5 Jasa Pendaftaran Merek untuk Kamu yang Mau Berwirausaha

5 Jasa Pendaftaran Merek untuk Kamu yang Mau Berwirausaha

KOMPTIK - Belakangan ini jasa pendaftaran merek tengah melambung di tengah masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, para wirausaha atau yang mau berwirausaha berbondong-bondong melakukan pengesahan terhadap merek dagang mereka, atau pengesahan HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

{tocify} $title={Table of Contents}

Ya, salah satu hal yang perlu dipikirkan ketika memulai bisnis pribadi adalah pendaftaran merek dagang, hal ini agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari akibat penggunaan merek dagang yang mirip-mirip.

Mendaftarkan merek dagang biasaya tidak perlu bila kamu berbisnis dibidang waralaba, namun bila memulai sebuah bisnis dengan merek yang dikembangkan sendiri hal itu wajib dilakukan untuk mendaftarkan merek dagang tersebut. Sayangnya belum semua bisnis yang kamu temui secara online maupun offline mendaftarkan merek dagangnya. Alasannya karena pemilik usaha belum memiliki cukup dana untuk mendaftarkan merek dagangnya ke HKI.

Perlu diketahui juga bahwa merek dagang bisa diakui dan didaftarkan oleh orang lain. Bila itu telah terjadi maka tidak bisa meminta kembali merek tersebut meskipun awalnya kamu yang menggunakan.
Untuk itu, penting untuk mendaftarkan merek dagang. 

Jasa Pendaftaran Merek

Sejatinya merek dagang bisa dilakukan oleh orang pribadi atau badan hukum melalui kantor Kementerian Hukum dan HAM. Namun, apabila kamu belum memahami ada banyak jasa pendaftaran merek yang bisa di konsultasikan. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Optimasi HKI

Alamat kantor: AFJ Counselors At Law, Estubizi Business Center, Setiabudi Building 2, 2nd Floor (207 B-C), Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 62, Jakarta, Indonesia. 12920
No. Telepon: (021) 52900828/ 087877539733/ 08179881378
Website: www.optimasihki.id
Email: deddy@optimasihki.id
Legalitas: M.HH-365.KP.04.01 Tahun 2012 tanggal 11 Oktober 2012 Dirjen HAKI

Optimasi HKI merupakan Konsultan Kekayaan Intelektual yang terdaftar di Dirjen HAKI. Optimasi HKI adalah salah satu konsultan yang memiliki banyak pilihan layanan untuk kamu pertimbangkan.

2. Smart Legal

Alamat kantor: 
DKI Jakarta: 18 OfficePark, Lantai 10th Floor Lot A, Jl. TB. Simatupang No. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 12520
Malang: Permata Jingga, Jl. Mawar II No. 18, Kel. Tunggul wulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. 65143
Kontak form: www.smartlegal.id/form-talk-to-sales
Website: www.smartlegal.id
Konsultasi form: www.smartlegal.id/jasa-konsultasi
Legalitas: Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Republik Indonesia

Smart legal memberikan layanan hukum dalam bentuk sederhana, menarik, dan mudah dimengerti. Sehingga masyarakat dapat mengerti dan mudah menyampaikan hal yang dibutuhkan terkait hukum serta legalitas HKI.

3. Patenku.id

Alamat kantor: Neo Soho, 16th Floor, Suite 1627. Jl. Letjen. S. Parman, Kav. 28, Grogol Petamburan, Kota Administrasi Jakarta Barat, DKI Jakarta. 11470
No. Telepon: 082112046042
Website: www.patenku.id
Email: info@patenku.id
Legalitas: -

PatenKu.id (PT Patenku Digital Indonesia) adalah bagian dari anak perusahaan Indvesto International Partners yang merupakan kantor hukum korporasi dan litigasi berbasis di Jakarta. Patenku.id didirikan dengan semangat untuk membantu UMKM dalam Pendirian Badan Usaha, serta legalitas HKI yang hasil akhirnya telah direview oleh tim internal langsung.

4. Rumah Paten

Alamat kantor: MULA by Galeria Jakarta. Cilandak Town Square Lantai Basement, Jl. TB. Simatupang Kav. 17, Kel. Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 12430
No. Telepon: 08111071075
Website: www.rumahpaten.id
Email: register@rumahpaten.id
Legalitas: -

Rumah paten merupakan layanan merek dagang untuk membantu para klien dalam mempersiapkan dan mendaftarkan kepemilikan HKI dengan konsultan profesional dan berpengalaman. Proses pendaftaran yang mudah, dimulai dari konsultasi dengan konsultan terdaftar, pendaftaran, monitoring, dan sampai adanya sertifikat yang sudah dipercaya sejak 2005.

5. Legalist

Alamat kantor: Ruko Santa Monica Blok A No. 36, Gading Serpong – Tangerang. 15810
No. Telepon: (021) 54214902
Website: www.legalist.id
Email: info@legalist.id
Legalitas: -

Legalist merupakan layanan jasa pendaftaran merek daerah Tangerang yang melayani pembuatan Perusahaan PT, pendirian CV, jasa pengurusan merek dagang, sewa virtual office secara konsisten dan profesional.


Perihal dan Proses yang Harus Diperhatikan

Hal terpenting dalam proses menggunakan Jasa Pendaftaran Merek yakni harus diperhatikan mengenai Konsultan HKI yang kamu pilih dalam proses pendaftarannya, diantaranya:
  1. Memastikan bahwa konsultan jasa HKI tersebut terdaftar dengan cara mengecek di website Ditjen HKI kemudian buka e-Informasi HKI. Disana terdapat data Nama Konsultasi HKI, kamu hanya cukup mencarinya
  2. Hindari sebisa mungkin jika ada janji "pasti berhasil", sejatinya proses pendaftaran merek terdaftar tidak memberikan janji karena tahapan ini memerlukan pemeriksaan yang kian panjang.
  3. Proses tidaklah instan, dalam proses pengajuan Merek dagang proses juga memerlukan waktu, merek kamu akan keluar dalam lama waktu 2 tahun, dan proses registrasi tanda terima selama 2 hari.
  4. Perhatikan Harga, jika kamu mencari dengan keyword konsultan HKI atau yang sejenis maka akan ada banyak sekali informasi Harga Pendaftaran Merek yang murah, namun kebanyakan proses yang dilakukan tidak jelas atau tidak tahu sampai mana proses pendaftaran tersebut.

Berikut proses dalam pendaftaran merek, yaitu:
  1. Menelusuri Merek Dagang
  2. Menyiapkan Persyaratan Pengajuan Permohonan
  3. Mengikuti Alur Pendaftaran
  4. Pemeriksaan Formalitas dan Substantif
  5. Pengajuan Keberatan
  6. Pemeriksaan Kembali

Dokumen Pengajuan Merek Dagang

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Surat Pernyataan Kepemilikan dari pemohon
  • Fotokopi NPWP (untuk pemohon perusahaan)
  • Siapkan list daftar barang atau jasa yang diberi merek dagang
  • Siapkan 30 contoh merek dagang yang berukuran minimal 2 x 2 cm, dan maksimal 9 x 9 cm
  • Surat Kuasa (jika diperlukan)
  • Biaya Jasa

Terakhir, mencari Jasa Pendaftaran Merek untuk mendapatkan legalitas atau HAKI haruslah dari hasil karya kamu sendiri, karena berwirausaha melibatkan banyak orang dan juga komponen lainnya. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan serta bisa dimengerti.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards