Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android, Cepat dan Aman

Baca juga:
Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

KOMPTIK - DNS atau disingkat Domain Name System adalah identitas nama untuk mengakses sebuah website lewat jaringan internet yang terdiri dalam satuan hirarki data sistem. DNS biasanya digunakan pada komputer untuk mengetahui entitas nama dari banyak IP address.

{tocify} $title={Table of Contents}

Dalam kasus lain, apakah bisa DNS diterapkan pada handphone Android? Google memperkenalkan fitur DNS pribadi yang memungkinkan kamu memilih DNS sesuai kebutuhan tanpa harus menginstall aplikasi tambahan pada Android 9 dan versi diatasnya. Salah satu DNS yang terkenal yaitu 1.1.1.1 dari Cloudflare.

DNS 1.1.1.1 Cloudflare mengedepankan privasi dan kecepatan sehingga bisa mengakses situs yang diblokir tanpa VPN dengan cepat dan aman, berikut langkah-langkah cara setting DNS 1.1.1.1 di Android 9 dan Android 10 keatas.


Cara setting DNS 1.1.1.1 di Android

1. Pada handphone kamu, buka Pengaturan - Koneksi Lainnya

2. Tab ke menu DNS Pribadi

3. Pilih Mode DNS Pribadi - Hostname penyedia DNS pribadi, lalu isi kolom dengan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com dan tekan simpan 

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

4. Buka browser untuk cek aktivasinya (contoh Chrome), lalu kunjungi 1.1.1.1/help dan tekan enter 

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

5. Jika DNS Pribadi yang kamu buat sudah berstatus aktif, maka kolom connected to 1.1.1.1 dan Using DNS over TLS (DoT) akan menjadi status Yes 

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android


Kini kamu bisa browsing dengan lancar, minim latensi dan tentunya lebih aman seperti halnya menggunakan laptop. Bagi kamu yang masih menggunakan handphone Android 9 kebawah perlu menggunakan aplikasi 1.1.1.1 di Google Play Store


Informasi yang wajib diketahui dalam penggunaan 1.1.1.1 di handphone Android kamu.


Apa itu DNS 1.1.1.1?

DNS 1.1.1.1 adalah rancangan resolver dari Cloudflare yang memberikan jelajah internet agar sangat cepat, aman dan bersifat privat. Dalam pembuatan sistemnya Cloudflare bekerjasama dengan lembaga non-profit (APNIC), dengan begitu menghasilkan layanan 100% gratis untuk semua orang sampai kapanpun.


Kenapa harus menggunakan 1.1.1.1?

Kebanyakan DNS yang diperoleh dari ISP (Internet Servis Provider) tergolong sangat lambat. Selain itu, tidak adanya enkripsi pada provider yang digunakan membuat transaksi data menjadi tidak aman dan rawan terjadi kebocoran informasi.

Kebanyakan dari ISP juga lebih mungkin mengumpulkan data aktivitas pengguna untuk kemudian dijual tanpa disadari oleh para penggunanya, hal ini yang menyebabkan banyak data masuk ke pengguna secara acak.

Kelebihan lain dari DNS 1.1.1.1 ialah mempunyai kemampuan untuk melakukan bypass konten situs di negara tertentu.


Itulah cara setting DNS 1.1.1.1 di Android 9 dan Android 10 ketas untuk kecepatan browsing kamu menjadi lebih cepat dan aman. Yuk bandingkan dengan kecepatan browsing kamu sebelumnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca juga: