8 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

8 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

Kamu pasti sering mengalami masalah seperti aplikasi error, tidak bisa dibuka, lalu muncul pop-up seperti sayangnya aplikasi telah berhenti? tentu saja hal tersebut bisa bikin kamu jadi kesal dan bete bukan?

{tocify} $title={Table of Contents}

Hal itu bisa saja terjadi karena adanya beberapa masalah yang terdapat di dalam HP android kamu. HP tidak bisa membaca perintah aplikasi, jadi hal ini bisa membuat aplikasi menjadi error atau tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, pada artikel blog kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android agar aplikasi di HP kamu bisa kembali normal dan bisa digunakan kembali.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di HP Android yang Mudah

Ada beberapa cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan detailnya berikut ini.

1. Melakukan unroot HP

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android yang pertama adalah dengan cara Unroot HP. Sekarang ini memiliki akses root memang lebih leluasa dalam menjalankan smartphone, namun tidak semuanya memiliki keuntungan atau mendatangkan dampak positif, tetapi ada saatnya root itu bisa membawa banyak dampak masalah, salah satunya seperti error. Untuk itu diperlukan cara agar bisa mengatasi hal seperti ini.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu meng-unroot HP kamu. Unroot dapat dilakukan pada software root yang telah kamu pakai saat mengerjakan root pada HP kamu sebelumnya.

Jika kamu sudah berhasil melakukan unroot, coba cek apakah aplikasi kamu dapat digunakan kembali atau tidak. Jika bisa, berarti penyebab utamanya terletak pada root yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

2. Melakukan update aplikasi

Jika ada aplikasi di HP android kamu yang mengalami blank atau error, hal tersebut dapat terjadi karena ada beberapa faktor, salah satunya yaitu software di aplikasi kamu mengalami peningkatan. Cara mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu meningkatkannya agar aplikasi kamu tidak mengalami error dan bisa digunakan. Untuk cara melakukannya, kamu bisa masuk ke aplikasi Play store atau Appstore kemudian cari aplikasi yang ingin kamu update/ tingkatkan kemudian unduh dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

3. Hapus data aplikasi

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android selanjutnya yaitu menggunakan metode hapus data aplikasi. Kemungkinan besar terjadi kekeliruan yang berasal dari software aplikasi kamu yang menyebabkan aplikasi menjadi error. Seperti kegagalan masuk atau tidak merespon, bila hal seperti ini diatasi dengan cepat kemungkinan besar aplikasi kamu bisa normal dan dapat digunakan kembali.

Cara menghapusnya cukup mudah, silahkan kamu pergi ke pengaturan pada HP kamu, kemudian cari menu aplikasi, setelah itu cari aplikasi yang kamu ingin hapus datanya, jika sudah ketemu pilih penyimpanan lalu hapus data. Jika kamu menghapus data, seluruh data yang terdapat di aplikasi akan hilang, jadi kamu harus pikirkan secara matang atau kamu bisa meng-backup nya terlebih dahulu.

4. Melakukan restart ulang HP

Metode selanjutnya untuk mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android yang mengalami error yakni dengan melakukan restart HP. Karena dengan menggunakan cara ini HP kamu otomatis akan membetulkan terjadinya error-error kecil dan sekaligus menyegarkan kinerja HP android kamu.

Teknik ini terbilang cukup ampuh dan work it untuk mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android.

5. Update prangkat lunak atau software

Salah satu metode atau teknik yang dapat dilakukan jika terjadi error selanjutnya yaitu dengan melakukan teknik pembaruan atau update pada HP android kamu. Tentu saja jika kita memakai OS yang baru, otomatis semua data pembaruan terhadap Bug sudah teratasi.

Cara mengerjakannya juga terbilang cukup mudah, kamu cukup masuk ke pengaturan HP kamu kemudian cari mengenai software atau perangkat lunak kemudian update system dan tunggu hingga proses selesai. Jika kamu menggunakan cara ini kami saranin untuk memakai wifi. Ini dikarenakan proses pengunduhan membutuhkan kuota yang cukup besar. 

6.  Paksa berhenti aplikasi

Cara ini pun lumayan ampuh untuk membetulkan aplikasi di HP android kamu yang tiba-tiba mengalami error, sebab pada dasarnya semua software atau perangkat lunak yang berlangsung pada HP kamu dapat dipaksa berhenti.

Teknik ini seperti me-restart software aplikasi pada HP android. Supaya fitur aplikasi yang kamu inginkan itu kembali normal diperlukan sebuah metode atau cara. Simak metode atau cara menonaktifkan dan mengaktifkan kembali aplikasi di HP android sebagai berikut.

Pertama-tama, silahkan masuk ke pengaturan atau setting pada HP android kamu, kemudian cari menu aplikasi. Jika sudah ketemu, cari aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan sesaat atau sekarang sering disebut paksa berhenti.

7. Tutup aplikasi lain yang sedang berjalan 

Jika kamu hendak menggunakan aplikasi, ada baiknya jika kamu menghentikan atau menutup software lain yang sedang berlangsung di belakang layar (Background).

Kenapa harus dengan menghentikan aplikasi lain? sebab hal ini bertujuan untuk meringankan beban ram pada HP android kamu yang nantinya hal ini bisa membuat aplikasi kamu menjadi lebih lancar ketika digunakan.

8. Mereset HP

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android yang terakhir adalah dengan cara mereset HP. Cara ini terbilang paling beresiko. Itu karena semua data yang terdapat dalam HP kamu akan hilang dan tidak bisa dipulihkan. Jadi, sebelum melakukanya, sebaiknya kamu mem-backup data yang penting terlebih dahulu sebelum kamu mengerjakan cara ini.

Tujuan dari mereset HP ini yaitu untuk mengembalikan peforma HP kamu seperti saat pertama kali kamu beli HP atau sering kita kenal dengan diulang ke buatan pabrik (tampilan HP ketika pertama dihidupkan).

Untuk melakukan reset HP, caranya juga terbilang mudah, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan, kemudian cari backup dan reset, lalu pilih reset. HP masing-masing orang mungkin metode atau caranya berbeda-beda tergantung jenis HP-nya. Tetapi lokasinya tetap sama yakni di pengaturan.

Akhir Kata

Mungkin segini saja ulasan mengenai cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di HP android. Semoga informasi diatas tadi dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah saat menggunakan aplikasi. Semoga bermanfaat.

(Chiko, penulis website malesngeblog.com)




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards