9 Aplikasi Pembuat Flowchart Online untuk Permudah Pekerjaan

views
9 Aplikasi Pembuat Flowchart Online untuk Permudah Pekerjaan

KOMPTIK - Ketika kamu membangun ide, alur kerja sebuah teknik ataupun desain proyek, keberadaan Aplikasi Pembuat Flowchart Online akan sangat membantu proses penyederhanaan pekerjaan. Aplikasi ini, tentunya dapat membantu untuk mengesploitasi kreativitas kinerja dan bisnis kamu, tetapi juga kemungkinan biayanya jauh lebih murah dibandingkan penggunaan whiteboard.

{tocify} $title={Table of Contents}

Memang tidak semua aplikasi pembuat flowchart memiliki kualitas sama, akan tetapi yang terbaik semuanya memiliki fitur inti sama, seperti template dasar maupun objek yang telah ditentukan sebelumnya.

Aplikasi Pembuat Flowchart Online

Aplikasi pembuat flowchart online adalah alat yang sangat baik secara eksplisit untuk pengembang dan desainer perancang bisnis diagram tanpa banyak usaha. Untuk membantu kamu membuat diagram teknis yang eksplisit, artikel ini sudah merangkum 9 aplikasi untuk membuat flowchart. Yuk, simak pembahasannya berikut.

1. Zen Flowchart

Zen Flowchart adalah aplikasi online yang sangat mudah digunakan baik untuk pemula dan expert.

Interfacenya simpel dan sangat mudah membuat kamu tidak perlu belajar dalam waktu yang lama. Selain itu, halaman untuk membuat flowchart juga luas, bersih, dan cukup hanya dengan drag and drop serta 'klik-klik' saja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pembuatan bagan alur atau flowchart akan jauh lebih cepat, dimana kamu pun bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur lengkap. Zen Flowchart juga tersedia untuk kebutuhan profesional dengan harga USD 5,9 per bulan, kamu bisa mendapatkannya langsung pada website www.zenflowchart.com.

2. GitMind

GitMind merupakan situs gratis untuk membuat flowchart, diagram UML, struktur organisasi, atau chart lainnya. GitMind menyediakan template untuk memudahkan pembuatan bagan alur, kamu bisa memanfaatkan secara gratis disana.

Dengan tampilan yang bersih, membuat GitMind bisa dengan cepat kamu pelajari dan dipahami. Fitur drag and drop tersedia, sehingga mudah dan dapat dengan cepat pula menyelesaikan pekerjaan.

Kamu juga bisa share ke tim untuk melihat flowchart yang telah dibuat. Namun, sebelumnya untuk jangan lupa mengatur password agar flowchart tidak bisa diubah selain kamu. GitMind bisa kamu unduh di website gitmind.com.

3. Lucidchart

Lucidchart merupakan aplikasi pembuat flowchart online premium yang sangat populer. Tidak hanya menawarkan tool pembuat flowchart, Lucidchart juga memiliki banyak fitur handal lainnya.

Bahkan banyak dari perusahaan mengambil tool ini untuk membuat bagan alur sebuah proses. Misalnya: membuat alur proses kegiatan bisnis, membuat alur peta data, serta masih banyak lagi.

Meskipun banyak fitur premium, aplikasi online ini juga tetap menyediakan versi gratis di samping versi premium (Individual, Team, & Enterprise) yang dapat kamu gunakan di website www.lucidchart.com.

4. Creately

Creately merupakan aplikasi untuk membuat flowchart online yang memiliki beragam kegunaan lainnya. Selain membuat flowchart, di Creately kamu juga bisa membuat beragam diagram hingga map atau peta.

Karena aplikasi ini online, sehingga mudah bagi kamu mengakses dengan browser di tab ataupun smartphone. Tentunya akan sangat memudahkan karena tidak perlu membawa laptop.

Tersedia juga fitur template, dengan fitur tersebut kamu bisa mencoba untuk mengedit flowchart. Creately ini memiliki beberapa paket gratis dan berbayar yang bisa kamu dapatkan di website creately.com.

Berikut rincian harga yang ditawarkannya: Free ($0), Personal ($3,25), Team ($2,75/user), dan Enterprise ($15/user). Jika kamu membutuhkannya untuk hal komersil, maka berbayar Team dan Enterprise pun tidak akan masalah.

5. Visme

Visme bisa dibilang adalah aplikasi serbaguna. Sebab, banyak tool lain yang sangat dibutuhkan selain hanya membuat flowchart online.

Di Visme, kamu juga bisa membuat peta jalan dengan keterangan seperti provinsi atau wilayah, maupun sejenisnya. Bahkan tampilan map setelah jadi dapat berupa peta interaktif.

Selain itu, terdapat juga template untuk presentasi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan kamu, apalagi jika diminta untuk menjelaskan flowchart yang telah kamu buat.

Untuk dapat mengakses Visme kamu bisa langsung kunjungi websitenya di www.visme.co.

6. Smartdraw

Aplikasi Smartdraw ini bisa dibilang mirip sekali dengan tampilan Microsoft Visio dalam mengerjakan alur flowchart. Dengan demikian, Smartdraw menjadi aplikasi pembuat flowchart online paling powerful.

Meskipun begitu, Smartdraw tetap lebih mudah digunakan jika disejejarkan dengan Ms. Visio. Dengan penambahan fitur-fitur pendukung yang siap digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Kamu bisa mencobanya secara gratis sebagai akun trial dengan mengakses website www.smartdraw.com. Setelahnya, jika dirasa nyaman kamu bisa membeli dengan lisensi single user ataupun multiple user. Hal itu tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna, untuk komersil atau untuk menyelesaikan tugas dari dosen/ guru.

7. Draw.io

Aplikasi pembuat flowchart online gratis ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang tidak ingin menggunakan aplikasi berbayar. Yups, aplikasi ini sangat aman dan gratis 100%.

Pertama, jika ingin membuat flowchart atau diagram, pilih tempat penyimpanannya terlebih dahulu. Pilihan diantaranya adalah Device pernagkat, Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan GitHub.

Selanjutnya kamu bisa membuat bagan alur dari nol atau dengan menggunakan template yang telah tersedia. Jika kamu menemukan template mirip dengan flowchart yang akan dibuat, maka disarankan pakai template tersebut agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat. Untuk yang ingin mencobanya dapat langsung ke website app.diagrams.net atau unduh www.diagrams.net.

8. Google Drawings

Google Drawings merupakan aplikasi rekomendasi yang full gratis. Kamu pasti memiliki akun Google bukan? Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tool Google (docs.google.com/drawings) yang satu ini.

Di Google Drawings, kamu bisa memasukkan bentuk umum yang paling sederhana dan banyak digunakan dalam flowchart. Misalnya seperti persegi, persegi panjang, panah, jajar genjang, belah ketupat, dan lain sebagainya.

Karena Google Drawings juga bagian dari Google Drive, maka kamu bisa membagikan hasil flowchart ke rekan-rekanmu dengan cara yang sangat mudah yaitu cukup berikan akses ke mereka.

9. Microsoft Visio

Microsoft Visio merupakan alat yang popular untuk membuat diagram alur, bagan organisasi, diagram, denah rumah (floor plan) desain teknik, serta masih banyak lagi. Aplikasi ini sudah sangat terkenal sehingga memungkinkan anggota tim untuk bisa mengerjakan diagram secara bersamaan.

Kamu dapat singkronisasikan flowchart dan diagram yang kamu buat ke data real-time maka perubahan apapun yang terjadi dalam data yang mendasarinya akan terlihat melalui pemformatan bentuk yang diterapkan. Versi web Microsoft Visio bisa digunakan di browser apapun dan atau di mana saja.

Pada bagian kegunaan dan fitur, Ms. Visio mempunyai pilihan diagram dan tampilan template grafik yang bervariasi. Tentu saja ini akan sangat berguna bagi pengguna mereka karena memiliki banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan setiap kebutuhan yang unik dan berbeda.

Akhir Kata

Aplikasi pembuat flowchart online untuk permudah pekerjaan yang direkomendasikan di atas diharapkan bisa membantu kamu memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Berbayar ataupun gratis, semua tersedia. Kamu juga bisa bandingkan atau mungkin mencoba dahulu sebelum akhirnya memutuskan aplikasi yang akan di pilih. Kamu tidak perlu bingung-bingung lagi, bukan?
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

App Intellifluence

I'm inviting you to join Intellifluence with me and get paid to do influencer reviews.

g00!




You may like these posts


Seedbacklink

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS