Local Disk D Hilang Secara Tidak Sengaja, Begini Cara Atasinya

views
Local Disk D Hilang Secara Tidak Sengaja, Begini Cara Atasinya

KOMPTIK - Cara aman dalam mengembalikan local disk D hilang pada Windows 10 adalah dengan alat pemulihan partisi yang handal. Contoh perangkat lunak pemulihan partisi hard disk yang handal yakni EaseUS Partition Recovery.

{tocify} $title={Table of Contents}

EaseUS yaitu alat pemulihan partisi hard disk yang hilang atau terhapus. Baik secara tidak sengaja, atau tiba-tiba kehilangan partisi tanpa alasan yang diketahui.

Local Disk D Hilang

Ketika partisi local disk D hilang Windows 10, semua file dan folder yang tersimpan pada partisi juga ikut hilang. Tidak akan terlihat histori apa pun dari partisi tersebut di Manajemen Disk Windows.

Dalam banyak kasus, penyebab ini dikarenakan pengguna tidak sengaja menghapus volume di Manajemen Disk. Selain itu, penginstalan ulang sistem operasi, infeksi virus, manipulasi yang salah, atau sambungan perangkat hardware yang tidak terpasang baik juga dapat menyebabkan masalah kehilangan partisi.

Namun, penghapusan data secara tidak sengaja lebih sering terjadi di hard disk PC, hard disk eksternal, maupun kartu memori. Perangkat penyimpanan lainnya pun bisa hilang data, seperti USB flashdisk.

Apabila volume di Manajemen Disk secara tiba-tiba hilang dengan alasan apapun, maka jangan buat partisi baru di ruang yang tidak terisi. Terlebih lagi jika menambahkan file ke dalam partisi tersebut, sebab data-data yang tertimpa konten baru tidak akan dapat dipulihkan.

Oleh karena itu, agar semua file dapat dikembalikan, segera lakukan pemulihan partisi hard disk setelah kamu mengetahui partisi terhapus. Untuk itu, kamu dapat menggunakan perangkat lunak profesional dari EaseUS.

1. Menggunakan Software EaseUS

EaseUS merupakan software yang dirancang untuk memulihkan file dan data apapun dari partisi hard disk yang hilang, terhapus, atau bahkan low disk drive. Selain itu, EaseUS dapat memulihkan tabel partisi yang rusak, bad sector, listrik mati, dan masih banyak lagi.

Perangkat ini mendukung semua sistem Windows seperti Windows 7, 8, juga 10, bahkan windows 11 dan akan membantu kamu dengan 3 langkah mudah:
  1. Perangkat Lunak EaseUS
  2. Menu Pratinjau
  3. Menu Recover Now Sebagai tips atasi Local Disk D Hilang untuk Windows 10

2. Melihat Konektor Hardware Hard Disk

EaseUS  software menjadi salah satu perangkat lunak terpercaya untuk mengatasi local disk D hilang secara tidak sengaja baik diakibatkan install ulang atau kesalahan lain. Namun yang perlu kamu cari tahu mendasar adalah cek kabel konekstor yang terhubung pada hard disk dan pastikan konektor sudah terhubung dengan baik, tidak ada yang kendor atau pun terlepas.

Cara Mengembalikan Local Data yang Hilang dan Membuat Partisi Baru

EaseUS Data Recovery Wizard yaitu perangkat lunak yang akan membantu kamu memulihkan semua file dan folder di partisi dengan memanfaatkan ruang yang tidak terisi. Namun, seperti yang dijelaskan dalam website resminya bahwa EaseUS Data Recovery Wizard tidak seperti EaseUS Partition Recovery, karena tidak akan memulihkan partisi kamu. Oleh karena itu, kamu dapat membuat partisi baru di ruang yang tidak terisi setelah memulihkan file yang dihapus dari partisi yang hilang tersebut.

Untuk mengembalikan local disk D hilang dan membuat partisi baru kamu hanya perlu ikuti langkah-langkah di bawah.
  • Buka Windows Explorer dan klik kanan pada "This PC" lalu pilih "Manage"
  • Kemudian buka "Disk Management"
  • Selanjutnya klik kanan pada ruang kosong di hard disk kamu dan pilih "New Simple Volume ..."
  • Lalu ikuti New Simple Volume Wizard untuk menentukan ukuran volume, tetapkan huruf drive, format partisi ... next sampai selesai

Setelah membuat partisi baru, kamu dapat menggunakannya kembali untuk penyimpanan data.

Demikian cara mengatasi atau mengembalikan Local Disk D Hilang. Semoga bermanfaat.

Sumber: foldertips.com, easeus.co.id
Komptik.

404 Not Found!



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS