6 Jenis Software Manufaktur yang Bisa Digunakan untuk Bisnis Anda

views
6 Jenis Software Manufaktur yang Bisa Digunakan untuk Bisnis Anda
Gambar: RedERP.co.id

Kita semua pasti tahu bahwa perusahaan yang bergerak di industri manufaktur, memerlukan jumlah sumber daya yang besar. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan karena industri manufaktur dikenal dengan industri yang rumit dan alat-alat yang berat.

{tocify} $title={Table of Contents}

Tapi, tahukah Anda saat ini industri manufaktur pun bisa menyederhanakan proses operasionalnya dengan bantuan teknologi. Dengan bantuan teknologi, industri manufaktur bisa melakukan audit apa saja kegiatan yang bisa disederhanakan dan bagaimana membuatnya semakin efektif dan efisien.

Teknologi yang sedang kita bicarakan ini adalah software manufaktur. Untuk membantu Anda lebih mengenal kehebatan software ini, mari simak artikel berikut ini!

Apa Itu Software Manufaktur?

Software manufaktur adalah perangkat lunak yang dibuat dalam rangka mengotomatisasi kegiatan operasional dalam industri manufaktur.

Kegiatan operasional di sini adalah perencanaan produksi, pengecekan persediaan, alokasi sumber daya, delegasi tugas, serta mengatur rute produksi.

Dengan software ini, seluruh proses operasional pun akan diintegrasikan menjadi satu kesatuan sehingga prosesnya akan jauh lebih sederhana dan mudah. Selain itu, perusahaan pun akan mendapatkan gambaran yang jelas dan real time melalui sistem terpadu.

Walau namanya software manufaktur, nyatanya seluruh industri bisa menggunakan software ini. Baik itu skala perusahaan besar yang sudah lama berdiri atau juga yang sedang berkembang, akan cocok menggunakan software ini.

Jenis-jenis Software Manufaktur

Software manufaktur sendiri memiliki beberapa jenis, berikut ini penjelasannya:

1. Software Desain

Software ini memiliki kegunaan dalam merancang dan mendesain produk, yang nantinya akan dipasarkan kepada konsumen.

Secara umum perusahaan akan menggunakan software desain yang sudah terintegrasi dengan mesin produksi, sehingga hasilnya lebih optimal.

2. Software Akuntansi

Perangkat lunak satu ini punya peran untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan dan akuntansi perusahaan.

Baik itu perekaman kegiatan transaksi, pengelolaan keuangan, sampai pembuatan laporan keuangan. Semua bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat dengan alat ini.

3. Software Human Resource

Industri manufaktur juga perlu untuk mengelola karyawan mereka dengan baik dan optimal. Hal ini penting untuk menghasilkan produk yang berkualitas serta sumber daya yang produktivitas.

Semua pekerjaan pengelolaan karyawan dapat dilakukan lebih mudah dengan memanfaatkan bantuan dari software human resource. Di mana nantinya software ini akan membantu pekerjaan HR dalam mencatat absen, mengatur jadwal shift, sampai perhitungan penggajian.

4. Software Inventory

Mengelola persediaan menjadi tugas yang rumit, tapi semenjak kehadiran software inventory management, pengelolaan persediaan barang bisa menjadi lebih sederhana.

Dengan software ini, karyawan bisa melakukan manajemen stok, mulai dari mengelompokkan, mendata, sampai mengendalikan barang yang dibutuhkan dengan mudah.

Software ini juga bisa melakukan prediksi stok barang di masa yang akan datang.

5. Equipment Software

Software satu ini berkaitan dengan kegiatan pengelolaan alat-alat yang berkaitan dengan proses produksi. Adanya software ini akan membantu perusahaan untuk menghemat waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi. Ini karena seluruh proses telah dilakukan secara otomatis.

Hasilnya, proses produksi pun bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

6. Software Supply Chain Management

Kegiatan pengelolaan supply chain adalah bagian terpenting dalam industri manufaktur.

Sekarang kegiatan tersebut bisa dikerjakan lebih ringan dengan bantuan software supply chain management. Anda dapat mengelola rantai pasok dari hulu ke hilir, dari proses produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan konsumen dengan mudah.

Semua proses tersebut akan dilakukan secara otomatis, sehingga dapat mengurangi kesalahan data yang dapat menghambat proses.

Nah, itulah dia pengertian software manufaktur dan jenis-jenis yang ada di dalamnya. Semoga artikel ini menambah pengetahuan Anda.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts

Belanja di Shopee

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS