7 Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Web untuk Analisa Trafik

Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Web

KOMPTIK - Tahukah kamu aplikasi monitoring jaringan berbasis web? Monitoring jaringan adalah kegiatan untuk memantau atau menganaisis trafik data jaringan yang diberikan dengan tujuan untuk mengoptimalkan sumber daya pada jaringan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Monitoring jaringan juga sangat membantu dalam mendesain ulang jaringan yang berbeda di suatu alokasi karena monitor jaringan bertindak sebagai administrasi.


Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Web

Dalam aplikasi monitoring jaringan berbasis web kamu bisa mengecek seberapa besar alokasi penempatan pada pemakaian internet berskala besar. Sebagai contohnya aplikasi digunakan untuk memantau dan menganalisis server atau distribusi pemakaian internet yang ada di perusahaan.

Untuk mengetahui hal tersebut tentu banyak jenis aplikasi khusus yang digunakan.

Nah, dari beberapa aplikasi yang ada, saya sudah melakukan riset terkait yang akan bermanfaat dan pasti akan kamu gunakan ketika menemui pekerjaan ini. Berikut ini adalah daftarnya:


1. Netmonk

Diurutan pertama ada Netmonk, Netmonk merupakan penyedia monitoring jaringan berbasis webbase yang dapat mengelola data dari perangkat jaringan secara otomatis serta mengubahnya menjadi sebuah informasi yang dapat membantu kamu melihat trafik, sehingga mudah menganalisisnya.

Aplikasi ini dibekali dengan berbagai fitur canggih untuk bahan laporan kamu, seperti dashboard operasional, dashboard managerial, notifikasi alarm via email, dashboard network map, hingga print laporan.


2. Microsoft Network Monitor

Microsoft Network Monitor yaitu aplikasi analisis jaringan internet yang di rilis oleh perusahaan besar Microsoft.

Aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan (troubleshoot) berbagai masalah yang terjadi di jaringan internet.


3. GFI LanGuard

GFI LanGuard biasa digunakan untuk menganalisis jaringan internet yang berskala kecil maupun berskala besar.

GFI LanGuard dapat berjalan di beberapa sistem operasi, diantaranya Windows, MacOS, dan juga Linux. Diaplikasi ini kamu juga diposisikan sebagai admin jaringan sehingga bisa mengamankan semua perangkat yang terhubung pada jaringan di satu patch.


4. Nagios

Jika kamu sedang mencari aplikasi monitoring jaringan yang turut serta membantu admin jaringan memantau layanan internet baik yang sedang up dan running, Nagios bisa kamu andalkan.

Nagios juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti POP3, NNTP, HTTP, SMTP, PING, dan berbagai fitur lainnya. Bahkan pengguna host resource seperti prosesor, memory, file log, atau hardisk juga bisa dimonitor.


5. NetXMS

Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Web lain yang juga berfungsi dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS ada NetXMS.

NetXMS hadir dengan berbagai fitur seperti auto discovery, analisis jaringan, engine database, dan beberapa fitur lainnya.


6. CapsaFree

CapsaFree adalah sebuah aplikasi monitoring trafik jaringan internet yang gratis dan mudah serta memiliki 300 lebih dari dukungan protokol jaringan.

Selain itu, software jaringan CapsaFree dibekali dengan berbagai fitur, antara lain kustomisasi protokol, menyimpan laporan otomatis, hingga laporan monitoring rutin yang secara otomatis dikirimkan ke email.


7. Advanced IP Scanner

Aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memantau trafik jaringan internet yaitu Advanced IP Scanner. Advanced IP Scanner memiliki antar muka yang sangat simpel sehingga dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk user umum sekalipun.

Advanced IP Scanner secara otomatis melakukan pendeteksian detail keterangan pada semua perangkat yang terhubung dengan jaringan internet tersebut termasuk termasuk smartphone, CCTV, router, hingga printer.


Kesimpulan

Dari semua Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Web yang telah di ulas diatas, kamu dapat memilih apa yang kamu inginkan dan dibutuhkan pada sistem jaringan yang kamu kelola. Tentunya didahulukan dengan mendownload dan berjalan pada satu jaringan internet kamu.

Demikian dan selamat mencoba, semoga bermanfaat.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
You may like these posts

BACA ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Indonesia Website Awards