Cara Mendapatkan ISBN Tanpa Penerbit via Jasa Penulis Garut

Cara Mendapatkan ISBN Tanpa Penerbit

KOMPTIK - Sebenarnya gimana sih cara mendapatkan ISBN tanpa penerbit? Hal ini sempat terbenak dipikiran saya, karena belakangan ini saya mendapati teman yang sudah mendapatkan lisensi/ legalitas pada penulisan dibukunya dengan ISBN.

{tocify} $title={Table of Contents}

Menurut beliau ada caranya sendiri untuk mendapatkan legalitasnya, namun untuk saat ini belum bisa dijelaskan secara terperinci.

Oleh karenanya, rasa penasaran saya pun muncul, sembari itu juga saya mencari tahu lewat browsing dan dengan mencari apakah ISBN bisa di dapat lewat jasa penulis dan sebagainya. Untuk kamu yang belum tahu apa itu ISBN, simak dulu ulasan berikut.

Cara Mendapatkan ISBN Tanpa Penerbit

Menurut saya pribadi, cara mendapatkan ISBN tanpa penerbit itu bisa saja. Sebab, secara logika membuat buku tanpa bantuan penerbit saja kita bisa, berarti untuk mendaftarkan dan dapetin ISBN juga tentu bisa.

Akan tetapi banyak yang masih belum mengetahuinya, termasuk saya yang diawal menanyakan ke teman dengan rasa penasaran saya lanjut mencari istilah ISBN itu apa? Bagaimana dan apa bisa ISBN didaftarkan lewat jasa penulis?

Selanjutnya, untuk memenuhi rasa penasaran saya dan isi artikel ini. Alhasil menemukan penulis garut. Penulis garut merupakan sebuah blog yang dikelola sendiri oleh Muhammad Ridwansyah atau yang akrab di panggil Ridwansyah. Ridwansyah sendiri adalah seorang penulis, meski begitu beliau enggan dilabeli sebagai seorang penulis.

Ridwansyah sangat terbuka dengan para penulis atau teman-teman yang ingin menerbitkan buku serta ingin mempromosikan iklan maupun usaha lainnya. Beberapa karya yang sudah ada di penulis garut antara lain:

  1. Berita dari situs kandaga
  2. Berita dari situs Gentra Priangan
  3. Buku: tanpa ayah
  4. Buku: pagi ini masih ada ibu
  5. Tulisan di situs Mojok
  6. Tulisan di situs Terminal Mojok
  7. Spesial hari ibu yang di angkat di youtube Nanang Jaelani
  8. Berita dari situs Kompasiana

Apa itu ISBN?

Ada sebagian orang termasuk saya belum mengetahui mengenai apa itu ISBN? Nah, dari Cara Mendapatkan ISBN Tanpa Penerbit serta kutipan laman info Perpunas, diketahui ISBN adalah singkatan International Standard Book Number yang berarti merupakan nomor kode pengidentifikasian yang sifatnya unik.

Informasi yang tertera mulai dari judul, penerbit, serta kelompok penerbit akan tercakup dalam ISBN.
ISBN terdiri atas deretan angka-angka unik 13 digit. Angka tersebut sebagai pemberi identitas terhadap satu buah judul buku yang diterbitkan oleh suatu penerbit. oleh sebab itu, tiap satu nomor buku sudah pasti berbeda dengan nomor ISBN buku lainnya.

ISBN sendiri diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berlokasi di London. DI indonesia, Perpustakaan Nasional RI yaitu Badan Naional ISBN yang berwenang memberikan hak ISBN terhadap penerbit yang berbeda di wilayah Indonesia.

Fungsi dari Perpustakaan Nasional RI adalah untuk memberikan informasi, bimbingan, dan juga penerapan pencantuman ISBN serta KDT (Katalog Dalam Terbitan).

Sedangkan KDT sendiri yaitu deskripsi bibliografis yang dihasilkan dari pengolahan data, dan ia diberikan oleh penerbit untuk dicantumkan pada bagian halaman balik judul untuk kelengkapan penerbit.

Mendapatkan ISBN secara Gratis

Nah, setelah kamu mengetahui cara mendapatkan ISBN tanpa penerbit dan mengerti apa itu ISBN? Untuk kamu yang berkeinginan membuat label pada bukumu tanpa melalui jasa penulis garut, kamu juga bisa mendaftarkan buku secara gratis.

Perlu diingat gratis disini bukan berarti tanpa syarat ya. Ada syarat yang perlu kamu persiapkan juga, diantaranya adalah:

Pertama, kamu harus mempersiapkan nama penerbit dari nama bukumu. Sebagai contoh: nama buku "Pertanian sebagai bukti Kita harus Berserah" dan tentukan nama penertbit "Komptik Edu". Selanjutnya, desain logo nama penerbit untuk nanti ditempatkan di cover buku kamu.

Kedua, penuhi syarat administrasi seperti formulir surat penyataan kesediaan (bermaterai), dan menyerahkan bukti legalitas (berupa akta kesepakatan dan SIUP, CV, PT, UD, Koperasi, Firma, atau Yayasan).

Ketiga, penuhi syarat teknis seperti melampirkan halaman judul, halaman balik halaman judul, daftar isi, serta kata pengantar.

Keuntungan jika buku ada ISBN-nya

Diungkap dari penulis garut dan teman yang sudah memiliki label ISBN memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah buku terlihat formal atau tampak resmi serta memperoleh penjualan yang signifikan. Tanpa mendiskreditkan penulis buku tanpa ISBN.

Memang sayang sekali jika ada penulis yang bagus karyanya, namun tanpa adanya ISBN disitu. oleh sebab itu cara mendapatkan ISBN tanpa penerbit penting sekali, dan lebih ke gengsi saja. Sehingga, lebih afdolnya juga bila dikatakan "buku" bukan buku hasil dari cetakan biasa-biasa.

Itu saja mungkin tulisan tentang cara mendapatkan ISBN tanpa penerbit. Sampai jumpa lagi.

Sumber: www.penulisgarut.web.id




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards