Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia Pilihan Prioritas

Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia

KOMPTIK - Persaingan dunia teknologi mengharuskan banyak orang untuk mencari inovasi dan menciptakan peluang melalui Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia, tidak terkecuali kamu.

{tocify} $title={Table of Contents}

Memang benar, saat ini membuat website atau aplikasi lebih diutamakan seorang IT programmer. Namun, bagi kamu yang memiliki kemauan tentu ada banyak cara dalam belajar. Salah satunya belajar melalui website atau buku-buku mengenai bahasa pemrograman. 


Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa pemrograman atau koding, bisa langsung mampir kedalam 10 Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia secara online, dan rekomendasinya sebagai berikut:


1. SekolahKoding.com

Sekolah Koding merupakan tempat pertama untuk “Belajar koding, mulai dari nol”. Dengan kata lain, untuk kamu yang belum pernah memahami pemrograman sebelumnya dapat belajar di Sekolah Koding. Ada 1432 video pembelajaran pemrograman yang dapat diakses dari mana saja serta kapan saja oleh membernya. Ada juga forum diskusi yang bisa digunakan buat berinteraksi sesama member Sekolah Koding. Untuk sahabat komptik yang telah mulai jago pemrograman, juga dapat memanfaatkan fitur mading. Di mading, kamu dapat memamerkan karya-karya kamu.


2. Dicoding.com

Dicoding bekerja dengan metode yang berbeda dengan Sekolah Koding. Para peserta diharuskan untuk menjawab semua tantangan yang diberikan oleh Dicoding. Serta semua jawaban akan di cek secara manual oleh para expert di Dicoding. Apabila jawaban kamu salah, maka kamu wajib mengulangnya hingga benar. Dicoding juga menjalankan sistem poin, dimana tiap poin bisa digunakan buat mengikuti kursus selanjutnya.


3. CodePolitan.com

CodePolitan memberikan bimbingan sebagian bahasa pemrograman, mulai dari PHP, Python, JavaScript, sampai Java. Tidak cuma itu saja, CodePolitan juga memberikan bermacam-macam postingan seputar pemrograman. Mulai dari panduan serta trik, sampai kabar terkini seputar dunia pemrograman.


4. CodeSaya.com

CodeSaya menerapkan fitur lencana, yang bagi saya lumayan unik serta berbeda dibanding dengan web belajar koding yang lain. Dengan fitur ini, para peserta belajar jadi lebih semangat sebab berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Web ini juga mempunyai fitur koding interaktif, dimana kamu dapat langsung mengetik kode di laman website nya. Jadi tidak perlu mengetiknya pada kode editor di pc. Berdasarkan data dari situs resminya, telah terdapat lebih dari 73 ribu anggota yang terdaftar di CodeSaya.com.


5. JagoCoding. com

Sama hal seperti namanya, kamu dapat belajar jadi programmer yang jago coding di jagocoding.com. Tidak hanya menyediakan bimbingan bahasa pemrograman seperti Python, Java hingga Javascript, Jago Coding juga menyediakan bimbingan buat sebagian framework seperti Laravel serta AngularJS. Jadi, kamu dapat terus upgrade ilmu mengenai bahasa pemrograman di website ini. Serta tentu saja, seluruh tutorialnya tertulis dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya dapat login menggunakan email, kamu juga dapat login menggunakan Facebook. Jadi lebih sederhana.


6. BelajarPython.com

Belajar Phyton ialah web spesial diperuntukkan untuk belajar bahasa pemrograman Python. Karena hanya spesial buat satu bahasa pemrograman saja, maka kamu dapat lebih fokus dalam belajar. Bimbingan yang terdapat di website ini di susun dengan sistematis. Jadi kamu dapat mempelajarinya secara runut dari yang termudah lebih dahulu, setelah itu masuk ke ulasan selanjutnya jika telah paham. Menariknya, buat belajar Python di website ini kamu tidak perlu mendaftar sebuah akun. Cukup kunjungi websitenya, kemudian pelajari setiap bimbingan yang ada.


Tambahan.

7. CodeAcademy.com

Untuk Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia yang satu ini dan seterusnya ialah web belajar koding berbahasa Inggris. Pertama ada CodeAcademy. Modul pembelajarannya terstruktur serta mudah dipahami. Di samping penjelasan yang ada, kita juga dapat langsung aplikasi sebab disediakan kode editor di webnya langsung. Kode yang kita tulis dapat langsung di kompile serta dilihat hasilnya.


8. edX.com

Web yang satu ini ialah web kursus online yang sebenarnya tidak fokus cuma buat pemrograman saja. Tetapi ada untuk kursus pemrogramannya yang lumayan lengkap, yaitu terdapat Java, Python, serta masih banyak lagi. Jika kamu sukses menyelesaikan modul pembelajaran di edX, maka kamu akan memperoleh sertifikat. Lumayan untuk portofolio serta untuk melamar kerja.


9. Udemy.com

Hampir sama dengan edX, Udemy juga ialah web kursus online yang menyediakan kursus untuk bermacam bidang riset. Mulai dari bisnis, gaya hidup, musik, pemrograman sampai keagamaan. Nah, buat pemrogramannya sendiri terdapat lumayan banyak. Mulai dari Java, Python, JavaScript, serta masih banyak lagi. Terdapat kursus free serta terdapat juga kursus yang berbayar. Untuk kursus yang berbayar pasti kualitasnya akan jauh lebih baik dibanding kursus yang free.


10. Khan Academy

Khan Academy membagi kursusnya ke dalam beberapa jenis utama, yakni matematika, seni, ekonimi serta pc. Untuk kamu yang ingin belajar koding dapat mengambil di jurusan pc. Nanti akan ada sub jenis lagi yang berisi berbagai macam bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari langsung di website Khan Academy.


Alasan dan Manfaat Belajar Coding

Sebagain orang masih menganggap Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia adalah termasuk yang sulit dipelajari. Namun tahu kah kamu, jika serius belajar akan memperoleh hasil yang baik, diantaranya:

  1. Peluang kerja lebih luas
  2. Mengasah kemampuan penyelesaian masalah
  3. Mempercepat jenjang karir
  4. Menghasilkan lebih banyak uang


Kesimpulan

Nah, itu dia tadi sebagian Website Belajar Coding Gratis Bahasa Indonesia yang dapat kalian peruntukan sebagai rujukan tempat belajar koding atau pemula. Tiap website mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Misalnya di website A, di sediakan bimbingan buat bahasa pemrograman Java tetapi tidak dengan bahasa pemrograman Python. Kebalikannya, di website B di sediakan bimbingan Python tetapi tidak dengan Java. Jadi intinya seluruh opsi harus diambil secara cermat, dan balik lagi kepada kemampuan pemahaman kamu.


Sumber: Androbuntu.com




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post




Konten unggulan:


You may like these posts