Apa itu Cloud Hosting dan VPS? Berikut ini Perbedaan Keduanya

views
perbedaan Cloud Hosting dan VPS

KOMPTIK - Berbicara mengenai layanan hosting, terdapat berbagai pilihan yang tersedia mulai dari shared hosting, dedicated server, termasuk Cloud Hosting dan VPS. Lalu, apa perbedaan Cloud Hosting dan VPS? Berikut ini penjelasan singkat dari kedua jenis layanan hosting tersebut.

{tocify} $title={Table of Contents}

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS

Sebelum membahas perbedaan Cloud Hosting dan VPS, ada baiknya kenali terlebih dahulu definisi dari kedua paket tersebut.

1. VPS (Virtual Private Servers)

Dalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa VPS merupakan suatu server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual, dimana VPS digunakan secara pribadi dan keseluruhan sumber dayanya cuma digunakan oleh satu user dengan kapasitas yang lebih kecil.

Jadi, VPS dapat kamu gunakan secara bebas slotnya sesuai dengan kebutuhan website. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus memiliki keahlian teknis agar dapat menggunakan hosting VPS secara maksimal.

Ibarat tempat tinggal, VPS merupakan rumah kontrakan. Dimana layaknya rumah yang ditempati, kamu bisa bebas mendekorasi rumah dan menaruh furnitur di sana sesuai keinginan.

2. Cloud Hosting

Pada dasarnya, cara kerja Cloud Hosting mirip dengan VPS. Akan tetapi, Cloud Hosting memiliki sistem borongan atau bekerja sekaligus dengan beberapa server virtual.

Ibarat tempat tinggal, Cloud Hosting adalah apartemen. Umumnya, apartemen telah dikelola dengan baik dan juga sudah dilengkapi dengan berbagai furnitur. Maka, kamu tinggal menggunakannya saja.
Jadi, tidak harus mempunyai keahlian khusus untuk dapat memakai cloud server hosting. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu repot memikirkan berbagai opsi pengaturan yang berlaku.

Klik di sini untuk melihat contoh penyedia layanan Cloud Hosting bulanan. Ini salah satu perusahaan penyedia layanan hosting di Indonesia.

Cloud Hosting dan VPS Bagus Mana?

Setelah mengetahui definisi singkat Cloud Hosting dan VPS, selanjutnya agar kamu dapat memutuskan jenis hosting apa yang perlu dipilih, ketahui lebih dalam apa saja perbedaan Cloud Hosting dan VPS disini.

Berikut perbedaan yang bisa menjadi acuan sebelum kamu memilih layanan hosting yang tepat untuk website.

1. Kapasitas

Pada Cloud Hosting dan VPS, terbilang sama-sama memiliki pengurangan dan penambahan kapasitas yang dapat dilakukan dengan cepat. Hanya saja VPS menggunakan spesifikasi hardware lebih besar seperti RAM, sistem operasi, sampai disk space serta terdapat dua scaling yakni horizontal scaling dan vertical scaling. Sedangkan layanan hosting berbasis Cloud mampu melakukan proses upgrade website dengan mudah sehingga kemungkinan kecil untuk mengalami down.

Note: Horizontal scaling yaitu penambahan jumlah layanan VPS. Sedangkan vertical scaling yaitu penambahan kapasitas dari segi spesifikasi server.

2. Kustomisasi

Dari segi kustomisasi, VPS dapat dikustomisasi pengguna dengan sangat efisien menggunakan akses root ke server VPS. Namun kustomisasi ini perlu menguasai bahasa pemrograman serta berbagai keahlian teknis lainnya.

Berbeda dengan VPS, Cloud Hosting tidak mempunyai opsi kustomisasi dikarenakan semua konfigurasi server telah dilakukan oleh penyedia jasa Cloud Hosting. Konfigurasi server beserta kustomisasinya telah diatur secara penuh oleh penyedia hosting sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengurus berbagai hal teknis dan dapat lebih fokus pada pengelolaan usaha.

3. Keamanan

Dari segi keamanan, VPS jauh terbilang aman dibanding dengan Cloud. Hanya saja, tingkat keamanan yang ditawarkan tergantung dari keahlian dan pengetahuan pengguna mengenai keamanan website terhadap VPS yang digunakan. Disisi lain, Cloud Hosting juga tidak kalah dalam segi keamanan. Dengan mempercayakan layanan hosting yang kamu pilih, kamu tidak perlu melakukan apapun dan tidak harus memiliki keahlian teknis untuk menjamin keamanan website.

4. Performa

Dari segi performa, VPS menawarkan performa yang tinggi dibanding Cloud. Hanya saja, karena VPS bersifat self-managed, jadi performa sebenarnya ada pada pemahaman dan konfigurasi yang dilakukan pengguna.

Untuk Cloud Hosting memang dibawah performa dari VPS namun tetap tinggi dan hal lainnya adalah kamu tidak perlu repot-repot membuat performa menjadi maksimal jadi kecil kemungkinan untuk mengalami down. Ini juga merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan Cloud Hosting.

5. Harga

Dari segi harga, Cloud Hosting lebih murah dibanding dengan VPS. Namun, untuk layanan Cloud Hosting paket tertinggi yang ada pada provider biasanya memiliki harga selisih tipis dengan harga sewa VPS.

Untuk harga Cloud Hosting yang pasti lebih murah jika dibandingkan dengan layanan VPS Hosting.

Perusahaan Penyedia Layanan Hosting di Indonesia

Sekarang waktunya untuk menentukan pilihan, bagus mana antara Cloud Hosting dan VPS untuk website kamu?

Jawabnya disesuaikan kembali dengan kebutuhan masing-masing, misalnya saja pemilik website dengan trafik besar serta paham managed bisa memilih layanan VPS dan sementara jika pengunjung situs tidak terlalu besar, maka memilih layanan cloud hosting merupakan hal yang bijak.

Nah, itu dia beberapa perbedaan Cloud Hosting dan VPS yang patut kamu ketahui. Dengan memahami perbedaan kedua jenis hosting tersebut, kamu bisa memilih hosting yang paling tepat untuk website dan bisnismu.

Untuk kamu yang masih belum menemukan layanan Cloud Hosting Indonesia yang bagus, kamu bisa mencoba layanan hosting dari Qwords.

Qwords memberikan pengetahuan apa saja yang kamu butuhkan dengan panduan manual lengkap, layanan 24 jam support tim teknikal dan jaminan keamanan berstandar & berkelanjutan. Miliki rekomendasi layanan VPS Murah dengan diskon mencapai 60% dari harga awal Rp. 135.000/ bulan menjadi Rp. 75.000/ bulan saja.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS