Cara Simpel Membedakan Spam Email Gmail dalam Keseharian

views
Cara Simpel Membedakan Spam Email Gmail dalam Keseharian

KOMPTIK - Kata spam mungkin sering kamu dengar, apalagi jika berbicara mengenai aktivitas di dunia maya dan berbagai aplikasinya. Satu diantaranya yakni Spam Email Gmail, dimana aplikasi ini sering kamu gunakan di dalam keseharian baik itu mungkin untuk hal pekerjaan atau bahkan lainnya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Sekilas kamu pasti sudah mengetahui makna spam, akan tetapi benarkah kamu paham akan pengertian spam dan alasan eksistensinya terutama pada Gmail yang kamu gunakan?

Spam Email Gmail

Secara umum, pengertian spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain secara masal atau terus-menerus dengan menggunakan perangkat elektronik dalam jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Aktivitas ini disebut dengan spamming dan pelakunya dinamakan spammer.

Spam email Gmail yang dikirim oleh spammer ini berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan si penerima, namun pengirim tetap melakukannya dengan tujuan tertentu.

Untuk itu kamu pun harus jeli melihat pesan yang terkirim ke alamat email pribadi karena kegiatan spamming banyak dilakukan di internet dengan anggapan bahwa spam adalah cara mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu.

Mengapa Spam Merajalela?

Mengapa masih banyak yang melakukan kegiatan spamming d internet? Ada beberapa alasan para spammer melakukan spamming meskipun dapat merugikan orang lain. Salah satu alasan yang jelas untuk melakukan promosi barang lewat pesan elektronik komersial. Spam Email Gmail dirasa sangat tepat sasaran untuk media promosi yang pasti terbaca oleh penerima.

Selain itu, ada alasan yang mengacu pada penjelasan spam itu sendiri di keseharian dan beberapa tujuan diantaranya adalah:

1. Spam untuk tujuan promosi

Masih banyak pihak yang ingin memasarkan sesuatu dengan cara-cara yang tidak etis di internet, salah satunya yakni dengan mengirimkan spam kepada orang lain. Isi yang terdapat dalam email biasanya berupa penawaran barang atau jasa, dengan dalih promosi namun tidak menghasilkan keuntungan/ penjualan.

2. Spam untuk tujuan penipuan

Hal ini jelas, kebanyakan spam memang ditujukan untuk penipuan terhadap orang lain dengan media internet dan pesan text ataupun gambar baik itu SMS, email, dan media sosial. Modus penipuannya pun beragam, misalnya mengambil alih akun (phishing), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya.

3. Spam hanya sekedar iseng

Spam untuk maksud dan tujuan iseng merupakan bentuk yang cukup mengganggu bagi pengguna internet. Meskipun tidak bermaksud untuk melakukan tindak penipuan atau kejahatan lainnya, tetapi korban mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan jika korban merespon. Salah satu contoh tindakan spam iseng yakni kegiatan spamming dalam menyebarkan link website tertentu dibagian komentar blog orang lain atau mengirim pesan tanpa text kedalam email pribadi.

4. Spam gift card

Spam berupa gift card semacam ini telah menjadi tren pada beberapa tahun terakhir. Untuk meyakinkan korban, biasanya penipuan semacam ini mengatasnamakan sejumlah merek-merek dagang terkemuka seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

5. Spam penawaran investasi

Modus ini merupakan salah satu cara baru yang digunakan para spammer untuk mendapatkan dengan cara tak seharusnya. Pelaku akan mengirimkan pesan berisi penawaran investasi dengan membawa perusahaan tertentu. Dengan cara ini tentu pelaku akan mendapatkan pemasukan dari target investasi bodong.

Tips Mengatasi E-mail Spam di Gmail

Untuk mengatasi pesan yang masuk kedalam Gmail perlu dilakukan tindakan segera. Berikut ini beberapa tips memblokir Spam Email Gmail.
  • Terapkan filter spam: Cara ini bisa dilakukan agar tidak repot menghapus email spam satu per satu
  • Tandai sebagai spam: Apabila kamu menerima email spam pada kotak masuk, tandai email tersebut sebagai spam
  • Tambahkan ekstensi: Tambahkan aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk menjaring pesan spam antara provider dan penerima email
  • Hapus spam email: Setelah menandai dan memblokir, kamu juga bisa menghapus seluruh spam email yang telah terlanjur masuk ke inbox
  • Menggunakan email sementara (temporary email): Selain langsung memblokir atau menghapusnya, kamu dapat menghindari menerima email spam dari situs tertentu dengan cara membuat email sementara di situs temporary email seperti tempmailo.com
  • Jangan lupa untuk unsubscribe dan report

Kesimpulan

Sedikit ulasan spam email gmail ini ditujukan untuk selalu berhati-hati dalam menerima maupum mengirim pesan. Sebab penggunaan teknologi digital memang datang dengan resikonya termasuk spam, spam akan merugikan baik data pribadi, waktu, dan uang kamu.

Jangan mudah untuk klik link yang dikirim dengan asal atau godaan lain yang mungkin tidak masuk akal. Nyatanya, akun email adalah akun yang paling sering mendapatkan pesan spam.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS