9+ Contoh Marketing Tools Ini Bikin Ngonten kamu Hasilkan Cuan

views
9+ Contoh Marketing Tools Ini Bikin Ngonten kamu Hasilkan Cuan

KOMPTIK - Dalam era digital saat ini keberadaan digital merketing tools menjadi sangat penting bagi bisnis, salah satunya memangkas dana pemasaran yang terlalu besar. Untuk itu kita perlu mengetahui strategi dan contoh marketing tools yang banyak digunakan dalam melakukan pemasaran produk digital.

{tocify} $title={Table of Contents}

Namun sebelum memilih dan mengimplementasikan tools, penting bagi bisnis memahami tujuan dan strategi digital marketing yang akan dijalani. Tanpa pemahaman yang baik, bisnis tentu akan kesulitan dalam mengoptimalkan penggunaan tools dan mencapai tujuan bisnis kamu.

Contoh Marketing Tools

Contoh marketing tools atau digital marketing tools merupakan kumpulan berbagai elemen penting dalam dunia bisnis yang digunakan oleh perusahaan. {alertInfo}

Digital marketing tools ini digunakan untuk merancang (strategi bisnis) dan menjalankan kampanye pemasaran yang sukses guna mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Manfaat dan kegunaan tools digital marketing untuk produk maupun jasa sangatlah besar dalam mencapai berbagai tujuan bisnis.

Kamu dapat menemukan banyak marketing tools, baik yang gratis ataupun berbayar. Akan tetapi kamu dapat memulai dari 10 tools produk ini, yaitu:

1. Untuk Website dan Media

1. Google Analytics

Google Analytics membantu kamu melacak data penting terkait hal-hal seperti jumlah kunjungan ke situs atau toko online, halaman yang paling banyak dikunjungi, durasi setiap kunjungan, pengunjung dari beberapa negara, dan sebagainya.

2. Google Ads

Apa kamu sering melihat tautan situs berlabel “Ads” di halaman hasil pencarian Google? jika iya, label tersebut bisa kamu peroleh dari penggunaan Google Ads. Program ini membantu kamu mengiklankan toko, produk, atau jasa secara lebih detail dan luas sesuai dengan target ataupun anggaran kamu. Sistem Google Ads juga memberi jaminan kembalinya investasi (Return of Investment atau ROI) dengan lebih cepat karena kamu bisa langsung meraih target pemasaran yang tepat.

3. Facebook Ads

Bila kamu ingin iklan dengan target spesifik, Facebook Ads adalah jawabannya. Kamu bisa mengatur target iklan berdasarkan informasi spesifik seperti demografi calon konsumen, area pemasaran, format iklan, hingga durasi pasang iklan. Dalam Facebook Ads juga terdapat pilihan batas anggaran agar kamu bisa menyesuaikan dengan bujet. Mengatur iklan membuat kamu bisa membidik calon konsumen dengan identitas tertentu.

4. Twitter Ads

Twitter atau sekarang X Ads adalah layanan dari X for Business, akun khusus untuk kamu yang membutuhkan fitur ekstra untuk promosi. Dengan fitur ini, kamu bisa mempromosikan akun atau cuitan (termasuk video), demografi, hingga menganalisis data seperti impresi, cuitan favorit, serta jumlah pengikut. Cocok untuk kamu yang memang lebih sering aktif di X.

2. Untuk Media Sosial

1. Canva

Ingin membuat produk marketing tetapi tidak jago mendesain? Canva wajib jadi salah satu digital marketing tools pilihan kamu. Canva sangat cocok untuk penggunaan visual marketing dengan materi seperti postingan media sosial, banner/ brosur, sampul e-book, poster digital, dan sebagainya. Kamu dapat memilih di antara berbagai format desain yang tersedia kemudian memilih format teks, ilustrasi, foto, dan sebagainya.

2. Gamma App

Konsep Gamma App sama dengan Canva. Selain dapat membuat desain dengan template yang sudah ada, kamu juga bisa membuat e-book secara AI. Ini tambah memudahkan kamu untuk memvisualisasikan keinginan kamu.

3. Capcut

Capcut dapat membuat video dengan sangat mudah, tentu bisa disesuaikan dengan produk digital kamu. Capcut memberikan pilihan editing video dari gambar, audio, dan ilustrasi. Sangat cocok untuk menunjang marketing kamu.

4. Chat GPT

Siapa yang tidak tahu Chat GPT? Ya, banyak orang sudah tentu mengetahui marketing tools yang satu ini, Chat GPT mampu memvisualisasikan maupun mendeskripsikan kata kunci yang kita cari. Selain produk, hal yang perlu di sampaikan adalah deskripsi target marketing bisnis, cukup dengan menargetkan 1 kata kunci maka Chat GPT kan memperluas ide-ide kamu.

5. ManyChat

Setelah kebanjiran pesanan, kamu akan kerepotan dalam membalas semua chat yang masuk kedalam pesanan customer. ManyChat ini dapat digunakan untuk membalas semua chat customer kamu, dengan fungsi marketing tools auto replied and sent DM kepada Potential Customer. Semua chat akan dibalas sesuai antrian secara otomatis.

Walaupun terlihat banyak, marketing tools ini sudah meliputi unsur-unsur penting: perencanaan strategi, evaluasi, pelaporan, dan desain. Untuk lebih memberikan promosi yang optimal kamu bisa gunakan beberapa sosial media yang sudah ada dan populer.

1. Instagram, TikTok, X, Facebook

Media sosial yang banyak digunakan untuk menunjang performa marketing tools pada produk ataupun jasa bisa kamu gunakan dengan optimal. Instagram, TikTok, X, Facebook adalah media promosi populer yang pasti memberikan sebaran luas ke target pasar kamu.

Bagaimana Cara Belajar Tentang Marketing Tools?

Belajar tentang pemasaran digital serta beragam perangkat dari contoh marketing tools yakni suatu keharusan untuk calon pebisnis masa kini. Penasaran? Pilihlah satu atau beberapa pendalaman materi e-book khusus edisi “Cuan dari Digital Produk”. 

Cuan dari Digital Produk membantu kamu menggunakan tools digital marketing secara lebih optimal serta salah satu cara membuat kamu tambah cuan, dan bahkan bisa bersaing dengan produk yang sudah mapan. Gunakan alat-alat dan media yang tengah populer saat ini, dan lihat sendiri bagaimana hasilnya setelah kamu mencobanya secara rutin.

Referensi: www.sasanadigital.com dan www.greatnusa.com

Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS