6+ Cara Mengatasi Malware Untuk Lindungi Data Pribadi Kamu

6+ Cara Mengatasi Malware Untuk Lindungi Data Pribadi Kamu

KOMPTIK - Data pribadi terutama pada perangkat yang sering digunakan seperti smartphone atau laptop semakin manjadi perhatian akan kehilangan, penyebab utamanya tentu virus yang tidak diketahui. Demi mencegah hal itu ada baiknya kamu mengetahui cara mengatasi malware yang bersembunyi dalam perangkat pengguna.

{tocify} $title={Table of Contents}

Sebenarnya apa si malware itu? Malware adalah suatu program komputer yang disisipkan pada link eksternal bertujuan untuk merusak sistem komputer, laptop, atau smartphone. Kemampuan malware yakni dapat menghapus, menyembunyikan, atau bahkan mencuri data dari komputer tanpa seijin pemilik. Selain itu, malware juga dapat menghabiskan bandwith internet serta sumber daya laptop kamu. Tentu kemampuan ini sangat merugikan dan berbahaya bagi keamanan laptop atau perangkat lain.

Berdasarkan bahaya terinfeksi, malware terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Malware yang menginfeksi komputer dari dan juga lewat internet, contohnya virus dan worm
  • Malware yang mengintai serta mencuri data, contohnya spyware
  • Malware yang menyerang secara tersembunyi lewat file, mislanya Trojan dan backdoor
Secara garis besar pengguna, malware jelas sangat berbahaya apalagi jika malware tersebut berkategori spyware dan trojan.

Cara Mengatasi Malware

Adapun cara mengatasi malware secara singkat adalah sebagai berikut:

1. Hapus file temporary
Tempat malware besembunyi biasanya berada di file recycle yang ada di temporary, recycle bin, dan juga cache.

Cara menghapus file temporary lewat run windows adalah buka RUN lalu ketik %temp%. Jendela temporary akan terbuka dan selanjutnya hapus semua isi temporary file tersebut.

2. Hapus cache semua browser yang di gunakan
Setiap browser memiliki riwayat pencarian atau riwayat jelajah saat membuka link akan ada tertinggal malware, maka dari itu hapus semua cache dan delete atau block link yang dianggap tidak jelas.

3. Hapus reset system restore
Setiap windows yang terinstall tentu memiliki fasilitas system restore. Maksud dari system restore ini adalah jika terjadi sesuatu pada system komputer atau laptop, kamu tidak perlu menginstall ulang melainkan cukup restore saja. Cara menjalankan system restore ada pada save mode, restart komputer lalu tekan F8 saat sebelum nyala kembali.

Perlu diperhatikan juga, pada pengguna awam celah dapat saja terjadi dan dimanfaatkan meskipun kamu sudah melakukan dengan sangat hati-hati. Oleh karena itu, sebisa mungkin matikan saja system restore ini.

4. Hapus aplikasi yang tidak dikenal
Malware dapat berbentuk virus atau spyware biasanya disisipkan pada aplikasi seolah kamu yang memasangnya. Maka dari itu, cek kembali aplikasi yang telah terpasang dengan cara buka control panel kemudian pilih add/remove program lalu lihat aplikasinya satu persatu.

5. Iklan
Jika kamu menemukan aplikasi asing segera lakukan uninstall, namun kamu harus berhati-hati dalam memilih aplikasi disana, karena ada aplikasi driver juga disana. Misalnya seperti Realtek untuk keluarnya suara.

6. Scan komputer atau laptop kamu dengan antivirus
Antivirus adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap laptop karena mampu menahan malware. Scan secara berkala dan rutin, jika ada file yang disarankan untuk remove atau go-to quarantine maka ikuti saja.

7. Putus koneksi internet
Jika kamu sudah merasakan komputer atau laptop terinfeksi malware segera putuskan koneksi internet. Cara mengatasi malware ini berfungsi agar virus tidak bisa mengirimkan sesuatu ke perangkat lain yang terhubung ke internet.

Cara Mencegah Malware

Cara mengatasi malware itu sangat penting, namun sebelum malware menyerang baiknya kamu mencegah hal tersebut. Adapun cara untuk mencegah masuknya malware ke komputer atau laptop serta perangkat lain adalah:
  • Pasang antivirus lisensi
  • Rutin melakukan scanning berkala dengan antivirus yang kamu pasang
  • Update antivirus versi secara berkala
  • Jangan sembarang mengunduh file yang tidak terpercaya
  • Jangan mengunjungi situs/ website yang tidak kamu ketahui dan tidak jelas
  • Gunakan password kombinasi untuk mengakses komputer atau laptop kamu
  • Jangan lupa backup file kamu

Akhir Kata

Cara mengatasi malware pada perangkat komputer atau laptop memang bisa kamu lakukan sendiri, tetapi hal yang perlu di perhatikan yaitu mencegah terjadinya serangan virus.

Jangan sampai kamu menjadi korban kehilangan data pribadi selanjutnya, apalagi kejahatan di dunia maya makin merajalela.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post


BANNER ADS POSTS >

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS