Ini Dia 4 Cara Menjadi QA Engineer, Syarat, serta Besaran Gaji

Ini Dia 4 Cara Menjadi QA Engineer, Syarat, serta Besaran Gaji

KOMPTIK - Banyaknya perusahaan teknologi (start-up) menjadikan peluang kerja baru, salah satunya adalah posisi QA Engineer. Lalu apakah posisi QA Engineer menjanjikan dan bagaimana cara menjadi QA Engineer?

{tocify} $title={Table of Contents}

Saat ini, posisi QA Engineer sangat penting untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi apalagi jika bekerja dengan perusahaan berkembang. Untuk kamu yang tertarik dengan QA Engineer, ada baiknya untuk mengenal pekerjaan ini lebih jauh.

Cara Menjadi QA Engineer

QA Engineer (quality assurance engineer) adalah bagian pekerjaan yang membutuhkan keuletan maupun ketelitian dan bertugas untuk memastikan bahwa software atau desain susah sesuai dengan standar dari perusahaan.

Dalam pembuatan software, tim yang terkait memang seringkali mengalami kesalahan baik minor maupun mayor. Untuk itu, peran serta cara menjadi QA Engineer ini sangat penting diketahui agar nantinya tidak ada kesalahan dari software yang dikembangkan.

Ditambah lagi persaingan untuk posisi ini cukup tinggi. Ada 4 pokok utama yang harus diketahui agar persaingan posisi QA Engineer dengan mudah dilalui, yakni:
  1. Mempelajari skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang QA Engineer. Kamu bisa membaca buku software engineer dan sebagainya, mengikuti bootcamp, atau belajar secara mandiri dari internet
  2. Mencari serta mengikuti magang di perusahaan yang membutuhkan QA Engineer
  3. Setelah memiliki pengalaman, kamu bisa langsung melamar pekerjaan ke perusahaan ysng sedang membutuhkan QA Engineer atau bisa langsung melamar ke perusahaan tempat magang
  4. Pastikan tetap belajar untuk menambah skill dan pengetahuan dibidang QA Engineer sehingga nilai tambah serta karir kamu terus menaik

Tugas QA Engineer

Setelah kamu menjadi seorang QA Engineer, tentunya ada banyak juga tugas pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat baik itu melibatkan tim atau bahkan sendiri. Berikut contoh tugas seorang QA Engineer.
  • Melakukan dokumentasi dalam pengujian software yang telah diselesaikan
  • Melakukan dokumentasi mengenai analisis risiko pekerjaan berjalan
  • Melakukan uji coba secara otomatis software yang dikerjakan
  • Mencari bug dari software yang tengah dikembangkan serta memberikan umpan balik (feedback) untuk membuat software lebih efisien
  • Mencoba dan memastikan fitur berjalan sesuai dengan desain
  • Melihat dan memastikan interface nyaman saat digunakan

Masih terdapat banyak tugas seorang QA Engineer yang harus dikerjaan. Tugasnya mungkin saja akan lebih banyak jika software yang dikembangkan semakin kompleks.

Syarat Skill yang Harus Dimiliki QA Engineer

Cara menjadi QA Engineer pun membutuhkan skill, ini beberapa skill diantaranya yang harus dikuasai oleh seorang QA Engineer. Jika ingin mendapatkan pekerjaan ini, maka pastikan kamu memiliki skill-skill di bawah ini.
  • Memahami coding, meski tidak terjun dalam proses pengembangan software, QA Engineer perlu untuk memahami dasar-dasar pemrograman. Tujuannya agar nantinya bisa lebih memudahkan dalam berkomunikasi dengan tim development.
  • Mencari bug, dimana seorang QA Engineer juga perlu memiliki skill pencarian bug dari sebuah software. Biasanya, dalam pengembangan software akan ditemukan bug-bug yang terlewat oleh tim development
  • Memahami data dengan baik, tujuannya untuk bisa menganalisa data pekerjaan serta kemudian memberikan feedback kepada tim development dan hasil akhirnya meningkatkan kualitas software
  • Komunikasi, ini penting karena seorang QA Engineer juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dengan kemampuan berkomunikasi akan lebih mudah untuk menjelaskan kepada tim development ketika ada hal yang harus diperbaiki ataupun ditingkatkan
  • Problem solving, dimana seorang QA Engineer akan selalu berkutat dengan sebuah masalah. Maka dari itu, penting juga untuk memiliki skill problem solving yang baik, sehingga dapat dengan mudah menemukan solusi atas masalah yang mungkin terjadi

Gaji Seorang QA Engineer

Dalam pembuatan software dan pengembangnya peran dari seorang QA Engineer di perusahaan memang sangat penting. Oleh karenanya, tugas dan syaratnya cukup lumayan.
Akan tetapi gaji yang diperoleh juga terbilang tidak sedikit, untuk seorang QA Engineer memiliki kisaran Rp 7,500,000/ Bulan sampai Rp 12,750,000/ Bulan. Bagi anak muda, pekerjaan ini sangat menjanjikan.

Bagaimana, apakah masih tertarik untuk menjadi QA Engineer spesialis? Itulah informasi mengenai Cara Menjadi QA Engineer untuk dapat dijadikan referensi kamu sebelum terjun ke pekerjaan tersebut.

Kesimpulan

Cara menjadi QA Engineer memang tidak mudah, butuh ketelitian serta keuletan dalam memperolehnya. Namun dengan 4 langkah mudah diatas dapat kamu pelajari agar semua proses bisa dilalui. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus kembangkan skill kamu sebelum dan jika sudah menjadi seorang QA Engineer.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards