Cara Edit Video untuk Youtube Sebelum Diupload

Baca juga:
Cara Edit Video untuk Youtube Sebelum Diupload

Apakah Anda seorang pembuat konten video yang ingin berbagi gairah Anda di YouTube tetapi merasa kewalahan dan stres ketika Anda berpikir untuk mengedit video? Maka Anda telah datang ke bahasan tempat yang tepat. Artikel ini akan memberi Anda beberapa tips pengeditan video hebat yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video Anda dengan mudah. Dengan 2,3 miliar pengguna di seluruh dunia, YouTube jelas merupakan salah satu platform terbaik untuk konten video.

{tocify} $title={Table of Contents}

Banyak orang berpikir bahwa membuat video membutuhkan banyak uang dan keterampilan, tetapi itu belum tentu benar. Saat ini, sangat mudah untuk membuat video profesional hanya dengan menggunakan ponsel dan editor video sederhana. Anda dapat dengan mudah menemukan banyak platform video online yang akan memandu Anda dalam membuat video yang sempurna. Banyak platform pengeditan video gratis juga tersedia online yang akan membantu Anda mengedit video dengan mudah. 


Tips Edit untuk Video YouTube

Berikut adalah beberapa tips untuk mengedit video YouTube Anda yang perlu Anda ketahui.


1. Siapkan – Kumpulkan Rekaman, Video, dan Cuplikan

Anda Setelah Anda memilih editor video yang tepat, sekarang saatnya untuk menyiapkan file Anda. Kumpulkan video dan cuplikan dari kamera, komputer, atau ponsel Anda. Anda akan memiliki banyak file untuk dikerjakan, dan Anda harus menggabungkan semuanya. Manfaatkan storyboard atau skrip agar tetap teratur. Berikut adalah cara mempersiapkan untuk mengedit.

  • Menggabungkan video dan rekaman - Anda dapat dengan mudah mengimpor dan menyalin rekaman dan video yang telah Anda buat. Masukkan ini ke dalam timeline Anda, dan setelah Anda selesai melakukannya, sekarang saatnya untuk mengedit konten Anda dan memolesnya.
  • Buat potongan standar - Anda mungkin perlu memotong bagian video yang tidak diinginkan, dan ini dapat dengan mudah dilakukan kapan saja saat mengedit video.


2. Pilih Editor Video yang Tepat

Sebelum Anda mulai membuat video, Anda perlu menemukan penyunting video youtube baik untuk memudahkan mengedit dan mengunggah video Anda di YouTube. Memiliki editor intuitif yang mudah terhubung ke platform YouTube adalah kunci penting saat membuat video. Anda dapat menggunakan editor video adalah platform yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengedit video dalam hitungan menit. Ini dengan mudah bekerja di Linux, Windows, Mac, dan perangkat desktop OS lainnya. Dengan lebih dari 4.000 template untuk dipilih, Anda dapat menyesuaikan dan membuat video dari awal agar sesuai dengan kebutuhan video Anda. Ada tiga opsi berbeda untuk dipilih: template siap pakai, teks ke video, dan template kosong.


3. Hasilkan – Tingkatkan dengan Menambahkan Gambar, Teks, dan Lainnya

Tergantung pada perangkat lunak atau platform pengeditan yang Anda gunakan, Anda mungkin memiliki berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk menyempurnakan video Anda. Alat pengeditan hadir dengan banyak opsi overlay yang dapat Anda pilih untuk ditambahkan ke video. Mulai dari menambahkan teks, gambar, dan visual hingga menambahkan animasi, Anda dapat melakukan banyak hal untuk membuat video Anda menarik dan profesional.

  • Tambahkan gambar - Jika Anda ingin menambahkan gambar, Anda dapat menambahkannya ke video tanpa repot. Temukan gambar yang tepat dan tambahkan ke bagian mana pun dari video.
  • Teks dan bentuk - Untuk tutorial dan video instruksional, Anda dapat menambahkan bentuk, teks, visual, dan gambar untuk menekankan poin dalam video.
  • Transisi - Transisi juga merupakan fitur hebat yang ditawarkan oleh banyak platform pengeditan yang membantu meningkatkan penceritaan Anda saat beralih ke pemikiran yang berbeda atau topik baru. Ini juga dapat membantu ketika Anda ingin menampilkan satu bagian dari video dan memudarkannya ke bagian lain dari video. Salah satu tip yang bagus adalah memilih beberapa transisi yang berbeda sehingga Anda dapat menggunakannya di sepanjang video. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak karena ini dapat menggelegar bagi penonton.
  • Tambahkan gerakan – Anda juga dapat menambahkan gerakan ke overlay. Anda dapat melakukan ini dengan menyesuaikan kecepatan ke bawah atau ke atas agar sesuai dengan tindakan.
  • Tambahkan narasi dan suara – Menggunakan audio dalam video Anda adalah penting jika Anda ingin melibatkan penonton. Anda dapat dengan mudah menambahkan dan mengedit trek audio yang berbeda, termasuk narasi dan suara. Anda dapat memilih untuk melakukan ini di sepanjang video atau hanya di bagian tertentu.
  • Musik untuk menghidupkan video Anda – Menambahkan musik ke video Anda akan membantu menghidupkannya. Itu dapat meningkatkan video dan membuat penonton terlibat. Pilih dari berbagai trek musik dari perpustakaan, atau cukup impor trek favorit Anda sendiri. Anda dapat menemukan trek saham mulai dari pop hingga inspirasional hingga rock. Anda dapat memilih trek musik yang sesuai dengan video Anda tergantung pada tema dan suasana hati.


4. Publikasikan – Unggah Video Anda ke YouTube

Setelah Anda mengedit video dan memolesnya, sekarang Anda dapat mulai memublikasikan video ke platform YouTube. Berikut cara melakukannya:

Hubungkan ke akun YouTube Anda dan simpan file video. YouTube mengenali berbagai format file. Klik tombol 'Simpan sebagai File Video' untuk menyimpan file video. Klik 'Terbitkan' setelah Anda selesai. Ini akan segera menyimpan file video ke folder di komputer. Setelah ini selesai, Anda dapat pergi ke saluran YouTube dan mengklik tombol unggah di sebelah kanan layar di atas. Jika Anda memiliki banyak video untuk dipublikasikan, maka ini adalah cara yang baik untuk mempublikasikan semuanya sekaligus. Pilih semua file yang ingin Anda unggah, dan YouTube akan memproses video ini.


Kiat Edit Cepat untuk Video YouTube

Berikut adalah beberapa kiat cepat yang perlu diingat untuk meningkatkan kinerja video ini.

  • Optimalkan judul dan deskripsi – Sangat penting untuk mengoptimalkan judul dan deskripsi agar orang dapat menemukan video Anda. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat dalam deskripsi dan judul Anda.
  • Pilih thumbnail – Memilih thumbnail yang sempurna sangat penting. Gunakan gambar yang menarik untuk menarik orang agar menonton video Anda.
  • Tambahkan kartu dan anotasi – Kartu dan anotasi adalah tautan yang dapat diklik. Klik tombol kartu atau anotasi di menu YouTube untuk menambahkannya ke video Anda.


Mengedit video tidak perlu rumit. Dengan tips pengeditan sederhana ini, Anda dapat membuat video YouTube terbaik secara instan. Dengan YouTube menjadi situs web yang paling banyak dikunjungi kedua, ini adalah platform hebat untuk menerbitkan video yang menarik.


{getButton} $text={Posted by Malachi Pinto} $icon={info}

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca juga: