Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam yang Bisa Dilakukan

Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam yang Bisa Dilakukan

Sejak ramainya HP dengan baterai tanam di atas 4000 mAh, vendor Smartphone berlomba-lomba meningkatkan kapasitas baterai dengan menyematkan baterai di dalam HP, kemudian hanya bisa dibuka di pusat servisnya saja. Akan tetapi karena Beterai yang besar maka pengguna biasanya menggunakan Smartphone tanpa berhenti yang menyebabkan HP Panas. Kamu dapat mengatasi HP Panas tentunya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Karena untuk mengalahkan persaingan antara smartphone yang ketat di dunia teknologi, maka vendor smartphone membuat beberapa smartphone dengan besar kapasitas beterai dimiliki sampai 10000 mAh. Semakin tinggi mAh yang dimiliki beterai suatu smartphone maka akan semakin lama jangan waktu yang dapat digunakan. Jika layar hpmu bermasalah alangkah baiknya mengecek Layar Hp yang rusak.

Seringkali, penggunaan yang berlebihan menyebabkan baterai mudah panas hingga bisa mengkhawatirkan pemakainya. Pengguna smartphone juga mencari cara mengatasi HP panas batre tanam agar lebih nyaman digunakan.

Terlebih, beberapa HP memiliki fasilitas pengisian daya yang cukup cepat dan charger fast charging yang memicu HP lebih panas ketika sedang digunakan sembari mengecas ponsel. Agar beterai Smartphone kamu dapat lebih awet kamu dapat melakukan beberapa cara; Ini dia cara mengatasi HP panas batre tanam:

1. Menghapus Aplikasi yang Jarang digunakan

Beberapa aplikasi yang jarang digunakan namun memakan daya besar juga mempengaruhi panas dinginnya sebuah HP dengan baterai tanam. Bahkan, meskipun aplikasi itu sering digunakan namun hanya membuat HP menjadi panas, lebih baik dihapus untuk performa HP yang lebih baik. 

Berdasarkan report dari beberapa aplikasi yang tidak terpakai namun tetap berjalan dilatar belakang tetap akan membuat hp menjadi pans.

Pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi ketiga untuk mendeteksi Aplikasi yang menguras tenaga baterai atau memforsir RAM pada HP.

2. Menggunakan Baterai dan Charger yang Original

Memang, dengan barang KW (tidak asli) kita bisa menghemat pengeluaran karena terkadang barang originalnya sangat mahal, walaupun begitu sebenarnya tidak baik karena dapat membuat beterai cepat rusak.

Namun, akan lebih baik jika kita menggunakan peralatan original dari pabrik handphone supaya penggunaan juga lebih awet. Pada beberapa kasus, charger KW justru memicu panas berlebih ketika digunakan sambil mengisi daya. Jadi untuk Mengatasi HP Panas baiknya kamu menggunakan cas asli saat mengecasnya.

3. Lepas Pelindung HP

Jika cover HP terlalu tebal, akan mempersempit arus udara panas yang dikeluarkan. Untuk itu sesekali ketika HP panas, cover bisa dilepaskan supaya lebih cepat dingin.

Jika ada dana lebih baiknya gunakan hardcase yang memberikan ruang pada pinggiran ponsel dan melindungi sudut dan bagian belakang ponsel. Jika sirkulasi pada HP lancar, panasnya akan berkurang dan lebih nyaman untuk digunakan.

4. Menonaktifkan fitur yang tidak perlu

Ketika HP panas, untuk Mengatasi HP Panas sebaiknya matikan dulu jaringan data, WiFi, GPS, Bluetooth, maupun intensitas cahaya yang berlebihan sebaiknya dikurangi. 

Aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang juga dimatikan sementara hingga suhu ponsel kembali normal. Istirahatkan ponsel agar mencapai temperatur yang rendah maka dari itu akan mengurangi panas pada ponselmu.

5. Mengaktifkan mode hemat daya

HP panas karena dipaksa bekerja lebih dari kemampuannya biasanya sering terjadi pada HP yang memiliki RAM 2 GB atau di bawahnya. Dengan memasang dan menggunakan aplikasi yang membutuhkan RAM yang lebih tinggi akan memaksakan kinerja pada ponselmu dan akan membuat HP sangat panas.

Berbeda dengan HP gaming atau RAM 4GB ke atas. HP gaming juga memiliki fasilitas cooler di dalam HP yang membantu menyeimbangkan suhu ponsel. Cara mengatasi HP Panas Ada baiknya jika HP yang mudah panas ini menggunakan mode hemat daya agar CPU HP tidak "digeber" berlebihan.

6. Rutin Mengecek Kualitas HP dan Mengganti Baterai bila rusak

Hal ini adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan jika HP tidak turun juga suhu panasnya. Salah-salah, karena panas yang berlebihan performa mesin juga menjadi terganggu dan tidak maksimal. Mengecek kualitas baterai bisa dilakukan dengan aplikasi dari Play store. Perlu diingat, kalibrasi ini hanya dilakukan ketika baterai memang mudah drop. Hal ini dilakukan agar pengecekan lebih mudah dan tidak menurunkan performa baterai yang normal.

Kamu juga dapat mengecek kesehatan beterai pada pengaturan yang dapat kamu temukan diponselmu. Jika sudah tidak tertolong, segera turnoff smartphone kamu untuk mengatasi HP Panas beterai Tanam.

Apabila batre sudah pasti rusak ditandai dengan gejalah HP cepat Panas dan menujukan tanda kembung pada case belakang, sebaiknya dibawa ke pusat reparasi yang memberikan baterai yang orisinil. 

Untuk smartphone dua tahun terakhir, ada aplikasi bawaan untuk mengukur apakah HP perlu diservis atau tidak. Fitur ini sendiri menjadikan pemeriksaan masalah internal HP lebih mudah terdeteksi dan bisa segera diatasi.

Demikian beberapa cara mengatasi HP panas batre tanam yang bisa dilakukan. Selain pemakaian yang sesuai, performa, HP juga mesti dicek agar tetap maksimal saat digunakan. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya gunakan HP secara wajar dan seperlunya.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post


BANNER ADS POSTS >

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS