5+ Tips Jualan Es di Musim Hujan yang Pasti Bikin Laris Manis

5+ Tips Jualan Es di Musim Hujan yang Pasti Bikin Laris Manis

KOMPTIK - Es merupakan minuman dingin yang dijual saat musim panas. Namun saat ini, es menjadi minuman yang dapat dinikmati di musim hujan. Bagi kamu yang ingin mulai jualan es di musim hujan, ada baiknya simak tips yang pasti bikin laris manis ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Memang sebenarnya es dapat dikonsumsi dalam segala suasana, akan tetapi perubahan cuaca sangat mempengaruhi omzet usaha dan juga penjualan bisa menurun.

Hal ini karena cuaca dingin membuat sebagian besar orang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan atau minuman hangat dibanding dengan minum dingin.

Umumnya, pelanggan usaha es akan berkurang selama musim penghujan tiba dan terus menurun bila tidak ada variasi yang dilakukan.

Jualan Es di Musim Hujan

Apapun jenis usahanya memang memiliki tantangan masing-masing. Maka dari itu, kamu perlu menyusun strategi yang efektif untuk dapat melewatinya dan memenangkan persaingan.

Kamu yang mulai usaha es krim atau minuman dingin lainnya, tentu berpotensi mengalami penurunan secara cepat atau pun sangat drastis.

Meskipun begitu, kamu tetap dapat menyiasatinya dengan berbagai strategi usaha yang ada.

Berikut ini beberapa tips jualan es di musim hujan yang bisa kamu coba terapkan agar usaha tetap bertahan:

1. Lakukan Promosi

Promosi adalah salah satu kunci keberhasilan dalam dunia usaha, termasuk usaha jualan es di musim hujan. Agar es yang dijual bisa habis diserbu konsumen, lakukan promosi dengan cara unik serta kekinian melalui media sosial. Beberapa media sosial yang kini populer digunakan untuk promosi di antaranya yaitu TikTok dan Reels Instagram.

2. Gunakan Sistem Pre-Order

Sistem pre-order digunakan untuk menghindari kerugian yang cukup besar. Sistem ini akan jauh lebih efektif karena penjual dapat mengatur pengeluaran modal sesuai dengan besaran jumlah pesanan yang masuk saat itu. Jadi, melalui sistem pre-order, kemungkinan terjadinya kerugian akan jauh lebih kecil jika dibanding dengan sistem penjualan cepat atau ready stock.

3. Perhatikan Waktu Berjualan

Tips jualan es di musim hujan yang ketiga yaitu menentukan waktu berjualan yang tepat. Melalui penentuan waktu tersebut, penjual akan dapat menghindari waktu-waktu tertentu di mana toko sepi konsumen. Usahakan untuk menghindari waktu malam hari saat hujan dalam berjualan es, karena pada waktu tersebut orang akan lebih berminat dengan minuman hangat.

4. Berikan Diskon

Diskon merupakan salah satu hal penting dalam strategi promosi penjualan yang harus ada di benak para pedagang. Memberikan diskon untuk konsumen di hari-hari tertentu juga bisa menjadi solusi agar jualan es tetap menghasilkan keuntungan walau sedang musim hujan. Dalam hal ini, penjual harus benar-benar menghitung keseluruhan secara tepat agar omzet yang didapat tidak menyebabkan kerugian.

5. Kurangi atau Batasi Jumlah Produksi

Terakhir, agar jualan tetap lancar serta hasil yang diperoleh tidak minus, maka batasi jumlah produksi harian. Kenapa? Karena membatasi jumlah produksi harian merupakan salah satu bentuk antisipasi penjual jika jumlah konsumen yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya kerugian dapat diminimalisir dari awal.

6. Hadirkan Menu Baru

Tambahan, jika dirasa kurang pasti laris kamu bisa coba berinovasi dengan menghadirkan menu-menu baru. Misalnya dengan menghadirkan minuman hangat.

Meski toko kamu berfokus pada es atau minuman dingin, tetapi tidak ada salahnya untuk turut menghadirkan minuman hangat dan inovasi agar kebanjiran pesanan.

Sebab, akan ada banyak pelanggan yang ingin menghangatkan tubuh melalui minuman saat musim hujan tiba seperti kopi dan cokelat hangat.

Selain minuman, kamu juga bisa menghadirkan aneka makanan baru seperti desert, antara lain waffle, roti bakar, pisang goreng, dan masih banyak lagi.

Penutup

Itulah tips Jualan Es di Musim Hujan yang bisa diterapkan untuk menghindari terjadinya kerugian yang cukup besar. Pastikan juga bahan baku yang digunakan tidak mudah basi serta dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Usahakan pula untuk tidak menyetok bahan baku dalm jumlah banyak.

Source: https://store.sirclo.com/, https://infotertulis.com/



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards