Perbedaan IT Support dan IT Helpdesk serta Bagaimana Pekerjaannya

Baca juga:
Perbedaan IT Support dan IT Helpdesk serta Bagaimana Pekerjaannya

KOMPTIK - Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengar istilah IT Support maupun IT Helpdesk. Bisa jadi kamu pernah mendengar istilahnya, namun tidak terlalu mengetahui IT Support dan IT Helpdesk serta pekerjaannya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pada dasarnya IT Support dan IT Helpdesk adalah bagian dari pekerjaan IT, memang banyak juga di katakan sebagai pendukung pekerjaan IT, tetapi didalam perusahaan sedikit banyak mempunyai peranan sangat penting dalam membantu pelanggan atau user lain ketika sedang mengalami masalah.

Dengan adanya profesi ini, perusahaan dapat mengatasi masalah terkait user experience dan teknikal lain. IT Support dan IT Helpdesk berbeda pula dengan IT Programmer.


Perbedaan IT Support dan IT Helpdesk

Di perusahaan perbedaan IT Support dan IT Helpdesk dalam penanganan pekerjaan di kategorikan sebagai bagian pekerjaan IT yang umum menangani pekerjaan software dan hardware. Pekerjaan ini juga disebut dengan teknikal enginer, seorang yang memprioritaskan pekerjaan terkait hal terkendala baik itu dalam internal perusahaan (pengguna) maupun layanan perusahaan ke pelanggan.

Lantas, sebenarnya apa sih perbedaan IT Support dan IT Helpdesk? Seberapa penting keberadaannya dalam perusahaan? Berikut penjelasannya.


Apa itu IT Support?

Hampir rata-rata perusahaan menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnis. IT Support merupakan teknisi yang berperan untuk mengevaluasi dan peningkatan terhadap sistem teknologi perusahaan, ada tiga objek utama teknologi yaitu hardware, software dan pengembangan sistem jaringan (network system).


Apa itu IT Helpdesk?

IT helpdesk adalah bagian dari suatu perusahaan resmi yang menyediakan dokumen fungsi produk, servis atau teknologi dan dikelola secara berkala dalam bentuk laporan database. Helpdesk yaitu bagian dari perusahaan yang melayani atau menanggapi semua pertanyaan berkaitan dengan teknis dari pengguna dan membantu menyelesaikan masalah dasar.

Helpdesk dalam proses pengerjaannya juga selalu berhubungan dengan IT Support untuk kendala yang memerlukan penanganan langsung ke perangkat pengguna.


Tanggung Jawab Pekerjaan dan Tugas IT Support

Tanggung jawab dan tugas sangat bergantung dengan kebutuhan user dalam menangani kendala yang di hadapi di sebuah perusahaan. Namun, berikut tugas secara umum seorang IT Support:

  1. Memastikan semua perangkat komputer dan komponennya dapat digunakan
  2. Memastikan semua komputer dan pendukungnya terhubung ke jaringan
  3. Memastikan semua aplikasi dapat digunakan dan berjalan dengan lancar di perangkat pengguna
  4. Menyimpan data backup pada komputer yang digunakan oleh user
  5. Menyimpan software-software terkait penanganan perangkat komputer dan perangkat pendukung
  6. Membuat laporan teknis dengan cara dokumentasi dan database
  7. Memahami dan menguasai dasar-dasar komputer dan jaringan
  8. Memahami konsep kerja infrastruktur jaringan dari switch, router dan lainnya
  9. Memiliki software dan restore data jika diperlukan
  10. Melakukan pengaturan pada browser pertama kali
  11. Menyiapkan komputer untuk user baru dan memperbaiki komputer dan perangkat yang rusak dalam waktu singkat


Tanggung Jawab Pekerjaan dan Tugas IT Helpdesk

Beberapa tanggung jawab tugas seorang helpdesk dalam menjalankan kebutuhan pengguna diantaranya yaitu:

  • Mencatat, menyampaikan dan menyelesaikan suatu permasalahan tentang IT sesuai prosedur pekerjaan
  • Membuat laporan tertentu (rekapitulasi) permasalahan dan penyelesaian masalah
  • Menangani beberapa akun pengguna atau pelanggan serta meneruskan tingkat permasalahan ke IT Support jika diperlukan


Skill Wajib yang Harus Dimiliki IT Support dan IT Helpdesk

Seorang teknisi IT, bekerja memantau dan memelihara sistem komputer dan jaringan internet perusahaan. Sering kali pula perusahaan meminta instalasi dan konfigurasi sistem komputer, mendiagnosis kesalahan pada perangkat keras dan perangkat lunak, serta menyelesaikan masalah teknis aplikasi baik melalui telepon atau secara langsung (onsite user).

Untuk itu, berikut beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang IT Support dan IT Helpdesk.

Komunikasi

Teknisi harus berkomunikasi baik tentang masalah teknis kepada user dari berbagai macam kalangan. Itu berarti mereka harus mampu menjelaskan secara detail dengan cara yang mudah dimengerti termasuk kepada orang yang tidak terbiasa terhadap teknologi. Jadilah pendengar yang baik pula bagi keluhan user dan segera mungkin menyelesaikan keluhan user tersebut.


Fleksibel

Masalah pada infrastruktur IT di perusahaan bisa muncul tiba-tiba, oleh karena itu fleksibilitas penting untuk seorang tekisi. Biasanya pekerjaan mereka bisa diluar jam kerja pada umumnya, bahkan malam hari dan akhir pekan jika dibutuhkan. Manajemen waktu dan prioritas kerja menjadi hal yang mutlak.


Sabar

Sering kali teknisi harus berurusan dengan user yang tidak sabaran. Mereka harus dapat mendengarkan dengan sabar semua keluhan yang dihadapi dan komplain masing-masing user dan dengan tenang membantu menyelesaikan masalah. Seorang teknisi harus juga bisa tenang ketika menghadapi permasalahan komputer yang cukup banyak dan sulit mencari titik tengah untuk perbaikan.


Problem-Solving

Teknisi yang unggul bisa mendengarkan semua keluhan user pengguna, mencari permasalahan dan menyelesaikan dengan tepat, merencanakan pekerjaan harian dalam jangka panjang dan teliti menangani permasalahan. Kemampuan problem solving sangat dibutuhkan agar masalah dapat segera diselesaikan dengan baik.


Keterampilan Teknologi

Keterampilan ini penting untuk pekerjaan teknisi karena berhubungan langsung dengan perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan serta update skill teknologi secara mandiri. Seorang teknisi paling tidak merupakan lulusan SMK jurusan teknik komputer dan jaringan atau S1 ilmu komputer atau bidang terkait IT.


Kesimpulan

Dibutuhkan beberapa kemampuan dasar untuk dapat menjadi seorang IT Support dan IT Hepdesk. Tidak hanya kemampuan teknis, kamu perlu mengasah soft skill kamu karena akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki masalah terkait. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post
Baca juga: