3 Perbedaan Octa Core dan Snapdragon Pada Sebuah Hp Pintar

3 Perbedaan Octa Core dan Snapdragon Pada Sebuah Hp Pintar

KOMPTIK - Mau beli hp baru? Bingung menentukan pilihan Perbedaan Octa Core dan Snapdragon prosesor? Prosesor atau chipset dijadikan pertimbangan penting saat beli hp. Prosesor yang bagus membuat performa hp mulus dan juga menjadi salah satu faktor penentu harga hp. Semakin bagus prosesornya, semakin mahal pula harga hpnya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Octa core atau Mediatek dan Snapdragon yaitu dua produsen prosesor yang paling banyak digunakan di dunia. Dua merk prosesor ini cukup banyak dipakai dalam berbagai kelas hp pintar, selain Exynos dari Samsung dan Kirin dari Huawei. Selain itu, kedua merk prosesor ini bisa dipakai di banyak merk hp Android dan termasuk pasar yang paling laris.

Untuk menentukan mana yang terbaik antara Mediatek vs Snapdragon? Yuk simak apa itu Mediatek atau pun Snapdragon. Mediatek dan Snapdragon yaitu dua merk prosesor atau sering disebut chipset dalam hp pintar (smartphone). Fungsi prosesor pada hp secara kinerja sama seperti prosesor di PC atau laptop.

Perbedaan Octa Core dan Snapdragon

Dari segi generasi serta variasi produk, sekitar tahun 2017 lalu Snapdragon tentunya punya lebih banyak variasi dibanding MediaTek. Namun jika di kaitkan dengan perbedaan Octa Core dan Snapdragon yang utama dari kedua prosesor ini adalah segmen target di pasaran dan harga prosesornya.

Jika Qualcomm menargetkan di semua kelas mulai dari kelas low-end hingga high-end level. Berbeda halnya dengan MediaTek yang hanya berfokus pada kelas mid-range ke low-end level saja.

Perbedaan mencolok dari Mediatek vs Snapdragon yaitu dari harganya.

Harga prosesor Mediatek lebih murah dibanding Snapdragon. Oleh karena itu, kebanyakan hp yang menggunakan Mediatek dijual dengan harga lebih murah. Prosesor atau chipset Mediatek banyak digunakan pada hp kelas menengah ke bawah (harga berkisar 5 jutaan ke bawah). Sedangkan prosesor Snapdragon bisa dua kali lipat lebih mahal dari Mediatek dengan spesifikasi yang sama.

Lalu bagaimana melihat perbedaan Mediatek dan Snapdragon tersebut. Berikut penjelasannya dan 3 perbedaan yang paling menonjol dari keduanya.

Apa itu Mediatek?
Mediatek didirikan pada tahun 1997 dan merupakan satu merk prosesor asal Taiwan. Jika dibanding Snapdragon, prosesor ini masih tergolong baru. Walaupun Mediatek masih tergolong baru, tetapi perkembangan prosesor ini cukup pesat di pasar global. 

Apa itu Snapdragon?
Snapdragon merupakan merk prosesor asal San Diego, Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1985. Prosesor Snapdragon yaitu salah satu produk unggulan Qualcomm paling banyak digunakan di dunia. Alasan kenapa lebih banyak digunakan karena Snapdragon teknologinya lebih kekinian, lebih canggih, serta performa Snapdragon rata-rata lebih cepat dan dayanya lebih efisien.

Dilihat dari penjelasannya, tentu Snapdragon lebih diunggulkan. Namun dari segi harga dan performa ringan, kencang maka Mediatek dapat kamu coba. Untuk itu, mengetahui perbedaan Octa Core dan Snapdragon secara keseluruhan sangatlah perlu, salah satu diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Market Share Mediatek vs Snapdragon: Mediatek punya pangsa pasar lebih besar bila dibanding Snapdragon. Hasil rilis data Counter Point Research, Mediatek di Q2 tahun 2021 memiliki pangsa pasar 43%. Sedangkan Snapdragon berada di posisi kedua global dengan pangsa pasar lebih rendah yakni 24%.
  2. Performa Prosesor dan Grafis: Di dalam prosesor terdapat 2 chip penting yaitu CPU dan GPU, dimana CPU bagian dari beberapa core yang punya kecepatan berbeda dan berfungsi mengatur semua komponen di dalam prosesor. GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit berfungsi mengolah grafis, dan sistem kerja GPU sama seperti VGA pada PC Desktop atau laptop.
  3. Variasi Produk: Snapdragon punya lebih banyak variasi dibanding Mediatek. Pada tahun 2017, Mediatek mengurangi produksi prosesor kelas atas, dan berfokus membuat prosesor kelas menengah. Hal ini dibukatikan di tahun 2018, Mediatek hanya fokus pada satu seri prosesor yaitu seri Helio P saja. Sedangkan prosesor Snapdragon lebih banyak mengeluarkan varian prosesor baru.

Mediatek vs Snapdragon, Mana yang Lebih Baik?

Jadi mana yang lebih baik? Dengan adanya penjelasan singkat 3 Perbedaan Octa Core dan Snapdragon diatas akan dapat lebih menentukan pilihan prosesor terbaik. Varian produk dan performa seperti Snapdragon atau pun hp kelas menengah seperti Mediatek. Pilih Mediatek maupun Snapdaragon masih sama-sama baik.

Referensi: hpsultan.com, jripto.com



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards