GOOGLE DOODLE: Angklung dan Teknologi? 5 Game Play Gratis

GOOGLE DOODLE: Angklung dan Teknologi? 5 Game Play Gratis

KOMPTIK - Sebagaimana diketahui hari angklung sedunia jatuh pada tanggal 16 November, dan Google Doodle hari ini pun turut serta dengan menayangkan gambar kartun 6 orang sedang memainkan alat musik tradisional Indonesia yang diakui UNESCO sebagai barang Warisan Dunia.

{tocify} $title={Table of Contents}

Alat musik ini sendiri terbuat dari bahan bambu, dimana tiap bagiannya terdiri dari dua, tiga, atau empat bambu yang memiliki susunan dua, tiga, serta empat nada. Bambu yang biasanya digunakan yakni awi wulung atau bambu hitam dan awi temen atau bambu putih.

Angklung

Google doodle dalam keterangannya menuliskan, angklung berasal dari Jawa Barat, Indonesia sekitar 400 tahun yang lalu. Penduduk desa percaya bahwa suara bambu yang dikeluarkan dapat menarik perhatian Dewi Sri, dewi padi dan kemakmuran. Namun karena angklung hanya memainkan satu nada, maka cara memainkannya harus beramai-ramai untuk menciptakan melodi yang harmonis dari nada-nada berbeda yang dibawa masing-masing pemain.

Nah, bila Google merayakan angklung lewat Doodle, kamu juga bisa melakukannya dengan mempelajari cara bermain instrumen ini.

Jangan khawatir. Lewat kemajuan teknologi sekarang buat kamu yang belum memiliki atau memainkannya secara fisik, kamu dapat mengawali belajar dengan memainkannya secara digital.

Sudah terdapat beberapa aplikasi atau game angklung gratis yang tersedia di Google Play Store. Kamu cukup mengunduh, menginstal, lalu memainkannya di smartphone ataupun tablet Android.

Cara memainkannya pun sangat mudah. Kamu cukup mengetuk atau memilih nada pada layar smartphone layaknya bermain instrumen sungguhan.

Berikut 5 game angklung terbaik yang bisa kamu unduh gratis dari Google Play Store.

1. Angklung Sunda

Aplikasi yang dikembangkan oleh Dandy Apps, seorang pengembang asal Indonesia yang juga mengembangkan app alat musik tradisional Nusantara seperti Kendang Ketipung, Kenong Jawa, hingga Rebana Marawais, dan Gamelan Reong Bali.

Kamu dapat memainkannya langsung di aplikasi dengan mengklik masing-masing gambar angklung sesuai dengan tangga nada yang diinginkan. Kamu juga dapat memainkan untuk mengiringi lagu kesukaan.

Aplikasi yang sudah diunduh 10 ribu kali ini menyediakan empat buah lagu Sunda yang dapat diiringi dengan angklung diantaranya Es Lilin, Manuk Dadali, Hayang Kawin, dan Talak Tilu.

Bila sekadar ingin mendengarkan lagu, kamu pun dapat memutar lagu yang sudah tersedia pada memori perangkat ini.

2. Real Angklung

Untuk bisa memainkan game ini kamu butuh perangkat dengan versi OS 4.0 ke atas. Aplikasi virtual yang mirip dengan instrumen aslinya ini buatan Adi Studio dan sudah diunduh lebih dari 50.000 kali di Play Store.

Untuk memainkannya, kamu cukup men-tap bambu yang ingin dibunyikan. Selain aplikasi ini, Adi Studio juga memiliki beberapa aplikasi instrumen lain seperti Kendang hingga Ketipung.

3. Angklung Instrument

Dikembangkan oleh Sayunara Dev, aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak 10.000+ kali. Ada dua opsi yang bisa dimainkan di sini, yaitu: Angklung 1 dan Angklung 2.

Terdapat juga panduan nada yang bisa dimainkan mulai dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, hingga Si dan Do (oktaf).

Hal lain yang menarik dari aplikasi ini, selain bermain, terdapat juga informasi tentang sejarah lengkap angklung di menu pilihannya. Jadi lebih banyak tahu.

Soal instrumen tradisional sekaligus asal usul kata Angklung hingga cara memainkan dan jenisnya bisa kamu pelajari lebih mendalam.

Untuk memainkan Angklung Instrument kamu butuh perangkat dengan Android versi 4.4 keatas atau yang lebih tinggi.

4. Angklung Tuk-Tuk

Meski baru diunduh sebanyak 1.000 kali, aplikasi buatan Creatifla Multimedia ini terbilang cukup edukatif. Kamu bisa sambil belajar lewat materi dan simulasi angklung 1 oktaf di dalamnya.

Cara memainkannya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenis. Aplikasi ini juga menyediakan angklung dengan tangga nada lengkap yakni Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do (oktaf).

Kamu dapat memainkannya pada perangkat Android dengan OS versi 5.0 dan yang lebih tinggi karena permainan ini masuk kategori semua umur.

5. Gamelanku

Berbeda dengan aplikasi lain, Gamelanku tidak hanya menyediakan game Angklung saja tetapi kamu juga bisa memilih untuk memainkan alat musik tradisional lain dalam satu aplikasi sama.

Pilihannya yaitu Saron, Bonang, Gendang, Gong, Angklung, Karinding, hingga Suling, serta Gambang.

Trimatra Studio, pengembang aplikasi ini juga menyediakan sejumlah fitur sangat lengkap di antaranya multitouch, tutorial musik, perekaman musik, pembuatan tutorial, sampai global chat serta avatar profile.

Gamelanku dirilis sejak 9 Desember 2022 dengan terakhir di-update pada 29 April 2022 dan sekarang telah di-download hingga lebih dari 100.000 kali. Aplikasi ini hanya bisa berjalan pada versi OS 5.0 keatas atau lebih tinggi.

Penutup

Game-game aplikasi di atas berhasil menunjukkan betapa luar biasanya angklung sebagai salah satu alat musik asli Indonesia, sekalipun dalam bidang teknologi. Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, kini berkembang dari sekedar alat musik tradisional yang tidak banyak orang tahu menjadi alat musik tradisional yang paling terkenal dan menyenangkan untuk dimainkan dari Indonesia.

Source referensi: ruangtekno.republika.co.id



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards