Pengertian UML (Unified Modeling Language)

Konten [Tampil]
Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang UML (Unified Modeling Language). Apakah Anda sudah tahu pengertian dan jenis-jenis diagram UML? Jika belum silahkan Anda simak artikel ini.

Apa itu UML? Berikut penjelasannya.

Pengertian UML

Unified Modeling Language (UML) dipakai untuk menggambarkan pemodelan sistem/ software dengan memakai tools yang ada. Pemodelan dengan memakai UML, rekayasa dan pengembangan perangkat dapat dilakukan dengan fokus pengembangan dan desain perangkat lunak terhadap :

  • Peninjauan umum bagaimana arsitektur sistem secara keseluruhan.
  • Menelaah objek-objek dalam sistem saling mengirimkan pesan (message) dan saling bekerjasama satu sama lain.
  • Menguji apakah sistem/ software sudah berfungsi seperti yang seharusnya.
  • Dokumentasi sistem/ software untuk keperluan tertentu dimasa yang akan datang.

Jenis-Jenis Diagram UML

Setiap sistem yang komplek seharusnya bisa dipandang dari sudut pandang yang berbeda-beda sehingga bisa dilakukan pemahaman secara menyeluruh. Dalam upaya tersebut, UML menyediakan 9 jenis diagram yang dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya yang statis ataupun dinamis, yakni :

  1. Use Case Diagram bersifat statis, mengambarkan himpunan use case dan aktor. Diagram ini sangat penting terutama untuk mengambarkan ataupun mengorganisasikan perilaku dari sistem yang dibutuhkan user.
  2. Class Diagram bersifat statis, tetapi sering pula memuat kelas aktif dan mengambarkan himpunan class, interface, kolaborasi, serta relasi.
  3. Statechart Diagram bersifat dinamis, yang memperlihatkan state dari sistem, memuat state, transisi, event, serta aktivitas. Penting untuk mengambarkan sifat dinamis dari antarmuka (interface), kelas, kolaborasi, terutama penting pada pemodelan sistem yang reaktif.
  4. Activity Diagram bersifat dinamis. Merupakan tipe khusus dari diagram state yang mengambarkan aliran dari suatu aktivitas ke aktivitas lainnya dalam suatu program.
  5. Sequence Diagram bersifat dinamis, yang mengambarkan pada pengiriman pesan (message) dalam waktu tertentu.
  6. Collaboration Diagram bersifat dinamis, yang mengambarkan organisasi struktural dari objek yang menerima serta mengirim pesan (message).
  7. Component Diagram bersifat statis, diagram ini berhubungan dengan digram class dimana komponen secara tipikal diletakkan ke dalam satu atau lebih class, antarmuka (interface) ataupun kolaborasi.
  8. Diagram Objek bersifat statis, mengambarkan objek-objek serta serta relasi-relasi antar-objek. Selain itu juga mengambarkan instansiasi statis dari segala sesuatu yang dijumpai pada diagram kelas.
  9. Depeloyment Diagram bersifat statis, diagram yang mengambarkan konfigurasi saat aplikasi dijalankan (run-time). Digram ini berguna saat aplikasi kita berlaku sebagai aplikasi yang dijalankan pada banyak mesin.

Baca Juga: Pengertian Activity Diagram : Tujuan, Simbol dan Contohnya.

Kesimpulan ;

Jadi Unified Modeling Language (UML) dipakai untuk menggambarkan pemodelan sistem/ software dengan memakai tools yang ada. Dengan pemodelan dengan memakai UML, rekayasa dan pengembangan perangkat dapat dilakukan dengan fokus pengembangan dan desain perangkat lunak. Itulah tadi Pengertian UML (Unified Modeling Language). Jika ada pertanyaan baik saran dan kritik Anda bisa berkomentar dibawah ini.


IG : ahmadansori_id
https://www.ansoriweb.com

Disclaimer:
Artikel ini dibuat oleh (Penulis tamu) :

👦 Ahmad Ansori
👉 Pelajar SMK yang sekarang sedang mencari inspirasi didunia blog.
💬 Segala materi yang ada di dalamnya bukan tanggung jawab dari komptik.id. Ingin menjadi penulis tamu di blog ini? Silakan kirim artikel melalui email komptikid@gmail.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Pengertian UML (Unified Modeling Language)"

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.


Tambahkan aplikasi Komptik. di smartphone tanpa install, buka Komptik. dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Komptik. dari layar utama smartphone Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel