Cara Login Google Authenticator & Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Cara Login Google Authenticator & Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

KOMPTIK - Pertanyaan yang mungkin terjadi saat menggunakan Google Authenticator yaitu bagaimana jika akun terhapus, reset atau mengalami gangguan? Lalu bagaimna cara login Google Authenticator yang telah terhapus atau reset pada perangkat pengguna?

{tocify} $title={Table of Contents}

Menanggapi hal itu, Yerry Niko Borang yang merupakan seorang Security Digital Trainer menjelaskan bahwa ada cara untuk mengatasi kendala Google Authenticator yang terhapus yaitu dengan antisipasi backup data. "Bisa (di-backup). Ada di sebelah pojok kanan atas pilihan export account, itu dipilih aja," ujar Yerry. Petikan telewicara Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Cara Login Google Authenticator

Diketahui, Google Authenticator yakni aplikasi keamanan verifikasi 2 langkah (2FA) gratis yang dapat melindungi akun penggunanya dari pencurian kata sandi. Namun, jika ponsel mengalami reset atau kehilangan aplikasi, maka cara login Google Authenticator ulang perlu dilakukan agar tidak berdampak pada pengguna gagal masuk ke akun miliknya.

Cara untuk mengaktifkan kembali Google Authenticator yakni kamu harus memasukkan token lama dan token baru. Jika kamu belum melakukannya, klik "Lupa kata sandi saya?" dan ikuti langkah-langkah untuk mengatur ulang kata sandi kamu. Setelah berhasil mengatur ulang kata sandi, selanjutnya buka https://myaccount.google.com/security dan pilih "Verifikasi Dua Langkah". Ikuti langkah-langkah untuk menyiapkan Google Authenticator kembali dengan token baru.

Cara sederhananya yakni, jika kamu sudah unduh ulang Google Authenticator pada device bisa langsung masuk dengan klik tanda plus “+” dipojok kanan atas lalu pilih “other account” dan masukkan email ataupun akun yang sebelumnya hilang, dan token baru pun akan tampil.

Kelebihan dan kelemahan Google Authenticator

Meski terbilang cukup populer untuk aplikasi keamanan password dan data didalamnya, cara login Google Authenticator memiliki sisi kelebihan dan juga kekurangannya. Keunggulan dari Google Authenticator yaitu mampu memberikan jaminan keamanan kata sandi pribadi atau sebagai tambahan untuk proteksi data pribadi. Sementara untuk kelemahannya yakni jika Google Authenticator mengalami reset atau hilang, kamu harus membuat ulang dengan meminta token yang baru. Fungsi Google Authenticator sama juga dengan akun atau pin bank.

Help Desk Digital Exchange

A. Bagaimana jika saya kehilangan Two-Factor Authentication (Google Auth) Website dan ingin mengembalikan melalui Website digitalexchange.id? Namun tidak mengetahui Cara Login Google Authenticator Two-Factor Authentication (Google Auth) di digitalexchange.id.

A. Buka dan login melalui halaman website digitalexchange.id (https://digitalexchange.id/). Akan muncul tampilan memasukkan 2FA Code, pada tampilan tersebut klik “Lost Authenticator4”.

Masukkan Kode SMS yang dikirimkan ke nomor HP kamu lalu isikan Kode SMS tersebut, jika sudah klik “Verifikasi 6”. Proses kehilangan 2FA kamu berhasil, sekarang kamu bisa mengaktifkan kembali 2FA.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards