REVIEW: Jenius BTPN, 3 Keunggulan Dalam Genggaman (Update 2021)

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.

REVIEW Jenius BTPN, 3 Keunggulan Dalam Genggaman

Review Jenius BTPN - Aplikasi jenius berfungsi sebagai tabungan, dompet digital transaksi keuangan dan Jual Beli mata uang asing dengan fitur yang menarik dalam genggaman.

{tocify} $title={Table of Contents}

Ringkasan.

"Review jenius apikasi BTPN murni sudut pandang penulis setelah menggunakan produk terkait. Perbedaan pendapat dengan pembaca lain tentunya berbeda."


Jenius pertama rilis sebagai aplikasi bank digital pada tahun 2016, saat itu saya yang bekerja sebagai engineer yang bekerjasama dengan aplikasi jenius ditawarkan langsung membuka jenius dengan hanya memberikan ktp. Memang waktu pertama kali dan ditambah saya sebagai team engineer, saya rasa jenius sangat mudah dalam proses pembukaan rekeningnya.

Jenius memberikan packaging dengan elegan menurut saya, dengan kotak box didalamnya terdiri dari buku panduan dan atm (sayangnya sudah hilang jadi tidak ada capture). Tetapi saat itu saya belum tertarik menggunakannya, setahun kemudian barulah saya coba buka dan menggunakannya baik di atm untuk transaksi dan di aplikasi. Oh iya sebelumnya kartu atm jenius saya sudah aktif jadi tidak repot untuk aktifasi dari awal.

Dari tahun 2016 hingga sekarang jenius terus meningkatkan konsistensi dan keamanannya serta banyak pengembangan fitur untuk penggunanya, hal inilah yang membuat jenius populer dan mampu bersaing dengan aplikasi sejenis lainnya. Meski sekarang sudah semakin populer dilain sisi banyak pihak yang merasa adanya biaya admin "feesible" menjadi salah satu alasan faktor peralihan jenius ke aplikasi lain.


Kenalan Dulu dengan Jenius

Buat yang belum kenal, aplikasi jenius merupakan perbankan digital dari bank BTPN. Aplikasi ini membantu penggunanya membantu aktifitas finansial, seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan rekening bank, jual beli mata uang, dan bisnis. Aplikasi jenius terdaftar dan diawasi oleh OJK bank BTPN.

Pertama kali dirilis 11 Agustus 2016, tersedia versi IOS dan Android. Jenius cocok dijadikan tabungan untuk kamu yang berkeinginan menabung maupun berinvestasi deposito, karena terdapat beberapa produk tabungan unggulan seperti FLEXI SAVER, DREAM SAVER, dan MAXI SAVER dengan bunga yang kompetitif.

Tidak hanya digunakan sebagai tabungan, seperti aplikasi digital lainnya jenius juga bisa digunakan sebagai dompet digital dengan kemudahan untuk membayar sesuatu, serta TOP UP GOPAY, OVO, DANA, LinkAja dan Shopee.


Cara Registrasi atau Daftar Jenius via Aplikasi yang Terbaru

Untuk mendaftar sangat mudah, kamu bisa mendaftar secara online di aplikasi jenius berikut ini caranya:

  1. Siapkan KTP
  2. Siapkan NPWP (optional)
  3. Rapi dan menggunakan pakaian yang sopan (untuk sesi video call dengan CS untuk verifikasi dan aktifasi akun)
  4. Lakukan proses registrasi dengan mengikuti langkah di aplikasi jenius kamu hingga aktifasi lewat video call CS.

Setelah akun aktif, kamu bisa langsung menabung dan bertransaksi digital dengan mudah.


Kartu Jenius

Seperti bank lain, jenius pun memiliki kartu fisik, kartu ini akan dikirimkan ke kamu setelah akun kamu aktif kurang lebih satu minggu dari aktifnya akun kamu (tergantung lokasi tempat tinggal kamu). Pilihan kartu jenius berjenis VISA memliki tiga kegunaan pilihan kartu, m-Card, e-Card, x-Card.

m-Card

m-Card adalah kartu fisik pertama yang dikirmkan langsung ke kamu setelah registrasi akun jenius berhasil, kartu ini harus diaktifkan di aplikasi jenius. M-Card bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM Prima/ Bersama/ mancanegara dan bertransaksi online/ offline di seluruh merchant berlogo Visa.

e-Card

e-Card atau kartu virtual ini adalah bentuk lain dari kartu kredit, kartu yang sudah otomatis ada di aplikasi jenius kamu bisa digunakan untuk bertransaksi online seperti isi saldo paypal, membeli spotify atau belanja online.

x-Card

x-Card atau kartu debit tambahan yang bisa kamu ajukan lewat aplikasi, kartu ini bisa digunakan untuk keperluan lain kamu tanpa mengambil saldo kartu utama kamu. Ada 3 pilihan warna kartu yang bisa kamu pilih, hijau, ungu, biru dan logo GPN. Perlu diingat penambahan kartu tambaan dikenai biaya admin 50 ribu.


3 Keunggulan Dalam Genggaman (Jenius 2021)

Jenius memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan, ada 11 kemudahan yang bisa kamu nikmati di feesible jenius. Dari 11 kemudahan disana buat saya ada 3 keunggulan utama yang didapatkan, berikut ini:

tabungan dan investasi

1. Sebagai tabungan dan investasi

Jenius bagian dari bank BTPN, tentunya adalah sebagai layanan simpan yang diawasi OJK dan LPS memberikan kemudahan simpanan kamu di aplikasi bank, beberapa jenis simpanan bank jenius diantaranya:

FLEXI SAVER

Tabungan dengan bunga 2.5% p.a., kamu dapat 3 kali pembuatan Flexi Saver.

DREAM SAVER

Tabungan autodebit dari jenius dengan pembukaan minimal 500 ribu dan bulanan kelipatan 100 ribu, bunga Dream Saver 2.5% p.a.

MAXI SAVER

Tabungan deposito minimal pembukaan 10 juta dan bunga hingga 4% p.a., tabungan yang cocok buat kamu untuk berinvestasi deposito dan kamu bebas mengatur penambahan maupun pengambilan tanpa dikenai pinalti.


Jual beli Mata Uang Asing dan Belanja Online

2. Jual beli Mata Uang Asing dan Belanja Online

Keunggulan kedua versi saya yaitu jual beli mata uang asing, jual beli mata uang asing ini perlu gak perlu bagi sebagaian orang yang memiliki uang asing. Beda halnya dengan saya, saya membeli mata uang asing utamanya sebagai investasi dolar yang naiknya lebih dari rupiah dan tabungan lainnya, selain itu juga bila nanti diberikan kesempatan mengunjungi salah satu negara di uang asing jenius ini bisa digunakan dan diuangkan di negara tersebut.

Tidak hanya itu, belanja online dari jenius juga terbilang cepat dan aman untuk toko online dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai contoh melakukan TOPUP DANA dan membeli template blogger/ wp bisa digunakan dari aplikasi jenius.


Memisahkan Tabungan dan Bisnis

3. Memisahkan Tabungan dan Bisnis

Keunggulan ketiga yaitu adanya update rekening bisnis. Rekening bisnis bisa kamu buat di aplikasi jenius, rekening bisnis berbeda dengan rekening jenius yang kamu punya. Rekening bisnis dirilis bagi kamu yang memiliki bisnis dan jenius mendukung kamu dan para milenial muda yang berbisnis.


Kesimpulan setelah memakai Jenius BTPN

Sebenarnya banyak fitur lain yang dapat di explore, tetapi saya tidak bisa ulas semuanya karena saya hanya menggunakan jenius untuk pemisah tabungan untuk pribadi dan keluarga.

Terakhir, masih penasaran sih bagaimana penggunaan mata uang Jenius diluar negeri, nextnya semoga bisa digunakan.


Jika kamu ada tambahan ataupun pengalaman dalam pemakaian Jenius aplikasi Bank BTPN ini, kamu bisa memberikan pendapat dan sharing di kolom komentar ya.


Rating

4.7* User Interface (UI) 

4* User Experience (UX)

5* Fitur

5* Keamanan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Sahabat yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Baca juga: