7+ Peralatan Service Hp untuk Pemula yang Wajib Dipersiapkan

7+ Peralatan Service Hp untuk Pemula yang Wajib Dipersiapkan

KOMPTIK - Kamu berencana membuka jasa servis Hp? Untuk membuka jasa tersebut paling tidak kamu harus mengetahui Peralatan Service Hp untuk Pemula dan tentu hal ini wajib dipersiapkan.

Mengingat saat ini pengguna handphone sangat meningkat, karenanya jasa servis Hp termasuk salah satu usaha yang masih banyak sekali peluang.

{tocify} $title={Table of Contents}

Berdasarkan sumber data Kementrian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna smartphone (ponsel pintar) mencapai 167 juta orang atau setara 89% dari total penduduk Indonesia. Itu artinya jasa servis Hp masih sangat memiliki prospek yang menjanjikan.

Nah, jika kamu ingin membuka jasa servis Hp, selain harus memiliki skill pada bidang ini, kamu juga harus memiliki tools atau alat untuk mendukung kinerja kerja jasa nantinya.

Semakin lengkap alat yang kamu miliki, maka semakin mudah dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan jasa servis Hp.

Peralatan Service Hp untuk Pemula

Ini dia, peralatan service Hp untuk pemula berikut fungsi serta harga standarnya yang wajib dimiliki agar proses kinerja pekerjaan menjadi optimal.

1. Obeng

Obeng atau set obeng full merupakan alat pertama yang wajib dimiliki untuk seorang teknisi Hp. Tanpa dijelaskan secara terperinci, kamu pasti mengetahui fungsi dari obeng ini.

Kamu dapat membeli obeng tool set dengan berbagai macam fungsi dan ukuran karena ada beberapa Hp yang menggunakan obeng khusus seperti obeng bintang, segi tiga, dan lain sebagainya.

Gunakan obeng dengan standart kualitas yang bagus agar mata obeng tidak cepat rusak, karena mata obeng yang rusak juga dapat merusak lubang baut pada Hp.

Harga obeng 1 pcs dengan standart kualitas bagus memiliki kisaran 50.000 dan untuk satu set mulai harga 300.000.

2. Pinset dengan beragam bentuk

Selain obeng, pinset ini merupakan alat yang juga sangat penting. Pinset digunakan untuk memegang komponen kecil ataupun komponen yang panas.

Pinset didesain dengan berbagai macam bentuk serta ukuran untuk berbagai keperluan. Kamu dapat membeli pinset pcs lengkap atau satu set degan berbagai macam bentuk, yaitu mulai dari 10.000/ pcs.

3. Multimeter Digital

Multimeter memiliki banyak fungsi, diantaranya mengukur tegangan, mengecek fungsi komponen, dan lain sebagainya. Dengan multimeter, seorang teknisi dapat mendiagnosis kerusakan pada sebuah Hp.

Akan tetapi untuk menggunakan multimeter (alat pengukur arus) ini dibutuhkan ilmu untuk membaca indikator yang tampil di layar LED. Cara membaca serta menggunakan alat tersebut dapat kamu pelajari dengan melihat tutorialnya di YouTube atau belajar dengan ahli.

Perlu kamu ketahui juga, multimeter sendiri memiliki dua model yaitu model analog dan juga model digital.

Namun, peralatan service Hp untuk pemula sekarang ini banyak digunakan model digital karena pengukurannya lebih akurat. Harga dasar multimeter digital yaitu 300 ribuan.

4. Power Supply Variable

Power Supply Variable dapat dialih fungsikan sebagai charger Hp dengan tegangan yang dapat disesuaikan kepada daya yang dibutuhkan Hp. Selain sebagai pengganti adaptor, power supply variable juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada komponen Hp.

Teknisi berpengalaman dapat mengetahui kerusakan Hp hanya dengan melihat tegangan yang muncul pada layar monitor.

Selain power supply, tentunya kamu juga membutuhkan korektor atau kabel charger yang bervariasi agar dapat digunakan pada semua Hp. Korektor biasanya dijual terpisah dengan power supply, power suply harga 500 ribuan.

5. Solder dengan Pengatur Suhu

Solder suhu yang dibutuhkan untuk melepas atau memasang masing-masing komponen tidaklah sama, jadi dengan solder pengatur suhu dapat menentukan tingkat kesusuaian panas Hp sesuai dengan kebutuhan. Solder dengan pengatur suhu harga kisaran 250.000.

6. Blower atau Solder Angin

Blower fungsinya hampir sama seperti solder, akan tetapi blower biasanya digunakan untuk membuka ataupun memasang IC yang memiliki banyak kaki (kaki dibawah IC) karena panas dari blower dapat menembus IC.

Sedangkan solder angin digunakan untuk membuka dan memasang kaki-kaki komponen Hp yang terlihat saja karena solder harus ditempelkan pada area pemasangan. Blower atau solder angin harga mulai dari 300.000.

7. Pencepit PCB

Pencepit PCB fungsinya untuk menjepit PCB agar saat PCB dieksekusi kunciannya tidak lari kemana-mana. Harga pencepit PCB cukup murah, yaitu mulai dari harga 30 ribuan saja.

8. Laptop dan peralatan software

Selain peralatan diatas, kamu juga harus memiliki laptop dan peralatan flash termasuk software atau driver dari masing masing Hp.

Sering kali Hp rusak bukan karena faktor komponen, melainkan ada kesalahan bug pada software dimana saat ini hampir semua Hp menggunakan OS seperti Android atau IOS.

Untuk mencari paket flash dan driver sekarang ini banyak dijual di internet.

Alat pendukung Service Hp

Selain peralatan service Hp untuk pemula diatas, beberapa tambahan alat lain yang tidak kalah penting yaitu, antara lain:
  1. Jumper Wire: laminasi tipis atau kawat yang dilapisi tembaga dan digunakan untuk jumper dari satu titik ke titik lainnya di jalur Hp saat memperbaiki
  2. Blade Cutter dan Jenis Cutter: menghapus laminasi dari kawat jumper dan dapat juga digunakan untuk beberapa tujuan lain
  3. Battery Booster: meningkatkan kekuatan baterai Hp
  4. Ultrasonic Cleaner: membersihkan PCB Hp dan komponen elektronik
  5. Magnifying Lamp: melihat tampilan diperbesar dari PCB Hp
  6. Mobile Opener: membuka casing atau badan dari Hp
  7. Antistatic Hand Gloves
  8. Antistatic Mat: penempatan pada meja atau meja kerja dimana perbaikan Hp dilakukan
  9. Test JIG Box: mendiagnosa dan menemukan kesalahan atau masalah dalam Hp
  10. Microscope: melihat tampilan dari PCB atau komponen elektronik diperbesar
  11. Fluk: cairan yang digunakan untuk membantu menempelkan atau melepas timah yang menempel di Motherboard Hp
  12. Timah: menempelkan IC atau komponen ke mainboard Hp
  13. Desoldering Pump: mencopot komponen pada mainboard dengan menyedot timah yang sudah meleleh agar timah tidak meyisahkan pada komponen kaki
  14. Kuas: membersihkan kotoran pada PCB serta untuk mengoleskan tiner ke PCB
  15. Lem/ Lakban khusus: menempelkan komponen yang tidak menggunakan baut seperti baterai
  16. Tiner: mencuci atau membersihkan PCB
  17. Lampu servis
  18. Desoldering pump: menyedot sisa timah saat pencopotan komponen

Langkah Membuka Service Hp tanpa Keahlian Khusus

Untuk memulai jenis usaha jasa apapun termasuk servis Hp, sebenarnya kamu tidak harus memiliki semua Peralatan Service Hp untuk Pemula di atas.

Bahkan kamu tidak harus memiliki skill servis Hp terlebih dulu, cukup buka jasa dari rumah serta dapat mempromosikan secara online ke halaman website agar muncul di pencarian Google.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards