3+ Bagian-bagian Mesin Bubut dan Spesifikasinya

3+ Bagian-bagian Mesin Bubut dan Spesifikasinya

KOMPTIK - Mesin bubut merupakan alat industrial yang sudah sangat cukup tua, memiliki peran penting untuk alat bantu memotong besi utuh menjadi besi dengan ukiran tertentu sesuai keinginan baik dalam konteks produksi maupun reparasi (perbaikan). Selain digunakan dalam teknik industrial, bagain-bagian mesin bubut ini juga di gunakan sebagai bahan materi praktek sekolah kejuruan dan bengkel mesin produksi.

{tocify} $title={Table of Contents}

Tapi tahukan kamu bagaimana cara kerja mesin bubut ini sampai menghasilkan bentuk yang sudah jadi? Nah alat mesin bubut ini berproses dengan bantuan kompenen yang ada di dalamnya, pada artikel kali ini kita bahas mengenai bagian-bagian mesin bubut dan spesifikasinya.

Bagian-bagian Mesin Bubut

Bagian-bagian mesin bubut terdiri dari 3 komponen utama untuk proses menghasilkan sebuah barang jadi atau bentuk jadi yang biasa digunakan sebagai perkakas dan lainnya, yaitu bagian kepala, bagian mesin penggerak dan dudukan. Untuk lebih jelas mari simak satu-satu.

Bagian Kepala

1. Kepala Tetap
Pada bagian kepala tetap yaitu poros sebagai alat tumpuan berbentuk roda dan bergerigi untuk pegangan bahan benda atau yang disebut dengan alat pencekam. Terdapat dua bentuk alat pencekam diantaranya Cekam Utama (Chuck) dan Cekam Kolet (Collet Chuck) yang akan mengikuti gerakan poros.

Cekam utama adalah perlengkapan mesin bubut yang berguna untuk menjepit benda saat proses pembubutan, cekam sendiri mempunyai dua jenis berbeda yaitu cekam sepusat dan cekam tidak sepusat.

Cekam sepusat: Cekam yang apabila salah satu rahang digerakkan maka rahang yang lain pun ikut bergerak berbarengan menjauhi pusat sumbu. Jenis cekam ini biasanya digunakan untuk menjepit benda yang sudah berbentuk silinder. Jenis ini memiliki jumlah rahang (3 jaw chuck), empat (4 jaw chuck) dan enam (6 jaw chuck). 

Cekam tidak sepusat: Cekam yang apabila satu rahang digerakkan maka rahang yang lain tidak bergerak menjauhi pusat sumbu. Jenis cekam ini biasanya digunakan untuk menjepit benda yang sudah berbentuk tidak beraturan..

Cekam Kolet
Cekam kolet adalah salah satu penjepit yang mempunyai permukaan relatif halus dan ukurannya lebih kecil dari jenis lain. Pada jenis ini terdapat tiga bagian utama yaitu kolet, dudukan kolet dan batang penarik.

2. Kepala lepas
Kepala lepas ini posisi berada diatas mesin atau terdapat disebelah mesin yang dikencangkan dengan baut/ mur dan bisa digunakan sebagai tempat penahan benda yang sedang dibubut atau pun sebagai tempat penahan kedudukan bor saat digunakan dan lain sebagainya.

Seorang operator dapat mengunci maupun menggeser bagian kepala lepas ini sepanjang alas mesin, karena bagian ini pada porosnya terdapat lubang tirus yang bisa dipasangkan mata bor dengan tangkai serupa. 

Bagian Mesin Penggerak

Pada bagian mesin penggerak ini merupakan kompenen yang berfungsi sebagai pembawa alat potong atau disebut dengan eretan, mesin bubut memiliki tiga jenis eretan diantaranya Eretan Alas (longitudilan carriage), Eretan Lintang (cross carriage/ cross slide), Eretan atas (top carriage/ compound slide). Selain eretan masih terdapat pendingin (selang coolant), selang coolant berfungsi untuk menyemprotkan cairan saat berlangsung proses pembubutan.

Dudukan

Dudukan berfungsi untuk menumpu semua alat penggerak pada mesin bubut dan terdapat tempat tuas (handle) dan tombol emergency stop. Di dudukan juga terdapat bagian motor penggerak kepala mesin bubut yang berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk menggerakkan semua komponen.

Selain itu masih terdapat komponen lainnya yaitu Dudukan Pahat/ Tool Post (Standar Tools Post dan Adjustable Tool Post), lampu penerangan, Alas Mesin (Bed Machine), Poros Pembawa (Transportir), Rem Kaki.

Spesifikasi Mesin Bubut

Spesifikasi mesin bubut standart termasuk kedalam jenis lainnya yang paling diutamakan, termasuk ukuran mesin bubut, panjang jarak antara ujung senter kepala lepas dan kepala tetap dengan meja mesin. Misalnya dihitung panjang mesin 2000 mm, berarti eretan jumlah panjang yang dapat digerakkan meanjang sejauh 2000 mm. Untuk tinggi mesin bubut 250 mm, berarti mesin bubut tersebut hanya dapat digunakan benda kerja berukuran diameter maksimim 250*2 = 500 mm.

Namun demikian ada beberapa mesin bubut yang didesain jauh dari jangkauan standart, memiliki ujung meja dekat dengan spandel dan dibuat tetap pada konstruksinya. Contoh ukuran mesin bubut standart. 
3+ Bagian-bagian Mesin Bubut dan Spesifikasinya


Untuk pembelian mesin bubut standart baru dengan spesifikasi lengkap, berikut ini contohnya: 
3+ Bagian-bagian Mesin Bubut dan Spesifikasinya


Itulah Bagian-bagian Mesin Bubut dan Spesifikasinya yang wajib kamu ketahui.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca Juga: