti Virtual Box dan VMWare dalam sekali running, sehingga kita bisa melakukan secara real server dan simulasi jaringan juga bisa di sambungkan ke jaringan asli (ISP).


Virtual Box

Oracle VM VirtualBox adalah software virtualisasi yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi tambahan didalam sistem operasi utama atau basis komputer.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh VM VirtualBox, kita dapat mengoperasikan banyak OS dalam satu server utama dan juga memungkinkan kita membuat jaringan komputer server untuk banyak PC.

Contoh misalnya. VirtualBox pada server utama menggunakan OS Windows server 2000, dibawahnya ada Windows 10, dibawahnya lagi ada Windows 8, dibawahnya lagi ada Windows paling lama Windows 7, dibawahnya lagi ada Linux dan semua OS bisa di jalankan bersamaan atau di matikan secara bersamaan. OS juga bisa di setup satu jaringan.


Kegunaannya

Secara keseluruhan kegunaan yang dihasilkan adalah sama, yaitu membangun sistem jaringan komputer untuk perangkat jaringan dan PC atau laptop.

Cisco Packet Tracer: digunakan untuk virtualisasi sistem jaringan cisco. Digunakan sebagai software latihan dan belajar Sekolah Menengah Kejuruan.

GNS3 (Graphic Network Simulator): digunakan untuk virtualisasi sistem jaringan komputer perangkat keras (hardware) layaknya sebuah jaringan dengan topologi asli.

Virtual Box: digunakan untuk virtualisasi membangun server dengan pengaplikasian PC server ke banyak sistem operasi turunan dan sistem jaringan online.

Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS