Lengkap! Harga Service Touchpad Laptop dan 9 Perangkat Lain

views
Lengkap! Harga Service Touchpad Laptop dan 9 Perangkat Lain

KOMPTIK - Touchpad pada laptop menjadi bagian terpenting dalam menunjang pekerjaan, pasalnya jika bagian ini rusak tentu aktivitas seperti klik dan mengarahkan ke tampilan layar menjadi terganggu. Hal inilah yang menjadi dasar banyak orang mencari Harga Service Touchpad Laptop di daerah masing-masing.

{tocify} $title={Table of Contents}

Ya, jika dilihat dari fungsinya laptop memang sangat bermanfaat dalam menunjang pekerjaan secara digital. Namun dibalik itu semua, ternyata laptop memiliki tingkat kerusakan yang sangat tinggi dibandingkan komputer. Tidak hanya pada touchpad, tingkat kerusakan pada laptop terbagi menjadi jenis ringan hingga berat.

Harga Service Touchpad Laptop

Buat kamu yang saat ini mengalami touchpad rusak atau bermasalah namun bingung harus menyediakan kisaran budgetnya sebagai ongkos perbaikan. Jangan khawatir, berikut ini rangkuman harga service touchpad laptop serta berbagai macam biaya komponen perangkat baik itu untuk pergantian hardware maupun perbaikan software berbagai merek seperti Asus, Acer, Lenovo, Dell, MSI, Toshiba, Samsung, HP dan sebagainya.

Jenis Kerusakan

Jenis Service

Rata-Rata Biaya

Sistem

Install Ulang

50 ribu

Keyboard

Ganti Keyboard

300 – 400 ribu

Touchpad

Ganti Touchpad

200 – 400 ribu

BIOS Corrupt

Flash BIOS

100 – 200 ribu

RAM

Ganti RAM

350 ribu (Atau lebih)

Harddisk

Ganti Harddisk

450 – 650 ribu

Layar

Ganti LCD

800 – 1.5 juta

Layar sering berkedip

Ganti Fleksibel

200 ribu – 450 ribu

Speaker tidak berfungsi

Perbaiki/ Ganti speaker

100 – 350 (Atau lebih)

DVD Susah Terbaca

Ganti DVD Drive

180 ribu

Baterai Rusak

Ganti Baterai

205 – 500 ribu

Motherboard Rusak

Perbaiki/ Ganti Motherboard

200 ribu – 3 juta

Engsel Longgar

Ganti Engsel

100 – 200 ribu

Kipas berisik

Ganti kipas

100 – 150 ribu

Processor Panas

Ganti Thermal Paste

100 – 150 ribu


Daftar Biaya Servis Laptop Lengkap

Mengingat laptop mempunyai struktur kompleks sehingga kamu butuh teknisi ahli dalam mengatasi tingkat kerusakan dan beberapa komponen yang terkait harga service touchpad laptop lengkap.

1.  Harga ganti keyboard laptop

Keyboard merupakan salah satu komponen laptop yang sangat bermanfaat untuk menunjang produktivitas depan layar. Dengan fungsionalitasnya yang tidak terbatas ini, sering kali keyboard mengalami kerusakan. Beberapa masalah yang biasa terjadi pada keyboard yaitu sebagian huruf tidak berfungsi, terkunci, fleksibel rusak, atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Harga ganti keyboard laptop bisa dibilang cukup mahal, yaitu dikisaran angka antara 100 ribu sampai dengan 400 ribuan (sudah termasuk jasa pemasangan).

Tetapi harga tersebut juga tergantung dari harga dan kualitas keyboard yang kamu pilih. Semakin tinggi harga keyboard, terkadang biaya servisnya juga lebih tinggi dari rata-rata. Namun sebelum kamu memutuskan ganti keyboard laptop, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu kondisi dan tipe yang sesuai dengan laptop.

2. Harga ganti touchpad

Ketika kamu tidak bisa menggerakkan kursor dengan touchpad atau mungkin kursor bergerak secara sendiri saat melakukan aktivitas di depan layar laptop, maka dapat dipastikan jika touchpad kamu bermasalah. Mungkin saja penyebabnya ada pada driver yang belum terinstall, kabel touchpad tidak tersambung dengan benar di motherboard atau bahkan komponen touchpad sudah rusak.

Lantas berapa harga servis touchpad laptop jika kerusakannya hanya bersifat ringan? Tentunya tidak terlalu mahal, kamu hanya perlu mengeluarkan kisaran harga 50 ribu sampai 100 ribuan. Namun sebaliknya jika masalah ini terjadi pada komponennya, maka kamu harus menyiapkan biaya kurang lebih 200 ribu – 400 ribu lebih. Akan tetapi, sebelum kamu melakukan servis ada baiknya periksa dahulu kunci dari touchpad. Terkadang fitur ini aktif secara tidak sengaja atau bisa saja pengguna lupa mengembalikan konfigurasi seperti awal.

Melalui fitur Windows 10, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  • Pertama, klik Start menu pada Taskbar Windows
  • Kedua, lanjutkan dengan ketik dan klik Settings - pilih Device - lalu klik tab Touchpad
  • Ketiga, geser toggle “Touchpad” dari Off menjadi On
  • Terakhir, pastikan pada bagian “Leave Touchpad on when a mouse is connected” sudah tercentang
  • Selesai.

3. Harga ganti layar LCD Laptop

Layar laptop yang rusak dapat ditandai dengan beberapa hal, mulai dari melihat layar secara fisik (ada goresan atau tidaknya), layar tidak menampilkan gambar dan mungkin hanya berwarna putih abu-abu bergaris ketika dinyalakan. Jika kamu melihat tanda-tanda tersebut pada laptop, sebaiknya lakukan pergantian unit LCD baru.

Untuk membeli pergantian sebuah LCD baru, kamu perlu menyiapkan sekitar 700 ribu hingga 1,5 jutaan. Harga ini juga bergantung spesifikasi laptop, semakin tinggi kualitas layarnya tentu harganya semakin mahal pula.

4. Harga ganti kabel fleksibel layar

Error yang terjadi pada layar laptop tidak selalu disebabkan komponen layar yang sudah rusak, mungkin ini bisa saja karena kabel fleksibel rusak. Kabel fleksibel merupakan satu penghubung antara GPU yang ada pada motherboard dengan LED layar laptop. Ketika kabel ini rusak/ tidak terpasang dengan benar, kemungkinan layar laptop akan muncul garis dan terjadi kedip hingga tidak muncul gambar sama sekali.

Pergantian kabel fleksibel layar memiliki harga yang bervariasi, yaitu antara 150 ribu hingga 400 ribuan. Namun penggantian kabel fleksibel ini hanya dapat dilakukan pada tipe laptop yang kabelnya tidak satu dengan layar.

5. Harga mengganti Speaker Laptop

Speaker laptop yang telah mengalami kerusakan dapat kita ketahui dengan tanda berikut, di antaranya yaitu speaker mengeluarkan suara bising saat laptop digunakan, agak kresek sember, dan tidak mengeluarkan suara sama sekali. Masalah ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal seperti driver error, kabel putus, atau mungkin komponennya yang sudah rusak akibat lamanya pemakaian. Untuk biaya servis memperbaiki speaker laptop sekitar 100 ribu – 200 ribuan, harga ini bergantung pada komponen yang diganti dan bisa saja mencapai hingga 300 ribuan atau lebih.

6. Harga mengganti DVD rusak

DVD drive yang susah terbaca mungkin saja mengalami kerusakan, hal ini bisa saja terjadi ketika pemakaiannya sudah lebih dari 2 tahun. Apalagi laptop sering digunakan untuk membaca atau burning CD dan salah satu alasan mengapa DVD rusak yaitu karena optik sudah lemah, tentunya komponen tersebut harus diganti. Untuk mengganti sebuah DVD yaitu sekitar antara 180 – 300 ribuan (sudah termasuk jasa pemasangan).

7. Harga mengganti Thermal Paste laptop

Thermal paste atau pasta termal merupakan salah satu komponen penting dalam laptop, dimana pasta thermal memiliki tugas untuk menghantarkan panas dari CPU ke fan. Tujuannya yaitu menjaga suhu CPU agar tetap stabil ketika kamu menggunakan laptop dalam beraktivitas. Mengganti pasta thermal merupakan suatu hal yang wajib dilakukan dalam jangka waktu tertentu, setidaknya 1 tahun sekali. Jika pasta thermal tidak diganti, laptop akan sering mengalami overheat.

Biaya servis untuk mengganti pasta thermal laptop ini berkisar antara 100 – 150 ribuan dan sudah termasuk jasa pemasangan. Namun jika kamu ingin melakukannya sendiri, cukup hanya 100 ribuan untuk harga pasta thermalnya.

8. Harga ganti RAM laptop

Ketika laptop sudah sering mengalami bluescreen “memory error” atau layar hanya menampilkan warna gelap saat dinyalakan, maka dapat dipastikan RAM laptop sedang bermasalah. Harga ganti RAM laptop sangat beragam antara 250 – 800 ribuan atau bahkan mencapai jutaan. Biaya ini juga tergantung dari jenis RAM, tipe, kecepatan, serta kapasitasnya. Semakin tinggi kualitas RAM yang kamu gunakan pada laptop, maka semakin mahal juga harganya.

9. Harga ganti hard disk rusak

Ada dua faktor yang mengharuskan laptop dilakukan servis atau ganti hard disk, yaitu terdapat bad sector pada HDD dan juga komponen hard disk sudah rusak. Kisaran harga untuk servis HDD antara 50 ribu sampai dengan 150 ribuan dengan risiko data terhapus. Sedangkan tarif harga penggantian HDD baru, antara 320 hingga 800 ribuan. Biaya tersebut tergantung dari kapasitas dan merek hard disk yang disesuaikan dengan laptop kamu.

Tips Memilih Jasa Service Laptop Terpercaya

Saat akan atau sebelum kamu mempercayakan perbaikan laptop, jangan sembarangan memilih jasa service. Perhatikan parameter, harga service touchpad laptop dan hal lain berikut ini sebagai tolak ukur untuk memilih pelayanan service.

Tempat Terpercaya

Sekarang sudah semakin banyak jasa service laptop, tetapi usahakan untuk memilih tempat yang terpercaya dan legal. Jika perlu pilihlah tempat service yang populer serta dipercaya oleh banyak orang.

Harga Terjangkau

Terkait harga juga harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai setelah selesai diperbaiki kamu kaget dengan tarif yang harus dibayarkan. Pastikan terlebih dahulu estimasi acuan harga yang dibutuhkan sebelum diperbaiki oleh teknisi.

Teknisi Berpengalaman

Dengan memilih tempat servis yang tepat, biasanya sudah satu paket dengan teknisi yang berpengalaman dan profesional. Karena sudah terbiasa mengatasi berbagai masalah kerusakan pada laptop/ komputer, masalah laptop pun bisa cepat ditangani.

Garansi Perbaikan

Jasa service yang baik tentu memberikan garansi untuk para customer sebagai jaminan atas layanan yang diberikan. Garansi perbaikan diberikan dalam jangka waktu tertentu, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jasa Service Panggilan Laptop/ Komputer

Sekarang untuk memperbaiki kerusakan laptop, kamu dapat menggunakan jasa service panggilan. Untuk harga service touchpad laptop dan tarif jasa panggilan biasanya memang lebih tinggi karena teknisi harus datang langsung ke rumah kamu sehingga ada biaya transport.

Untuk jasa servis panggilan menjadi opsi terbaik sebab aktivitas yang padat. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot membawa laptop, komputer, CPU, dan komponen lain ke tempat service.

Namun sebelumnya harus kamu pastikan terlebih dahulu terkait dengan estimasi tarif atau harga yang dikeluarkan. Misalnya jika kamu ingin memperbaiki komputer dan printer, tanyakan terlebih dahulu daftar harga service komputer dan printer yang akan kerumah.

Penutup

Sebagai perangkat pendukung aktivitas kerja keseharian laptop sangat bisa terjadi kerusakan baik komponen hardware maupun software. Semoga harga service touchpad laptop dapat menambah referensi kamu dalam menentukan tipe dan komponen kerusakannya.
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS