Top 5 Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di Era Millenial

Top 5 Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di Era Millenial

Era millenial adalah masa saat perkembangan sosial media menjadi lebih diutamakan. Hal ini terungkap dari berbagai media informasi yang menyebutkan jika populasi produktif posisi pertama berada pada usia millenial. Sehingga banyak influencer Indonesia paling berpengaruh ditempati oleh generasi millenial (usia 21-36).

{tocify} $title={Table of Contents}

Lalu, mengapa yang dituju millenial? Generasi millenial berperan cukup penting dalam memajukan perekonomian Indonesia yang dimana media sosial seperti instagram, tiktok, twitter, facebook, youtube sudah menjadi bentuk wajib dimiliki seorang dengan sebutan influencer.

Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu Influencer? Influencer yaitu, atau dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki banyak jumlah pengikut di salah satu atau bahkan di semua media sosial yang di punya serta berpengaruh besar terhadap audience. Berdasarkan jumlah pengikut influncer dibedakan menjadi 4 tipe, apa sajakah itu? Yuk simak.

Influencer Indonesia Paling Berpengaruh

Influencer Indonesia paling berpengaruh umumnya dikategorikan berdasarkan jumlah follower tipe konten, dan level keberpengaruhannya. Namun, terkadang jumlah followers tinggi tidak selalu berarti influencer memiliki level keberpengaruhan yang tinggi juga, lho. Untuk itu mari cek top 5 influencer kalangan millenial disini.

1. Tasya Farasya

Tasya Farasya adalah salah satu beauty influencer yang paling mengispirasi kaum hawa dan cukup berpengaruh. Wanita cantik berdarah Arab ini sering mereview berbagai gaya kecantikan seperti skincare, make up, dan juga fashion. Pembawaannya yang ceria membuat banyak orang suka dengan sosoknya hingga kini.

Kepopulerannya bisa dibilang sangat pesat, penggemarnya selalu bertambah tiap tahun dan sekarang Ia memiliki 4,8 juta followers di Instagram. Dalam channel youtubenya juga sering membagikan tutorial make-up maupun skincare.

2. Dian Pelangi

Dian Pelangi atau yang disebutkan sebagai desain handalnya Indonesia. Ia adalah salah satu fashion hijab influencer yang membawa nama Indonesia di kancah Internasional.

Rancangan baju muslim karya Dian Pelangi selalu mendapatkan banyak pujian dan sampai saat ini Ia sudah memiliki 5,1 juta followers.

3. Tanboy Kun (Bara Ilham)

Tanboy Kun lahir dari kecintaannya akan makanan. Pria asal Padang ini terkenal jago makan dan sering membagikan koneten makan di channel youtubenya. Para pecinta kuliner sudah tentu tahu siapa Ia.

Pria yang sudah memiliki 14,8 juta subscriber serta memiliki 1 juta followers di akun instagramnya merupakan salah satu food brand lokal.

4. Dwi Handayani

Dwi Handayani dikenal sebagai seorang influencer atau selebgram yang patut di perhitungkan. Ia jadi incaran oleh brand-brand lokal untuk mempromosikan usahanya karena feedbacknya sangat baik. Secara langsung banyak yang mendapatkan orderan melimpah setelah direview oleh Dwi di Story maupun Instagram.

Mantan finalis Abang None Jakarta ini memiliki 2 juta followers yang selalu menunggu story dan parentingnya setiap hari.

5. Bintang Emon

Bintang Emon memulai karirnya lewat Stand Up Comedy di dunia hiburan. Setelah itu, karirnya terus melejit hingga sekarang dan berhasil meraih jutaan followers di instagram dan media sosial lainnya seperti twitter. Ia pun menjadi salah satu influencer millenial dengan jumlah follower 4,9 juta.

Bintang Emon juga lebih sering membahas isu-isu terkini dan sangat dekat dengan keseharian yang sedang populer.

Tipe Influencer Indonesia Inspiratif Tahun Ini

Berikut ini 4 tipe Influencer Indonesia paling berpengaruh berdasarkan Follower (pengikut) yang perlu kamu tahu, antara lain:

1. Nano Influencer

Tipe nano influencer memiliki jangkauan yang lebih kecil karena rata-rata follower mereka yaitu antara 1000 sampai 10.000 orang. Walaupun terhitung memiliki follower sedikit tapi influencer ini memiliki engagement yang kuat dan dekat dengan follower mereka. Bahkan mereka juga bisa saling mengenal dengan berkomunikasi dan berinteraksi di media sosial.

Walaupun hanya memiliki follower yang bisa dibilang sedikit, tetap saja banyak advertiser yang menggunakan jasa mereka untuk membantu mempromosikan produk. Biasanya jasa seorang nano influencer dipakai oleh advertiser yang lebih memerlukan engagement tinggi daripada hanya sekedar jangkauan luas.

2. Micro Influencer

Tipe micro influencer memiliki rata-rata jumlah follower antara 10.000 sampai 100.000 orang. Influencer ini juga memiliki kapabilitas atau keahlian tertentu seperti ahli dalam bidang desain, programming, kesehatan, kecantikan, bidang olahraga dan beberapa bidang lainnya.

Karena micro Influencer memiliki keahlian tertentu yang biasanya digunakan sebagai bahan konten, para followernya juga menaruh kepercayaan cukup tinggi. Jadi walaupun jumlah follower mereka terbilang sedikit tapi engagement antara follower dan influencer lebih kuat.

3. Macro Influencer

Tipe macro influencer memiliki jumlah follower antara 100.000 sampai 1 juta orang. Jangkauan influencer ini bisa dikatakan luas karena follower sudah sangat terbilang banyak.

Keunggulan dari micro influencer yaitu jangkauan pesan lebih besar sehingga advertiser yang ingin menggunakan jasa mereka juga harus merogoh kocek. Engagement antara follower dan influencer tetap ada hanya saja tidak sekuat engagement nano influencer dan micro influencer.

4. Mega Influencer

Tipe mega influencer mimiliki jumlah follower lebih dari 1 juta. Influencer tipe ini umumnya adalah para artis atau pemuka masyarakat serta masyarakat umum yang sudah menuangkan banyak ide kreatifitas pada media sosial.

Mega influencer mempunyai jangkauan yang sangat luas maka tidak heran jika pesan yang mereka sampaikan bisa menjangkau ratusan ribu bahkan jutaan audience dalam waktu singkat, sebab halnya karena jumlah follower mereka sangat banyak.

Kesimpulan

Pada dasarnya semakin banyak follower yang dimiliki Influencer Indonesia paling berpengaruh kepada kualitas konten mereka. Oleh sebab itu, mereka juga tentunya akan sangat memperhatikan kualitas konten di media sosial, karena hal ini juga sudah menjadi bagian dari kepentingan bisnis.

Itulah ulasan influencer yang dapat kamu jadikan acuan dan perhatian untuk membangun branding serta bisnis. Jadi apakah kamu berminat untuk menjadi influencer? Silahkan dijawab pada kolom komentar.

1 Comments



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards