GOOGLE DOODLE: Hari Kemerdekaan Indonesia Dulu dan Kini?

GOOGLE DOODLE: Hari Kemerdekaan Indonesia Dulu dan Kini?

KOMPTIK – Momentum Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus, dimana masyarakat sejak dahulu menyemarakkan dengan berbagai kegiatan yang ada di lingkungannya.
Peringatan ini didasari dengan rasa syukur atas adanya sejarah panjang, yakni keberhasilan Indonesia terbebas melawan penjajah.

{tocify} $title={Table of Contents}

Kegiatan tersebut mulai dari upacara bendera, pemasangan bendera, spanduk, baliho, perlombaan atau sekedar hanya ucapan selamat HUT RI di berbagai sosial media.

Hari Kemerdekaan Indonesia

Dikutip dari wikipedia, Hari Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa sehari-harinya disebut sebagai tujuh belasan adalah hari libur Nasional di Indonesia untuk memperingati proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia sejak dulu dan hingga kini.

Dahulu kegiatan serta perlombaan tujuh belasan hanya dilakukan oleh sebagian masyarakat dan dilakukan dengan alat seadanya, namun kental akan adat. Sekarang perlombaan itu pun masih ada, tetapi dengan menambahkan kegiatan-kegiatan yang semakin semarak.

Beberapa kegiatan dan perlombaan diantaranya, pawai keliling kampung, panjat pinang, makan kerupuk, tepok air, masukkan paku kedalam botol, tangkap belut, balap karung, kegiatan olah raga tenis meja, badminton, serta basket dan lain-lain.

Google Doodle dan Semarak HUT RI

Secara langsung google doodle memberikan linimasa pada 17 Agustus, rabu 2022 sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia, dari thumbnail beberapa orang dengan pakaian adat sedang mandayung menggunakan sampan yang berarti menggambarkan kegigihan akan perjuangan yang telah dicapai bersama-sama, dan pada halaman menampilkan animasi kembang api yang bisa di pecahkan. Untuk kamu yang ingin mencoba bisa langsung menuju https://g.co/kgs/JbWvYD.

Ucapan Selamat HUT RI dan Link Berbagi

Seperti diketahui, dahulu kemeriahan hari kemerdekaan Indonesia dapat dirasakan bareng dengan mempersatukan semua masyarakat pada satu kegiatan, baik berupa perlombaan antar kampung maupun pesta yang diadakan dalam event. Namun kini meskipun mengalami perubahan tetap tidak akan menyurutkan masyarakat untuk berbagi kemeriahan. Salah satu kemeriahan yang bisa di rasakan yaitu dengan berbagi ucapan selamat ataupun link berbagi.

Hal ini dilakukan agar semangat perjuangan serta sejarah panjang tetap ada. Nah, berikut ini kutipan ucapan HUT RI yang diberikan dan sudah ada pada media informasi:
  • Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia! 
  • Selamat HUT ke-77 Republik Indonesia! 
  • Dirgahayu Republik Indonesia! 
  • Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia! 
  • Selamat Hari Kemerdekaan. Selamat HUT ke-77 RI! 
  • Selamat memperingati HUT ke-77 RI! 
  • Selamat memperingati Hari Kemerdekaan RI! Mari bersama kobarkan semangat untuk menjaga persatuan Republik Indonesia. 
  • Selamat HUT ke-77 RI! Semoga semangat perjuangan para pahlawan dapat terjaga dan terkenang selalu. 
  • Kemerdekaan adalah ajang membangun bangsa. Selamat merayakan Hari Kemerdakaan Indonesia! 
  • Selamat Hari Kemerdekaan! Mari terus berkarya lewat persatuan gotong royong dan menjadi kebanggaan Tanah Air. Merdeka!
  • Selamat Hari Kemerdekaan RI, semoga Indonesia makin maju, makin kuat, pulih, dan makin sejahtera rakyatnya!
  • Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia! Semoga kita bisa lekas bebas dari pandemi Covid-19, bersama Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat! 
  • Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga bangsa Indonesia semakin kokoh dan lebih kuat menghadapi segala ujian di negeri ini, merdeka! 
  • Dirgahayu Republik Indonesia! Semoga kesejahteraan, kedamaian, dan kebersamaan selalu menyertai masyarakat Indonesia. Selamat menyambut Hari Kemerdekaan. 
  • Dirgahayu Republik Indonesia! Semoga merdeka tidak hanya sekedar berhasil mengambil alih sebuah bangsa dari penjajah. 
  • Semoga merdeka benar-benar diaplikasikan ke berbagai aspek yang berada di negeri ini. Jayalah terus Indonesiaku! 
  • Perjuangan Bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. 
  • Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama menggapai Indonesia adil dan sejahtera. 
  • Dirgahayu Indonesia! Bangsa yang tidak percaya akan kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, maka tidak dapat dikatakan berdiri sebagai suatu bangsa yang Merdeka. Selamat HUT ke-77 RI! 
  • Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mari kita bersama terus membangun Indonesia. Merdeka!
  • Kemerdekaan bukan berarti sebuah tanda untuk berhenti berjuang, tetapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras lagi. Selamat HUT ke-77 RI! 
  • Dirgahayu Republik Indonesia. Jayalah Indonesiaku, berkibarlah sang saka merah putih, perjuanganmu belum selesai. Merdeka! 
  • Mari kita kenang selalu semua jasa pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan! 
  • Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga rakyat Indonesia semakin sejahtera serta damai selalu. Selamat HUT ke-77 Indonesiaku tercinta. Semoga Indonesia menjadi negara maju dan terbebas dari para korupsi. 
  • Melalui HUT Kemerdekaan RI, mari kita tingkatkan semangat gotong royong dan membangun toleransi untuk Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Merdeka! 
  • Mari hiasi suasana kemerdekaan dengan semangat positif. Selamat HUT ke-77 RI! 
  • Dahulu, pahlawan berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Saat ini, kita berjuang bersama untuk kemajuan bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan! 
  • "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya" – Ir. Soekarno. 
  • Dirgahayu Indonesia! "Kemerdekaan hanyalah bisa didapat serta dimiliki oleh bangsa yang memiliki jiwa berkobar-kobar dengan tekad. Merdeka, merdeka atau mati!" – Ir. Soekarno. 
Link twibbon resmi HUT ke 77, dan beberapa link twibbon 17 Agustus:

https://www.twibbonize.com/hutri77-2022 https://www.twibbonize.com/indonesiamerdeka1945-2022 https://www.twibbonize.com/twibbon-hut-ri-2022 https://www.twibbonize.com/dirgahayuindonesia77 https://www.twibbonize.com/harkitnas-2022 https://www.twibbonize.com/hutri77-2022-slab10 https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren11 https://www.twibbonize.com/hutri2022ke77 https://www.twibbonize.com/hutri77-2022-slab03 https://www.twibbonize.com/twb-hpkri-2022 https://www.twibbonize.com/twibbon-hut-ri-2022-ke77 https://www.twibbonize.com/kemerdekaanrike77 https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren4 https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren6 https://www.twibbonize.com/hutri77-2022-slab08 https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren10 https://www.twibbonize.com/kemerdekaanri77thn2022 https://www.twibbonize.com/hutri77makassar https://www.twibbonize.com/twibbondirgahayu17agustus22 https://www.twibbonize.com/dirgahayuindonesike77gmp https://www.twibbonize.com/twibbonharikemerdekaanke-77 https://www.twibbonize.com/hutri77a https://www.twibbonize.com/dirgahayuindonesiake77th2022 https://www.twibbonize.com/jiwapatriotismeindonesia77 https://www.twibbonize.com/twibbondirgahayu17agustus22-1 https://www.twibbonize.com/twb-hpkri-1708 https://www.twibbonize.com/hut77ri22 https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren3 https://www.twibbonize.com/twibbondirgahayu17agustus22-2 https://www.twibbonize.com/twibbon-17-agustus-22.

Source: Hari Kemerdekaan Indonesia, kompas.com

Akhir Kata

Meskipun ada perbedaan dalam semarak Hari Kemerdekaan Indonesia dahulu dan sekarang, dimana zaman dahulu meriah dengan aneka keberagaman adat di setiap kegiatan, dan zaman sekarang meriah dengan berbagai perlombaan serta ucapan dan link semangat pemersatu, kebangkitan kebersamaan akan selalu ada. Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post


BANNER ADS POSTS >

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS