Cara Reset Printer Epson L3110 Tanpa Software Secara Manual

Cara Reset Printer Epson L3110 Tanpa Software Secara Manual

KOMPTIK – Epson adalah salah satu printer yang paling banyak digunakan baik secara pribadi maupun umum. Namun, sayangnya dari beberapa tipe (L series) sudah memiliki kapasitas jumlah default print sehingga menyebabkan yang paling sering terjadi yaitu harus mereset jumlah hasil cetakannya. Nah, Cara Reset Printer Epson L3110 Tanpa Software ini sebenarnya hanya mereset pada indikator tinta yang berkedip saja.

{tocify} $title={Table of Contents}

Sedangkan jika yang berkedip pada bagian kertas atau kedua indikator berkedip secara bergantian, maka kamu memerlukan software untuk mengatasinya dan membuat normal kembali.

Cara Reset Printer Epson L3110 Tanpa Software

Cara reset printer Epson L3110 tanpa software bisa dilakukan juga kesemua tipe L series lainnya yaitu, L110 L210 L300, L310, L220.

Untuk memulai langkahnya, kamu harus tahu dulu notifikasi yang muncul dan biasanya notifikasi akan muncul seperti It is nearly time to reset ink levels atau Ink Runs Out, maka ini waktu yang tepat untuk melakukan start reset.

Cara reset sebenarnya cukup mudah, selama telaten mengerjakannya kamu juga bisa mereset dan tanpa perlu mengunduh software khusus resetter epson L3110 secara online. Langkah-langkah reset manual Epson L3110 yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan printer dalam keadaan menyala, dan lampu indikator juga dalam keadaan menyala (tidak sedang berkedip).
  2. Tekan dan tahan tombol yang bergambar tetesan tinta selama sekitar sepuluh detik (biasanya berada di dekat tombol power), lalu lepaskan kembali.
  3. Jika ternyata lampu indikator masih dalam keadaan menyala, kamu bisa melakukan ulang langkah nomor 2, dengan kombinasi waktu berbeda. Misalnya tekan tombol tetesan tinta selama lima detik, lalu lepaskan kembali. Beri jeda satu atau dua detik, lalu tekan lagi selama 3 detik, dan lepaskan. Beri jeda satu atau dua detik, tekan satu detik, lalu lepaskan.
Setelah melakukan langkah tersebut, printer akan kembali berfungsi dan normal untuk ngeprint. Apabila cara mereset tersebut masih belum berhasil, matikan printer. Tunggu beberapa saat, lalu nyalakan kembali dan ulangi keempat langkah di atas.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tombol maupun printernya, maka berhati-hatilah saat menekan tombol bergambar tetesan tinta tersebut.

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan saat melakukan reset manual ini, karena ternyata tombol reset tintanya tidak berfungsi. Jika memang demikian, maka tombol tersebut perlu diganti, terutama kalau ingin tetap melakukan reset manual printer.

Sebagai catatan, cara manual ini hanya bisa berfungsi pada keadaan indikator tinta yang masih menyala. Jika sudah berkedip, maka cara satu-satunya adalah dengan reset otomatis menggunakan software.

Hal ini karena pada keadaan lampu indikator berkedip, tinta masih terdeteksi, akan tetapi pada sistem tertulis tintanya akan habis dan ini memerlukan cara reset printer Epson L3110 tanpa software.

Penutup

Itulah berbagai informasi mengenai Cara Reset Printer Epson L3110 Tanpa Software secara manual. Mulai sekarang, kamu jangan langsung panik saat terjadi error blinking atau muncul indikasi printer minta direset karena cara ini cukup ampuh.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post


BANNER ADS POSTS >

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS