Skip to main content

Pertanyaan Wawancara Pekerjaan Ilkom dan Jawabannya

Pertanyaan Wawancara Pekerjaan Ilkom dan Jawabannya



Sahabat iccelym, sering kali para pelamar pekerjaan dibidang IT mengalami kesulitan dalam menghadapi wawancara pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan pihak pewawancara seputar IT.

Namun pada umumnya hal terbaik mengenai wawancara pekerjaan mengenai ilmu komputer adalah bahwa pertanyaan teknisnya masih bisa tertebak. Baik, iccelym akan coba rangkum bocoran seputar pertanyaan yang biasa diajukan pihak pewawancara terhadap pelamar seputar IT jika sahabat melamar sebagai CS/ IT.

Cekidot.

Apa yang anda ketahui tentang model OSI?
OSI (Open Systems Interconnection) adalah model referensi untuk bagaimana aplikasi berkomunikasi melalui jaringan. Ini terdiri dari tujuh lapisan : Fisik, Aplikasi, Presentasi, Sesi, Transport, Jaringan dan Layer Data Link.

Apa yang anda ketahui tentang model TCP/ IP?
TCP/ IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol dan Internet Protocol yang digunakan dalam arsitektur internet saat ini. Di sini protocol adalah seperangkat aturan yang menjaga komunikasi melalui jaringan. Ini terdiri dari empat lapisan : Lapisan Akses Jaringan, Lapisan Internet, Lapisan Transport dan Lapisan Aplikasi.

Apa perbedaan antara perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi?
Perangkat lunak sistem adalah yang berfungsi mengatur sotem kerja komputer dan dapat mengatur perangkat lunak aplikasi sedangkan perangkat lunak aplikasi hanya mengatur aplikasinya sendiri dan dapat juga mengubah sistem sesuai izin dari perangkat lunak sistem.

Perbedaan antara router, modem dan switch?
Modem adalah perangkat yang membuat koneksi ke internet.
Router adalah “direktur lalu lintas” dari suatu jaringan. Dibutuhkan informasi yang disediakan oleh modem ke berbagai perangkat yang terhubung dan membuat alamat IP privat internal Network Address Translated (NAT).
Switch hanyalah perangkat yang menghubungkan banyak perangkat di jaringan yang sama.

Apa yang anda ketahui tentang internet dan world wide web?
Internet adalah jaringan besar – besaran jaringan, infrastruktur jaringan terdiri dari beberapa Wide Area Networks. World Wide Web atau web adalah cara mengakses informasi melalui media internet.

Apa perbedaan data informasi dan program?
Data adalah fakta mentah dan tidak terorganisir yang harus di proses untuk membuatnya bermakna. Informasi adalah sperangkat data yang diproses dengan cara yang bermakna sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Suatu program adalah serangkaian operasi yang dipesan khusus untuk dilakukan oleh komputer.

Apa itu bahasa pemrograman?
Bahasa pemrograman adalah seperangkat aturan tata bahasa untuk menginstruksikan komputer dan melakukan tugas tertentu sesuai data aplikasi.

Apa itu algoritma?
Algoritma adalah proses langkah demi langkah atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam operasi penyelesaian masalah oleh komputer.

Apa definisi sitem komputer?
Sistem komputer adalah kombinasi dari CPU, memori, PSU, RAM dan elektronik terkait semua perangkat perefiral yang terhubung dengannya dan sistem operasinya.

Apa komponen dasar dari sistem komputer?
Komponen dasar dari sistem komputer adalah Central Processing Unit (unit logika aritmatika dan unit kontrol), Memori (memori primer dan memori sekunder) dan perangkat Input dan perangkat Output.

Apa itu mikroprosesor?
Mikroprosesor adalah sirkuit terintegrasi yang berisi semua fungsi unit pemrosesan sentral komputer.

Apa yang anda ketahui tentang SDLC?
SDLC (Software Development Life Cycle) atau Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak adalah proses yang mengahasilkan perangkat lunak dengan kualitas tertinggi dan biaya terendah dalam waktu singkat. SDLC melibatkan beberapa tahapan berbeda termasuk perencanaan, desain, pembangunan, pengujian dan penyebaran.

Apa itu sistem managemen berbasis data atau DBMS?
DBMS adalah sistem untuk membuat dan mengelola basis data. Ini memberikan pengguna dan programmer dengan cara sistematis untuk membuat, mengambil, memperbaharui dan mengelola data.

Apa arti dari IDE?
Sebuah IDE (Integrated Development Environment) adalah alat berbasis GUI dirancang untuk membantu pengembang dalam membangun aplikasi software dengan lingkungan yang terintegrasi dikombinasikan dengan semua program dan perpustakaan yang diperlukan di tangan.

Apakah DNS server itu?
DNS (Domain Name Server) server adalah server name komputer yang terhubung ke DNS. DNS server ini lah yang betugas untuk mengatur software network khusus yang memetakan alamat IP yang berisi database network hostname.

Apakah Nameserver itu?
Nameserver sendiri merupakan nama yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu (server ini maksudnya adalah server dari provider penyedia atau tempat untuk menyewa hosting), biasanya nameserver ini ditulis dengan nama ns1.namaserver, ns2.namaserver dengan IP yang berbeda.


Pertanyaan-pertanyaan diatas sebagian besar ditanyakan selama wawancara kerja dengan developers, technical support, server admins, tutors, database managers and testers dan lain-lainnya.

BACA JUGA:

Help Me Plend: Jika Sahabat merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Sahabat bisa memberikan donasi melalui Paypal dan download Apk dekstop Komptik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar